Main Article Content

Abstract





Background: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang penggunaan smartphone yang sehat, guna mencegah dampak negatif secara psikologis akibat penggunaan HP secara berlebihan. Psikoedukasi diikuti oleh 19 siswa Sekolah Janji Baik. Metode: Metode psikoedukasi berbasis mindfulness diterapkan melalui empat tahap dari enam tahap yang seharusnya dilakukan, karena keterbatasan waktu pelaksanaan. Keempat tahap tersebut adalah asesmen kebutuhan peserta, pengembangan kurikulum yang berfokus pada mindfulness, terutama pemahaman tentang efek adiksi smartphone, lalu pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman pada tiga dari lima item yang diukur, terutama terkait tanda-tanda dan risiko adiksi smartphone, sementara dua item mengalami penurunan, yang menunjukkan perlunya perbaikan di masa depan. Mayoritas peserta memberikan penilaian positif, dengan 14 dari 17 siswa memberikan skor di atas rata-rata. Kesimpulan: Kontribusi utama kegiatan ini terletak pada efektivitasnya dalam mendorong pemahaman tentang penggunaan smartphone yang sehat, melalui psikoedukasi praktis yang disesuaikan dengan konteks peserta. Namun, terdapat keterbatasan dalam hal durasi intervensi yang singkat dan belum adanya pemantauan perilaku jangka panjang. Kegiatan mendatang disarankan mencakup sesi lanjutan, keterlibatan lebih dalam dari guru dan orang tua, serta penggunaan media digital untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan.





Keywords

Adiksi Smartphone Pembelajaran Eksperiensial Psikoedukasi Adiksi Smartphone Pembelajaran Eksperiensial Psikoedukasi

Article Details

How to Cite
Nur, H., Murtiningsih, D., & Ubaidah, A. (2025). Penggunaan Smartphone yang Sehat pada Siswa di Sekolah Janji Baik . Jurnal SOLMA, 14(3), 4638–4646. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20378

References

  1. Akbulut Zencirci, S., Aygar, H., Göktaş, S., Önsüz, M. F., Alaiye, M., & Metintaş, S. (2018). Evaluation of smartphone addiction and related factors among university students. International Journal of Research in Medical Sciences, 6(7), 2210. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20182805
  2. Bae, S. M. (2015). The relationships between perceived parenting style, learning motivation, friendship satisfaction, and the addictive use of smartphones with elementary school students of South Korea: Using multivariate latent growth modeling. School Psychology International, 36(5), 513–531. https://doi.org/10.1177/0143034315604017
  3. Bestari, N. (2024). Indonesia kini nomor satu dunia, warga RI sudah kecanduan parah [Internet]. CNBC Indonesia. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20241226182648-37-598836/indonesia-kini-nomor-satu-dunia-warga-ri-sudah-kecanduan-parah
  4. BPS (2024). Proporsi individu yang menguasai/memiliki telepon genggam menurut provinsi (persen), 2021–2023 [Internet]. Available from: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html
  5. Bian, M., & Leung, L. (2015). Linking Loneliness, Shyness, Smartphone Addiction Symptoms, and Patterns of Smartphone Use to Social Capital. Social Science Computer Review, 33(1), 61–79. https://doi.org/10.1177/0894439314528779
  6. David, M. E., Roberts, J. A., Shi, L., & Raat, H. (2021). Smartphone Use during the COVID-19 Pandemic: Social Versus Physical Distancing. https://doi.org/10.3390/ijerph
  7. Ding, N., Shi, J., Xu, H., Wang, X., Liu, G., Mao, L., Zhang, G., & Zhang, J. (2024). The prospective associations among time management tendency, negative emotions, and problematic smartphone use in Chinese nursing students: enlightenment from COVID-19. Frontiers in Public Health, 12. https://doi.org/10.3389/fpubh.2024.1323273
  8. Doh, Y. Y., Rhim, J., & Lee, S. (2017). A Conceptual Framework of Online-Offline Integrated Intervention Program for Adolescents’ Healthy Smartphone Use. Addicta: The Turkish Journal on Addictions, 3(3). https://doi.org/10.15805/addicta.2016.3.0105
  9. Kang, Y., Ahn, J., Cosme, D., Mwilambwe-Tshilobo, L., McGowan, A., Zhou, D., Boyd, Z. M., Jovanova, M., Stanoi, O., Mucha, P. J., Ochsner, K. N., Bassett, D. S., Lydon-Staley, D., & Falk, E. B. (2023). Frontoparietal functional connectivity moderates the link between time spent on social media and subsequent negative affect in daily life. Scientific Reports, 13(1). https://doi.org/10.1038/s41598-023-46040-z
  10. Kim, S. G., Park, J., Kim, H. T., Pan, Z., Lee, Y., & McIntyre, R. S. (2019). The relationship between smartphone addiction and symptoms of depression, anxiety, and attention-deficit/hyperactivity in South Korean adolescents. Annals of General Psychiatry, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12991-019-0224-8
  11. Kiken, L. G., Garland, E. L., Bluth, K., Palsson, O. S., & Gaylord, S. A. (2015). From a state to a trait: Trajectories of state mindfulness in meditation during intervention predict changes in trait mindfulness. Personality and Individual Differences, 81, 41–46. https://doi.org/10.1016/j.paid.2014.12.044
  12. Rosenthal, A., Levin, M. E., Garland, E. L., & Romanczuk-Seiferth, N. (2021). Mindfulness in Treatment Approaches for Addiction — Underlying Mechanisms and Future Directions. https://doi.org/10.1007/s40429-021-00372-w/Published
  13. Sheinov, V. P. (2021). Smartphone Addiction and Personality: Review of International Research. RUDN Journal of Psychology and Pedagogics, 18(1), 235–253. https://doi.org/10.22363/2313-1683-2021-18-1-235-253
  14. Young, K. S. (1998). Internet Addiction: The Emergence of a New Clinical Disorder. In CyberPsychology & Behavior (Vol. 1, Issue 3).
  15. Zdravstvenih, K. (2021). Zdravstvena Zaštita Health Care The Chamber Of Healthcare Institutions Of Serbia-Belgrade. Volume, 50. http://scindeks.ceon.rs/journaldetails