Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMK Yadika 12 Depok dalam bidang pemrograman dan komputasi numerik melalui pemanfaatan aplikasi MATLAB. Metode: Melalui pendekatan pelatihan langsung, sebanyak 33 siswa dari jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi dilibatkan dalam berbagai sesi pelatihan, mulai dari instalasi MATLAB, operasi dasar aritmetika, pembuatan grafik 2D/3D, hingga pemodelan sistem menggunakan persamaan diferensial. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 68,79 (pre-test) menjadi 88,79 (post-test), dengan 88% siswa menunjukkan peningkatan signifikan. Data ini menegaskan bahwa penggunaan MATLAB secara praktis dapat memperkuat pemahaman konsep-konsep teknis yang sebelumnya bersifat abstrak. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi terhadap tujuan SDG`s   atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam mendukung pendidikan berkualitas dan kesiapan kerja. Program ini juga menjadi sarana transfer pengetahuan antara perguruan tinggi dan sekolah vokasi. Kesimpulan: Secara keseluruhan, program ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan hasil belajar, tetapi juga berperan strategis dalam menyiapkan generasi siswa yang melek digital dan siap kerja.

Keywords

Komputasi Numerik MATLAB Pembelajaran Pemrograman Komputasi Numerik MATLAB Pembelajaran Pemrograman

Article Details

How to Cite
Sherila, A. M., Krisnawati, L., Martini, N. P. D. A., Tarigan, A. S., Janan, S., Yongkimandalan, N., & Jonesti, W. P. (2025). Penerapan Konsep Pemrograman dan Komputasi Numerik dalam Pembelajaran di SMK Yadika 12 Depok melalui Aplikasi MATLAB. Jurnal SOLMA, 14(3), 3048–3056. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20339

References

  1. Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2023). Learning through project-based and inquiry-based learning approaches. Journal of Educational Psychology, 118(4).
  2. Fajriah, D., & Syaripudi, A. (2024). Rancang bangun pendeteksi kantuk pada pengendara roda empat berbasis NodeMCU ESP8266. JRIIN, 2(4), 742–752.
  3. Fitrah, F. M., Hidayat, M. A., Santosa, P. I., & Zaini, M. (2025). The impact of integrated project-based learning and flipped classroom on students’ computational thinking. Education Sciences, 15(4).
  4. Ibrahim, A. K., Yusof, F. S., & Ibrahim, R. I. (2024). Two decades of project-based learning in engineering education: A review. TEM Journal, 13(4), 1340–1348.
  5. Kurniawan, D., Yusuf, A. M., & Prasetyo, T. (2023). Enhancing engineering literacy through community-based learning projects. ASEAN Journal of Engineering Education, 4(2), 55–63.
  6. Nasution, A., Rahmat, M., Irawan, D., & Siregar, R. (2023). Implementation of solar power storage as alternative energy in learning media. International Journal of Electrical Technology in Education, 5(1).
  7. Nguyen, T., Park, S., Kim, H., & Lee, J. (2022). Technology-integrated STEM activities and student engagement in high school classrooms. Computers and Education: Open, 3.
  8. Nurhayati, S., Wibowo, R., Prasetyo, Y., & Rahmawati, A. (2024). Integrating microcontroller programming in high school curriculum: A case study. Journal of Science and Technology Education, 5(1), 23–30.
  9. Opdahl, R. M., Arnesen, H., & Leegaard, M. H. (2019). Teaching electronics and programming in Norwegian schools using the Air:bit sensor kit. arXiv preprint arXiv:1912.01399. https://arxiv.org/abs/1912.01399
  10. Rasyid, M. H., & Utama, L. D. (2023). Embedded systems education with sumo robot projects. Journal of Robotics and Control, 3(4), 305–312.
  11. Salmiza, R., & Mokhtar, N. (2023). The effect of ice-breaker activities on student participation in STEM outreach programs. Journal of Science Education, 14(2), 44–51.
  12. Shekh-Abed, A. D. (2024). Metacognitive self-knowledge and cognitive skills in project-based learning of high school electronics students. European Journal of Engineering Education, 50(1).
  13. Umar, A., Qamar, S., & Ali, R. (2022). STEM education as a driver for future workforce: A review. International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP), 17(22).
  14. Voogt, J., & Knezek, G. (2021). Developing an international framework for curriculum in technology education. Educational Technology Research and Development, 69(1), 1–15. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09765-z
  15. Wang, Y., Chen, Z., Liu, M., Zhang, H., & Li, J. (2022). Low-cost robotics for mechatronics education. IEEE Access, 10, 25689–25698. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3156719
  16. Wibowo, R. (2024). Introducing green energy to high school students through portable solar projects. Journal of Renewable Energy Education, 6(3), 91–97.