Main Article Content

Abstract

Background: Program ini bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung, meningkatnya pemahaman, dan kesadaran masyarakat sekolah terhadap kesehatan jiwa, didasarkan analisis lingkungan awal, masih rendahnya pengetahuan mengenai kesehatan jiwa yang ditunjukkan pada beberapa ketidakmampuan masyarakat sekolah dalam mengidentifikasi gangguan kesehatan jiwa, berdampak pada kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah 04 Tangerang. Metode: Menggunakan metode edukasi, diskusi, dan tanya jawab interaktif, serta evaluasi dan tindak lanjut ketercapaian program, terhadap 37 mitra, yakni: tenaga pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan siswa.  Hasil: Kegiatan menunjukkan hasil signifikan meningkat pada pemahaman berdasarkan hasil survei sebelum (34%), dan sesudah program dilakukan (72%). Kesimpulan: Edukasi kesehatan jiwa menggunakan metode diatas efektif dapat meningkatnya pemahaman, sehingga berdampak secara jangka panjang terciptanya lingkungan SD Muhammadiyah 04 Tangerang yang sehat dan berkarakter.

Keywords

Kesehatan Jiwa Lingkungan Sekolah Pengetahuan Kesehatan Jiwa Lingkungan Sekolah Pengetahuan

Article Details

How to Cite
Huliatunisa, Y., Budi Wijoyo, E., Al Ashri Nainar, A., Purnamasari, E., Yohamintin, Y., Dwi Lestari, R., & Ramadhan, G. (2025). Integrasi Edukasi Kesehatan Jiwa dalam Ekosistem Sekolah Dasar untuk Penguatan Karakter . Jurnal SOLMA, 14(3), 3068–3076. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20154

References

  1. Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1).
  2. Ardiansyah, S. (2023). Kesehatan Mental (Edisi 1). PT Global Eksekutif Teknologi.
  3. Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10
  4. Azizah, F. N., Lestari, R., & Suwarno. (2022). Pemberdayaan Kader Remaja Parikesit dalam Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Remaja. Journal of Innovation in Community Empowerment, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.30989/jice.v4i1.682
  5. Catani, C., Wittmann, J., Schmidt, T. L., Wilker, S., Neldner, S., & Neuner, F. (2023). School-based mental health screenings with Ukrainian adolescent refugees in Germany: Results from a pilot study. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1146282
  6. Daryaswanti, P. I., Putra, I. G. Y., Widiartha, K. K., Noviyanti, N. P. A. W., Florencia, J. D., & Prakoso, E. B. (2025). Aplikasi HEALMATE (Health E-Assistant for Mental Wellness and Therapy Enhancement) dalam meningkatkan Kesehatan Mental Remaja di Wilayah Puskesmas II Denpasar Utara. Jurnal SOLMA, 14(1), 193–200. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16869
  7. Dewi, A., Febianingsih, F., Astutik, A., Daryaswanti, D., Nopiyanti, N., & Sulistyadewi, S. (2024). Skrining Anemia Remaja Putri SMKN 1 Negara Kabupaten Jembrana. Jurnal SOLMA, 13(2), 958–966.
  8. Ekberg, S. (2017). The Palgrave Handbook of Child Mental Health: Discourse and Conversation Studies Michelle O’Reilly and Jessica Nina Lester (eds). Research on Children and Social Interaction, 1(1), 105–108. https://doi.org/10.1558/rcsi.30314
  9. Endriyani, S., Martini, S., & Pastari, M. (2024). Edukasi dan Skrining Kesehatan Jiwa Remaja dengan Aplikasi. Madaniya, 5(1), 192–198. https://doi.org/10.53696/27214834.687
  10. Fakhriyani, D. (2019). Kesehatan Mental. CV Duta Media.
  11. Gustaman, A. G. (2023). KESEHATAN JIWA. https://rsjrw.id/artikel/kesehatan-jiwa
  12. Huliatunisa, Y., Alfath, M. D., & Hendiati, D. (2020). Cuci Tangan Bersih Menggunakan Sabun. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24027
  13. Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
  14. Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Komunitas Sehati (Sehat Jiwa dan Hati) Sebagai Intervensi Kesehatan Mental Berbasis Masyarakat. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 112. https://doi.org/10.20473/jpkm.V1I22016.112-124
  15. Kusumawaty, I., Podojoyo, Yunike, Eprila, Cahyati, P., & Hartono, D. (2022). Metoda Diskusi Sebagai Upaya Melambungkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Urgensi Kesehatan Jiwa. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 286–293. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.123
  16. Lestarina, N. N. W. (2021). Pendampingan Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Di Desa Laban Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK (PIKAT), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35718/pikat.v2i1.332
  17. Michail, M., & Birchwood, M. (2013). Social anxiety disorder and shame cognitions in psychosis. Psychological Medicine, 43(1), 133–142. https://doi.org/10.1017/S0033291712001146
  18. Monardo, D., & Harmadi, S. H. B. (2020). Panduan Kesehatan Jiwa pada Masa Pandemi Covid-19: Peran Keluarga sebagai Pendukung Utama. Satgas Covid-19. https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi Edukasi/2021/Februari/PanduanKesehatanJiwadiMasaPandemi-SatgasPenangananCovid-19.pdf
  19. Notosoedirdjo. (2001). Kesehatan Mental. UMM.
  20. Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo, F. D., & Lenny, L. (2022). Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187
  21. Rahmiwati, A., Sitorus, R. januar, Lubis, A. I., Sabila, V. P., Sari, D. K., & Yuliantari, D. (2025). Cegah Anemia Masa Remaja dengan Permainan Edukasi Traffic Light Nutrition Card di Wilayah Kerja Puskesmas Pegayut. Jurnal SOLMA, 14(1), 92–99. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17250
  22. Ramaita, R., Deri, P. S., Putri, T. H., Novera, M., Wenny, B. P., Handayani, R., & Afnuhazi, R. (2025). Pembentukan Program Usaha Kesehatan Jiwa Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Psikologis Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1).
  23. Sarfika, R., Wenny, B. P., Putri, D. E., Refnandes, R., Fernandes, F., Freska, W., & Rahayuningsih, A. (2024). Pemberian Pendidikan Kesehatan Tumbuh Kembang Psikososial Pada Remaja Sebagai Upaya Mencegah Masalah Kesehatan Mental. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 95. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19619
  24. Sunaryati, T., Putri, A., Zakiyah, A., Isnaeni, B., & Sari, K. (2024). Penggunaan Tenik Pre Test dan Post Test terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 33020–33024.
  25. Vos, T., Lim, S. S., Abbafati, C., Abbas, K. M., Abbasi, M., Abbasifard, M., Abbasi-Kangevari, M., Abbastabar, H., Abd-Allah, F., Abdelalim, A., Abdollahi, M., Abdollahpour, I., Abolhassani, H., Aboyans, V., Abrams, E. M., Abreu, L. G., Abrigo, M. R. M., Abu-Raddad, L. J., Abushouk, A. I., … Murray, C. J. L. (2020). Global burden of 369 diseases and injuries in 204 countries and territories, 1990–2019: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2019. The Lancet, 396(10258), 1204–1222. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30925-9
  26. Wenny, B. P., Mahathir, M., Ningsih, A. R., Freska, W., Lenggogeni, D. P., Sarfika, R., Refnandes, R., Sribanowo, A., Susianty, S., & Yuliharni, S. (2023). Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa Remaja Menggunakan Instrumen IDASS-Y di SMPN 23 Padang. Warta Pengabdian Andalas, 30(4), 655–667. https://doi.org/10.25077/jwa.30.4.655-667.2023
  27. WHO. (2020). Guidelines on mental health promotive and preventive interventions for adolescents. https://www.who.int/publications/i/item/guidelines-on-mental-health-promotive-and-preventive-interventions-for-adolescents
  28. Winahyu, N. E., Keliat, B. A., & Wardani, I. Y. (2014). Faktor Sustainability Yang Berhubungan Dengan Implementasi Community Mental Health Nursing (CMHN) . Jurnal Ners, 9(2), 305–312.

Most read articles by the same author(s)