Main Article Content

Abstract

Background: Pekerja migran wanita Indonesia di Singapura menghadapi berbagai permasalahan kesehatan mental dan fisik akibat tekanan kerja tinggi serta keterbatasan akses layanan kesehatan. Program ini bertujuan mengevaluasi efektivitas program manajemen stres menggunakan media flipbook yang terintegrasi dengan Medical Check-Up gratis bagi pekerja migran wanita Indonesia di Singapura. Metode: Metode penelitian menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development dengan desain pre-post-test yang melibatkan 221 partisipan. Intervensi berupa edukasi manajemen stres melalui flipbook dan pemeriksaan kesehatan komprehensif meliputi antropometri, tekanan darah, gula darah, dan penilaian kesehatan mental menggunakan Kessler-10. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat signifikansi 95%. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan dari pre-test 9,52 menjadi post-test 16,68 dengan selisih rata-rata 7,15 poin. Medical check-up menunjukkan bahwa 70,1 persen partisipan berisiko tinggi gangguan mental, 38,0 persen mengalami diabetes, dan 17,6 persen hipertensi. Kesimpulan: Program ini terbukti efektif meningkatkan pengetahuan manajemen stres secara menyeluruh pada seluruh partisipan. Integrasi manajemen stres dengan Medical Check-Up memberikan solusi komprehensif untuk mengatasi permasalahan kesehatan pekerja migran wanita Indonesia di Singapura.

Keywords

Flipbook Manajemen Stress Medical check-up Pekerja Wanita Migran Flipbook Manajemen Stress Medical check-up Pekerja Wanita Migran

Article Details

How to Cite
Weningtyas, A., Ariesaka, K. M., Sishartami, L. W., Iftitahurroza, H. T., Wiratama, A. L., Bakhtiar, F. Y., & Putri, A. L. A. (2025). Integrasi Edukasi Manajemen Stress Berbasis Flipbook dan Medical Check-Up untuk Pekerja Migran Wanita Indonesia di Singapura. Jurnal SOLMA, 14(3), 2992–3001. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20348

References

  1. Aljadeeah, S., Payedimarri, A. B., Kielmann, K., Michielsen, J., Wirtz, V. J., & Ravinetto, R. (2024). Access to medicines among asylum seekers, refugees and undocumented migrants across the migratory cycle in Europe: a scoping review. BMJ Global Health, 9(10), 1–13. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2024-015790
  2. Azis, F. A. (2025). Pelatihan Pakan Alternatif Berbasis Metode Asset Based Community Development (ABCD) Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Peternak Sapi. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 241–260. https://doi.org/10.35309/dharma.v5i2.348
  3. Azzahro, I. K., & Prakoso, J. A. (2022). Determinan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia : 1991-2020. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 314–327. http://103.114.35.30/index.php/Mas/article/view/6983
  4. Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
  5. Fikri, S. (2022). Perlindungan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia Bagi Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri. MORALITY: Jurnal Ilmu Hukum, 8(2), 108. https://doi.org/10.52947/morality.v8i2.255
  6. Izzaty, R. E. (2024). Efforts to Increase Understanding of Caring for Indonesian Migrant Workers in Singapore through Community Service Program Workshops. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 15–31. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.13297
  7. Jannah, N. I., & Rahman, F. (2023). Beda Profil Status Well-Being pada Kondisi Osteoarthritis, Diabetes Mellitus Tipe II dan Hipertensi Berdasarkan Tingkat Pendidikan. Jurnal Kesehatan, 16(3), 280–290. https://doi.org/10.23917/jk.v16i3.2544
  8. Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065
  9. Kismawadi, E. R., Hamid, A., Rasydah, R., & Rafida, A. (2021). What Determines the Financial Performance of Islamic Banks in Indonesia? Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 10(2), 193–207. https://doi.org/10.22373/share.v10i2.9164
  10. Kuhlmann, E., Falkenbach, M., Brînzac, M. G., Correia, T., Panagioti, M., Rechel, B., Sagan, A., Santric-Milicevic, M., Ungureanu, M. I., Wallenburg, I., & Burau, V. (2024). Tackling the primary healthcare workforce crisis: time to talk about health systems and governance—a comparative assessment of nine countries in the WHO European region. Human Resources for Health, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12960-024-00965-2
  11. Novita, R., Dewiani, K., Kurniati, N., Purnama, Y., & Suriyati. (2024). The Effect Of Using Educational Media Flipbook For Adolescent Reproductive Health On Knowledge Of Sexuality In Students At The Faculty Of Mathematics And Natural Sciences, Bengkulu University. Journal for Quality in Women’s Health, 7(2), 105–111. https://doi.org/10.30994/jqwh.v7i2.253
  12. Osmond, A. P., Sabisi, M. A., Azlyn, N., Rahmadani, A., & Shahriyani, R. (2025). Employment or Exploitation ? A Legal Comparative Study of Domestic Worker Protection in Singapore and Indonesia. 14(2). https://doi.org/10.35335/legal.v14i2.1313
  13. Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66
  14. Still, C. H., & Ruksakulpiwat, S. (2024). Resilience and Self-Management of Hypertension in African American Adults Using a Conceptualized Resilience Framework: An Exploratory Analysis. Nursing Research, 73(4), 278–285. https://doi.org/10.1097/NNR.0000000000000743
  15. Suire, K., Hastert, M., Herrmann, S. D., & Donnelly, J. E. (2024). Feasibility of the flipped classroom approach for health education in a clinical weight loss program. PEC Innovation, 5(May), 100308. https://doi.org/10.1016/j.pecinn.2024.100308
  16. Utaminingsih, S., Anwar, S., & Rachmawaty, S. (2024). Communautaire: Journal of Community Service Empowering Indonesian Migrant Workers in Hong Kong with Self-Esteem Development. 03(02), 240–251. https://doi.org/10.61987/communautaire.v3i2.555
  17. Winarso, H., I’tishom, R., & Silitonga, H. T. (2022). Kesehatan Reproduksi Untuk Pekerja Migran Indonesia. Webinar Series FK Ciputra 2021 PROSIDING Indonesian Migrant Workers : What’s Next?, 1–4. Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/PFK2021/article/view/2500

Most read articles by the same author(s)