Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Arduino merupakan platform mikrokontroler open source yang memiliki fungsi untuk mengatur beragam aspek secara efisien dari beberapa komponen elektronik seperti motor, sensor, LED, dan perangkat Internet of Things (IoT). Studi ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi mikrokontroler, khususnya Arduino, kepada siswa-siswi MTS Mathlaul Anwar Pamulang sebagai bagian dari penguatan literasi teknologi. Metode: pendekatan STEAM. Kegiatan diikuti oleh 67 peserta, yaitu mulai dari siswa kelas 7 dan siswa kelas 8 dan dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi interaktif, pemberian motivasi, serta praktik langsung perakitan rangkaian Arduino menggunakan berbagai komponen elektronik. Hasil: Adanya peningkatan nilai pretest dan postest, kemampuan peserta dalam merakit mikrokontroler secara mandiri sesuai standar, serta hasil observasi dan kuesioner yang menilai keterampilan, kepuasan, dan efektivitas pelatihan. Kesimpulan: Pendekatan pembelajaran berbasis STEAM efektif dalam menumbuhkan minat dan pemahaman siswa terhadap teknologi berbasis mikrokontroler Arduino.

Keywords

Arduino Elektronika Mikrokontroller STEAM Pelatihan Teknologi

Article Details

How to Cite
Sekarsari, K., Rosiana, E., & Astuti, R. (2025). Pelatihan Arduino untuk Memperkenalkan Teknologi Mikrokontroler pada Siswa MTs Mathla’ul Anwar Pamulang. Jurnal SOLMA, 14(3), 3852–3861. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.19916

References

  1. Ahluwalia, A. K., & Preet, K. (2019). Work Motivation: The Study in Relation to Job Satisfaction Amongst the State University Teachers. Drishtikon : A Management Journal, 10(1).
  2. Amalia, D., & Afrianingsih, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Bermuatan STEAM pada Kemandirian ditinjau dari Jenis Kelamin Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16281
  3. Chang, C.-Y., Du, Z., Kuo, H.-C., & Chang, C.-C. (2023). Investigating the Impact of Design Thinking-Based STEAM PBL on Students’ Creativity and Computational Thinking. IEEE Transactions on Education, 66(6), 673–681. https://doi.org/10.1109/TE.2023.3297221
  4. Chung, C. C., & Lou, S. J. (2021). Physical computing strategy to support students’ coding literacy: An educational experiment with arduino boards. Applied Sciences (Switzerland), 11(4). https://doi.org/10.3390/app11041830
  5. Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2). https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
  6. Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226.
  7. Habibi, M. . M. (2023). Effect of the STEAM Method on Children’s Creativity. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 315–321. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2378
  8. Khoirunnisa, A. I. (2025). Curriculum Digitalization: The Impact of Technology on Curriculum Development in The Era of Industrial Revolution 4.0. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.17509/ijert.v5i2.85143
  9. Okta, F. C., Aningsih, A., & Kusuma, R. R. (2023). Pelatihan Arduino Kepada Remaja Desa Sindangjaya Guna Menunjang Kompetensi Dalam Bidang Teknologi Dan Otomasi. An-Nizam, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6219
  10. Pasricha, S. (2022). Embedded Systems Education in the 2020s: Challenges, Reflections, and Future Directions. Proceedings of the ACM Great Lakes Symposium on VLSI, GLSVLSI. https://doi.org/10.1145/3526241.3530348
  11. Ramadhan, W. (2023). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah …. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar …, 8(2).
  12. Rojas-Valdes, P., Vidal-Silva, C., & Fuente, C. de La. (2022). Successful Development of Problem-Solving and Computing Programming Competences in Children Using Arduino. 2022 International Symposium on Measurement and Control in Robotics (ISMCR), 1–6. https://doi.org/10.1109/ISMCR56534.2022.9950596
  13. Roniyus Marjunus, Kamisah Delilawati Pandiangan, Amanto Amanto, Mahfut Mahfut, Yunda Heningtyas, & Heri Satria. (2023). Peningkatan Kualitas Pemahaman Konten dan Teknik Pengajaran Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan Teknologi Informasi Komputer (TIK). Jurnal SOLMA, 12(1). https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10201
  14. Sari, U., Çelik, H., Pektaş, H. M., & Yalçın, S. (2022). Effects of STEM-focused Arduino practical activities on problem-solving and entrepreneurship skills. Australasian Journal of Educational Technology, 135–149. https://doi.org/10.14742/ajet.7293
  15. Sekarsari, K., & Sunardi, S. (2020). Pelatihan Arduino untuk Siswa Siswi MTs Swasta Al-Mursyidiyyah Benda Baru Pamulang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6270
  16. Suryani, S., Syam, A., & Nurdiansah, N. (2023). PKM Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi TIK Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng. Jurnal SOLMA, 11(3), 515–521. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9853
  17. Tran, N. H., Huang, C. F., Hsiao, K. H., Lin, K. L., & Hung, J. F. (2021). Investigation on the Influences of STEAM-Based Curriculum on Scientific Creativity of Elementary School Students. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.694516
  18. Wardatun Nikmah, Afifatul Mukarromah, Dimas Widyansyah, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Penggunaan Teknologi Dalam Pengembangan SDM. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(5), 366–386. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i5.511
  19. Wardiyanto, M. F., & Yundra, E. (2019). Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis Iot Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Di Smk Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1).
  20. Yusro, M., Guntoro, N. A., & Rikawarastuti. (2021). Utilization of microcontroller technology using Arduino board for Internet of Things (a systematic review). AIP Conference Proceedings, 2331, 060004. https://doi.org/10.1063/5.0041705
  21. Zanal, A., Sihab, N., Zulhanip, A. Z., Md Sharif, J., & Abdullah, S. (2023). The Impact of Psychomotor Element in Cognitive Domain Achievement of Electronics 1 during Open Distance Learning (ODL). International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(1), 154–163. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v12-i1/16113