Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Permasalahan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar masih didominasi oleh metode ceramah dan rendahnya partisipasi aktif siswa, yang menyebabkan kurangnya keterlibatan mendalam dalam proses belajar. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran inovatif melalui penerapan model SCICOLLA (Scientific Collaboration), yaitu model pembelajaran yang memadukan pendekatan ilmiah dan kolaboratif berbasis kerangka berpikir deep learning. Metode: Participatory Action Research (PAR). Hasil: Adanya peningkatan signifikan pada pemahaman guru terhadap struktur model SCICOLLA serta keterampilan dalam menyusun perangkat ajar kontekstual. Guru juga menunjukkan antusiasme dan kesiapan tinggi dalam mengimplementasikan sintaks pembelajaran aktif di kelas, yang menunjukkan perubahan paradigma dari teacher-centered ke student-centered learning. Kesimpulan: Pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan pedagogis guru, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap penguatan kualitas pembelajaran tematik yang relevan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Keywords

Model Pembelajaran Pembelajaran Mendalam Scientific Collaboration

Article Details

How to Cite
Handini, O., Mustofa, M., Mafi’ah, I., & Rahmawati, B. (2025). Pelatihan Merancang Pembelajaran Menggunakan Model SCICOLLA (Scientific Collaboration) Berbasis Deep Learning Pada Guru SDN Sabrang Lor No. 78 Jebres Surakarta. Jurnal SOLMA, 14(3), 3310–3315. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20333

References

  1. Abidin, Y. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Arifin, Z., & Setiawan, B. (2022). Analisis Tantangan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6667–6676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2405
  3. Ary, D., Jacobs, L. C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. (1982). Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Bernie Trilling and Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.
  5. Daga, A. T. (2021, Agustus). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
  6. Diputera, A., Zulpan, E., & Gita, E. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 10(2). https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65978
  7. Fadilah, N., & Angraini, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio, 9(1), 221–230. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3414
  8. Fadillah, A., et al. (2023). Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1404–1412. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5042
  9. Handini, O., & Mustofa, M. (2022). Analisis Pembelajaran 4C pada Pembelajaran Tematik Integratif Materi IPS di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3801–3811. https://jurnal-basicedu.org/index.php/basicedu/article/view/2805
  10. Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  11. Prasetyo, Z. K. (2019). Persiapan Guru Berketerampilan Abad 21 Menyongsong Generasi Emas 2045. Disampaikan dalam Kuliah Perdana Prodi PGSD FKIP UNISRI, Surakarta, 28 November 2019.
  12. Prahmana, R. C. I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Universitas Sriwijaya.
  13. Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
  14. Sa’diyah, C., & Rachmawati, D. (2021). Transformasi Model Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1), 12–22. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i1.202102
  15. Satrianawati, & Nur Hidayah. (2017). Model Pembelajaran untuk Keterampilan Abad 21. Jakarta: Deepublish.
  16. Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021, Juli). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-89. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
  17. Syaparuddin, H. et al. (2020). Penerapan Model Participatory Action Research (PAR) dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 209–218. https://doi.org/10.30595/jippg.v3i3.8967