Main Article Content

Abstract

Background: Kesenjangan pembelajaran Seni Budaya di SMP Kota Tanjungbalai terlihat dari masih dominannya perangkat manual, minimnya teknologi digital, dan kurang optimalnya integrasi tradisi lokal Melayu. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi dengan muatan lokal seni musik, tari, dan rupa khas Melayu, sehingga pembelajaran menjadi lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Metode: Pelaksanaan kegiatan meliputi tahapan persiapan, pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan melibatkan 23 guru Seni Budaya dari SMP negeri dan swasta di Kota Tanjungbalai. Tahap pelatihan menghadirkan narasumber sesuai bidang keahlian (musik, tari, rupa, teknologi), sementara tahap pendampingan difokuskan pada penyusunan perangkat pembelajaran digital yang dimasukkan ke dalam platform daring. Evaluasi dilakukan dengan instrumen berupa lembar observasi, angket, rubrik penilaian, dan wawancara. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran digital berbasis muatan lokal. Guru yang sebelumnya hanya menggunakan media manual kini mampu mengembangkan perangkat dalam bentuk game edukasi, modul digital, media interaktif, hingga website pembelajaran. Inovasi utama dari program ini adalah peluncuran situs web khusus yang menampung perangkat pembelajaran digital hasil karya guru, sehingga dapat diakses secara fleksibel oleh guru dan siswa.

Keywords

Digitalisasi Pendampingan Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Digitalisasi Pendampingan Perangkat pembelajaran Seni budaya

Article Details

How to Cite
Widiastuti, U., Rahmah, S., Sembiring, A. S., Sugito, S., & Suharyanto, S. (2025). Inovasi Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Digital di SMP Kota Tanjungbalai. Jurnal SOLMA, 14(3), 4141–4152. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.19348

References

  1. Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46.
  2. Alek, A. (2023). The Impact of Technology on English Language Education in Indonesia: A Theoretical Review. BiCED Proceeding, 1, 45–63.
  3. Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 108–119. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.108
  4. Andini, S., Agustini, R., Noer Rahman, S. F., & Fauzeah, M. L. (2025). Retorika Iklan dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pandai Besi dan Pelestarian Kearifan Lokal Desa Baregbeg. Abdimas Galuh, 7(1), 1. https://doi.org/10.25157/ag.v7i1.15965
  5. Atikah, Fitroh Adhilla, & Zunan Setiawan. (2025). Pengaruh Iklan Media Sosial, Electronic Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo: Studi Kasus pada Pengguna Smartphone OPPO di Yogyakarta. Economic Reviews Journal, 4(2). https://doi.org/10.56709/mrj.v4i2.698
  6. Bull, G., Garofalo, J., & Hguyen, N. R. (2020). Thinking about computational thinking: Origins of computational thinking in educational computing. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 36(1), 6–18. https://doi.org/10.1080/21532974.2019.1694381
  7. Denny Yustisia Asnadi Putra & Ertika Nanda. (2025). Representasi Pesan Moral dalam Iklan Telkomsel Siaga Edisi Ramadhan #BersamaKitaBerkah. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 7(2). https://doi.org/10.47467/reslaj.v7i2.5806
  8. Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.
  9. Kabunggul, J., Pramita, D., Mandailina, V., Abdillah, A., Mahsup, M., & Sirajuddin, S. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 1–4. https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2804
  10. Karim, S., & Abidin, M. Z. (2022). Penerapan Metode Learning Vector Quantization pada Penentuan Level Bermain Terhadap Game Edukasi Sang Santri. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.35457/antivirus.v16i1.1785
  11. Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, Abd. (2020). Computational Thinking: Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975–984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769
  12. Maharani, S., Susanti, V. D., Andari, T., Krisdiana, I., & Astuti, I. P. (2023). Computational Thinking (CT)-based Student Worksheet to Improve the Mathematical Literacy of Mathematics Prospective Teacher. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 2690–2702. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.4412
  13. Mulia, D. S. & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
  14. Ni’ma, A. A. (2022). Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Kitabah). Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
  15. Putri, N. A., Permana, E., & Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Makanan Tradisional Tiwul Sebagai Destinasi Wisata Kuliner di Gunung Kidul Jogja. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3), 340. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10102
  16. Ramadhani, I. (2025). Representasi Budaya Indonesia Pada Iklan Animasi Studi Kasus Iklan: Sasa Anime Series X Harousel—Sasa Hadirkan Rasa Untuk Indonesia. Jurnal Senirupa Warna, 13(1), 42–55. https://doi.org/10.36806/jsrw.v13i1.641
  17. Safitri, D., Awalia, S., Sekaringtyas, T., Nuraini, S., Lestari, I., Suntari, Y., Marini, A., Iskandar, R., & Sudrajat, A. (2022). Improvement of Student Learning Motivation through Word-Wall-based Digital Game Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(06), 188–205. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.25729
  18. Sayuti, M. (2023). Penciptaan Desain Sistem Tanda (Sign Sytem) di Desa Tematik Bukit Nobita Kota Padang. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 77–82. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.155
  19. Taufiqurrahman, Salmin, M., Hardinandar, F., Rizqan, M., Apriansyah, M., & Sanusi, G. (2024). Pemberdayaan Siswa SDN Sambori dalam Merawat Budaya Lokal Melalui Program Summer Camp dan Literasi Budaya. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.61461/sjpm.v3i2.77
  20. Ubaidillah, I., & El-Yunusi, M. Y. M. (2022). Strategi Pendidik Melalui Aktivitas Kegemaran dalam Meningkatkan Bakat Minat Siswa di SD Mutiara Bunda 1 Sidoarjo. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.17033