Main Article Content
Abstract
Background: Rendahnya literasi keuangan syariah dan keterampilan digital marketing masih menjadi kendala utama bagi perempuan pelaku UMKM, termasuk anggota Nasyiatul Aisyiyah Cabang Siman, Ponorogo. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman keuangan syariah dan kemampuan pemasaran digital anggota agar lebih mandiri secara ekonomi. Metode: Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan intensif, pendampingan daring, dan evaluasi dengan melibatkan 32 peserta. Evaluasi dilakukan melalui pre-test/post-test, observasi praktik, dan wawancara. Hasil: Skor rata-rata peserta meningkat dari 54% (pre-test) menjadi 76% (post-test). Sebanyak 80% peserta mulai menerapkan pencatatan keuangan, 60% aktif memasarkan produk melalui media digital, dan 33% mengikuti program affiliate marketing. Kesimpulan: Program berhasil meningkatkan literasi keuangan syariah dan keterampilan digital marketing anggota NA Siman. Temuan ini menunjukkan pentingnya model pemberdayaan berbasis literasi digital-keuangan untuk mendukung kemandirian ekonomi Perempuan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adhitya, Galant Nanta, Novi Wulandari, Nurika Arum Sari, Zita Gessa, Didan Aurel, and Pegita Rianinda. 2021. “Creative Content Writing in Digital Promotion and Marketing To Increase Recognition and Sales of Kald . Id Products.” Prosiding Seminar Nasional 3(1):92–103.
- Albanjari, F. R., & Syakarna, N. F. R. (2022). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Berpinsip Syariah Islam. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2, 109-120.
- Amalia, N., Sunarso, S., & Oktovita Sari, P. (2025). Membangun Generasi Muda yang Mandiri dan Melek Keuangan Melalui Financial Literacy pada Karang Taruna Trisakti Wonogiri. Jurnal SOLMA, 14(1), 172–183. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17099
- Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2024). Pendidikan literasi finansial: Panduan implementasi untuk satuan pendidikan dan pemangku kepentingan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
- Choerudin, A., Zulfachry, Widyaswati, R., Warpindyastuti, L. D., Khasanah, J. S. N., Harto, B., Oktaviani, N. F., Sohilauw, M. I., Nugroho, L., Suharsono, J., & Paramita, V. S. (2023). Literasi keuangan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-198-379-4
- Choerudin, Achmad, Zulfachry, Rahmatya Widyaswati, Lady Diana Warpindyastuti, Jana Siti Nor Khasanah, Budi Harto, Nita Fauziah, Muhammad Irfai Sohilauw, Lucky Nugroho, Judi Suharsono, and Santi Paramita. 2023. Literasi Keuangan.
- Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
- Hamzah, Muchammad Wilianto, Asep Mulyana, and Yudi Ahmad Faisal. 2023. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Affiliate marketing Dan Peningkatan Pendapatan Afiliator.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(5):3241. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2635
- Idris, M. ., Putri, A. K. ., & Kusuma, Y. B. (2024). Strategi Pengembangan Umkm untuk Meningkatkan Ekonomi Desa Jatipasar. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 378–381. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/792
- Kadek Novayanti Kusuma Dewi, & Luh Putu Mahyuni. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302
- Lusardi, A., Michaud, P.-C., & Mitchell, O. S. (2020). Assessing the impact of financial education programs: A quantitative model. Economics of Education Review, 78, 101899. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.05.006
- Mardiana, et al. 2025. “GROWING THE PERFORMANCE OF SMEs.” 23(1):63–74.
- Mulyono, S., Hendrasto, F., Aprilia, M. E., Putra, O. S., Fitri, B. R. N., & Angga, K. O. (2025). Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM Alas Kaki Melalui Digital Marketing dan Tatakelola Keuangan . Jurnal SOLMA, 14(1), 143–153. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18241
- Nadiya, N. N., Shevia, S., Kamilatunaimah, M., Huang, C., & Fahlevi, R. (2022). Strategi digital marketing menggunakan media sosial dan e-commerce dalam pengembangan bisnis UMKM Yasmin’s Brownies. MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(4), 259–271. https://doi.org/10.54259/manabis.v1i4.1379
- Pamela, Nurliza, & Nugraha, A. (2023). Financial Recording Training for Food MSME in Pontianak Kemuning Market: Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM Pangan di Pasar Kemuning Pontianak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 1039–1046. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.11969
- Pebriani, Reny Aziatul, and Rafika Sari. 2021. “Pelatihan Mengatur Keuangan Keluarga Melalui Perencanaan Keuangan Untuk Ibu-Ibu Di Desa Karang Bindu Prabumulih.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):127. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4034
- Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah. (2023). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Nasyiatul Aisyiyah. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah.
- Raafi’udin*, R., Rosmawarni, N., Dewi, C. N. P., & Edyana, F. (2024). Digital Empowerment:Improving Dasawisma’s Capabilities in Online Marketing and Sales Through the Marketplace: Digital Empowerment: Peningkatan Kapabilitas Dasawisma Dalam Pemasaran Dan Penjualan Online Melalui Marketplace. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(6), 1804–1812. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i6.22099
- Rea, J. K., Danes, S. M., Serido, J., & Shim, S. (2019). “Being able to support yourself”: Young adults’ meaning of financial well-being through family financial socialization. Journal of Family and Economic Issues, 40(2), 250–268. https://doi.org/10.1007/s10834-018-9602-7
- Rudi Yanto, Lis Suryadi, Hendri Irawan, & Ita Novita. (2023). Penerapan Web E-commerce Pada Toko Rage Toys. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.72
- Suwarsi, Aqidah Asri, Aninta Gina Sharfina, and Anisatun Anggraeni. 2022. “Portrait of MSMEs‘ Islamic Financial Literacy and The Impact on Business Development.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 18(1). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i1.12991
- Syahnur, Khaerunnisa Nur Fatimah, Rahmat Syarif, and Arianti. 2024. “The Effect of Digital Financial Literacy and Digital Financial Inclusion on Women’s Entrepreneurship Empowerment.” Jurnal Manajemen Bisnis 11(1):175–87. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.662
- Syakarna, n. F. R., rohman albanjari, f., candra kusuma, m., & studi ekonomi syariah, p. (2023). Pendampingan pengelolaan keuangan syariah bagi masyarakat prasejahtera desa sidomulyo kecamatan pule, kabupaten trenggalek. Communnity development journal, 4(3), 6795–6800.
- Trianto, Budi, Elida Elfi Barus, and Tasiu Tijjani Sabiu. 2021. “Relationship Between Islamic Financial Literacy, Islamic Financial Inclusion and Business Performance : Evidence from Culinary Cluster of Creative Economy.” Ikonomika 6(1):19–38. https://doi.org/10.24042/febi.v6i1.7946
References
Adhitya, Galant Nanta, Novi Wulandari, Nurika Arum Sari, Zita Gessa, Didan Aurel, and Pegita Rianinda. 2021. “Creative Content Writing in Digital Promotion and Marketing To Increase Recognition and Sales of Kald . Id Products.” Prosiding Seminar Nasional 3(1):92–103.
Albanjari, F. R., & Syakarna, N. F. R. (2022). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Berpinsip Syariah Islam. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2, 109-120.
Amalia, N., Sunarso, S., & Oktovita Sari, P. (2025). Membangun Generasi Muda yang Mandiri dan Melek Keuangan Melalui Financial Literacy pada Karang Taruna Trisakti Wonogiri. Jurnal SOLMA, 14(1), 172–183. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17099
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2024). Pendidikan literasi finansial: Panduan implementasi untuk satuan pendidikan dan pemangku kepentingan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Choerudin, A., Zulfachry, Widyaswati, R., Warpindyastuti, L. D., Khasanah, J. S. N., Harto, B., Oktaviani, N. F., Sohilauw, M. I., Nugroho, L., Suharsono, J., & Paramita, V. S. (2023). Literasi keuangan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi. ISBN: 978-623-198-379-4
Choerudin, Achmad, Zulfachry, Rahmatya Widyaswati, Lady Diana Warpindyastuti, Jana Siti Nor Khasanah, Budi Harto, Nita Fauziah, Muhammad Irfai Sohilauw, Lucky Nugroho, Judi Suharsono, and Santi Paramita. 2023. Literasi Keuangan.
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Hamzah, Muchammad Wilianto, Asep Mulyana, and Yudi Ahmad Faisal. 2023. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Affiliate marketing Dan Peningkatan Pendapatan Afiliator.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(5):3241. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2635
Idris, M. ., Putri, A. K. ., & Kusuma, Y. B. (2024). Strategi Pengembangan Umkm untuk Meningkatkan Ekonomi Desa Jatipasar. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 378–381. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/792
Kadek Novayanti Kusuma Dewi, & Luh Putu Mahyuni. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302
Lusardi, A., Michaud, P.-C., & Mitchell, O. S. (2020). Assessing the impact of financial education programs: A quantitative model. Economics of Education Review, 78, 101899. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.05.006
Mardiana, et al. 2025. “GROWING THE PERFORMANCE OF SMEs.” 23(1):63–74.
Mulyono, S., Hendrasto, F., Aprilia, M. E., Putra, O. S., Fitri, B. R. N., & Angga, K. O. (2025). Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM Alas Kaki Melalui Digital Marketing dan Tatakelola Keuangan . Jurnal SOLMA, 14(1), 143–153. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18241
Nadiya, N. N., Shevia, S., Kamilatunaimah, M., Huang, C., & Fahlevi, R. (2022). Strategi digital marketing menggunakan media sosial dan e-commerce dalam pengembangan bisnis UMKM Yasmin’s Brownies. MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(4), 259–271. https://doi.org/10.54259/manabis.v1i4.1379
Pamela, Nurliza, & Nugraha, A. (2023). Financial Recording Training for Food MSME in Pontianak Kemuning Market: Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM Pangan di Pasar Kemuning Pontianak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 1039–1046. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.11969
Pebriani, Reny Aziatul, and Rafika Sari. 2021. “Pelatihan Mengatur Keuangan Keluarga Melalui Perencanaan Keuangan Untuk Ibu-Ibu Di Desa Karang Bindu Prabumulih.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):127. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4034
Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah. (2023). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Nasyiatul Aisyiyah. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah.
Raafi’udin*, R., Rosmawarni, N., Dewi, C. N. P., & Edyana, F. (2024). Digital Empowerment:Improving Dasawisma’s Capabilities in Online Marketing and Sales Through the Marketplace: Digital Empowerment: Peningkatan Kapabilitas Dasawisma Dalam Pemasaran Dan Penjualan Online Melalui Marketplace. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(6), 1804–1812. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i6.22099
Rea, J. K., Danes, S. M., Serido, J., & Shim, S. (2019). “Being able to support yourself”: Young adults’ meaning of financial well-being through family financial socialization. Journal of Family and Economic Issues, 40(2), 250–268. https://doi.org/10.1007/s10834-018-9602-7
Rudi Yanto, Lis Suryadi, Hendri Irawan, & Ita Novita. (2023). Penerapan Web E-commerce Pada Toko Rage Toys. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.72
Suwarsi, Aqidah Asri, Aninta Gina Sharfina, and Anisatun Anggraeni. 2022. “Portrait of MSMEs‘ Islamic Financial Literacy and The Impact on Business Development.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 18(1). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i1.12991
Syahnur, Khaerunnisa Nur Fatimah, Rahmat Syarif, and Arianti. 2024. “The Effect of Digital Financial Literacy and Digital Financial Inclusion on Women’s Entrepreneurship Empowerment.” Jurnal Manajemen Bisnis 11(1):175–87. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.662
Syakarna, n. F. R., rohman albanjari, f., candra kusuma, m., & studi ekonomi syariah, p. (2023). Pendampingan pengelolaan keuangan syariah bagi masyarakat prasejahtera desa sidomulyo kecamatan pule, kabupaten trenggalek. Communnity development journal, 4(3), 6795–6800.
Trianto, Budi, Elida Elfi Barus, and Tasiu Tijjani Sabiu. 2021. “Relationship Between Islamic Financial Literacy, Islamic Financial Inclusion and Business Performance : Evidence from Culinary Cluster of Creative Economy.” Ikonomika 6(1):19–38. https://doi.org/10.24042/febi.v6i1.7946
