Main Article Content
Abstract
Background: Perubahan iklim saat ini menjadi salah satu isu global paling serius yang berdampak pada lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pembelajaran berbasis proyek STEM telah menjadi pendekatan efektif dalam pendidikan yang mengintegrasikan pemecahan masalah dunia nyata yang kompleks, termasuk perubahan iklim. Selain itu, teknologi augmented reality semakin banyak diterapkan dalam proses pembelajaran STEM untuk meningkatkan pengalaman belajar yang lebih imersif dan interaktif. Namun, hasil observasi dan penyebaran angket menunjukkan bahwa sebagian besar guru IPA di Deli Serdang belum memiliki pengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek STEM, serta masih minim dalam pemanfaatan teknologi seperti augmented reality sebagai media pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam merancang dan mengimplementasikan proyek pembelajaran perubahan iklim berbasis STEM yang diintegrasikan dengan media augmented reality. Metode: Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan pelatihan partisipatif. Adapun metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini dilakukan beberapa tahap, antara lain: tahapan persiapan, pelaksanan kegiatan (pemberian materi dan pelatihan), dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Medan dan diikuti oleh 18 guru anggota Komunitas Belajar IPA Deli Serdang dan dilaksanakan pada 10 Mei 2025 di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep perubahan iklim, pendekatan STEM, serta kemampuan menggunakan dan mengembangkan media augmented reality dengan aplikasi Assemblr Edu. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk mendesain pembelajaran inovatif yang mendukung pendidikan lingkungan dan penguatan literasi digital di sekolah.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ainurrohmah, S., & Sudarti, S. (2022). Analisis Perubahan Iklim dan Global Warming yang Terjadi sebagai Fase Kritis. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 1. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359
- Bancong, H., Nurazmi, N., Putra, D. P., Mansida, A., & Muzaini, M. (2023). Pelatihan dan Pendampingan dalam Mendesain Augmented reality bagi Kelompok Guru IPA. Jurnal SOLMA, 12(2), 827–835. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12599
- Dewi, A. R., & Rosalina, E. (2022). Mengenal Perubahan Iklim. IRID : Indonesia Research Institute for Decarbonization, 1(1), 13. https://irid.or.id/wp-content/uploads/2022/08/FINAL-Mengenal-Perubahan-Iklim.pdf
- Dira, A., Suana, W., & Permadi, D. (2024). Pengaruh Model Project-Based Learning dan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Siswa SMA. 6(2), 91–104.
- Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Kondisi Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim Ditinjau dari Kesadaran Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
- Fauzi, N. A., & Saputro, H. B. (2025). Development of Augmented reality (AR) Based Assemblr Edu Learning Media for Mathematics Subjects, Grade V Elementary School Spatial Building Materials. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 730–745. https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.9251
- Febriyani, F., Nuraeni, F., & Iskandar, S. (2024). The Influence of the Application of the Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach Assisted by Assemblr Edu on Improving the Scientific Literacy Skills of Elementary School Students. Journal of Digital Learning and Education, 4(2), 114–124. https://doi.org/10.52562/jdle.v4i2.1102
- Gernowo, R., Adi, K., & Arifin, Z. (2012). Studi Awal Dampak Perubahan Iklim Berbasis Analisis Variabilitas CO2 dan Curah Hujan (Studi Kasus; Semarang Jawa Tengah). Berskala Fisika, 15(4), 101–104.
- Kade, A., Ningsih, P., Mubarik, Zaki, M., Khair, F., & Amalia, M. (2023). Mengoptimalkan Literasi Sains melalui Implementasi STEM-Project Based Learning Model dalam Pembelajaran IPA Mengoptimalkan Literasi Sains melalui Implementasi STEM-Project Based Learning Model dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3770–3776.
- Kamila Insani. (2023). Peran United Nation Environment Programme (UNEP) Sebagai Lembaga Lingkungan Hidup Internasional dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Unes Law Review, 6(2), 6075. https://review-unes.com/index.php/law/article/view/1444
- Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International, 25(3), 246–258.
- Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2023). STEM Education as a Meta-discipline. Contemporary Trends and Issues in Science Education, 56, 37–51. https://doi.org/10.1007/978-3-031-24259-5_4
- Natasha, D. (2022). Manifestasi Gerakan Sosial Baru dalam Krisis Iklim (Studi Kasus: Extinction Rebellion Indonesia). Jurnal PolGov, 4(1), 169–209. https://doi.org/10.22146/polgov.v4i1.3465
- Nuraeni, L. ., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., Darwata, S. R. ., & Arsyad, M. . (2024). Penerapan Teknologi AR (Augmented reality) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan STEM. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3173 –. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1519
- Rahmah, D. M. (2022). Perubahan Iklim Dalam Pendidikan Ipa Berkelanjutan. Jurnal Sains Edukatika Indonesia, 4(2), 20–25. https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/view/70940.
- Sagena, U. W., Azizsyah, S. N., Panjaitan, O., Masjaya, M., M., M. H., & Sharifuddin, M. D. K. (2023). Program Triple C (Climate Change Class) Untuk Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bagi Anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3238. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15756
- Simatupang, H., Hardinata, A., Ningsih, W., Bukhari, I., & Sihombing, R. A. (2022). Validation of Teaching Books and STEM Subjects E-Learning Content. AIP Conference Proceedings, 2659(November). https://doi.org/10.1063/5.0113531
- Simatupang, H., Ningsih, W., & Hardinata, A. (2021). Stem dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Farha Pustaka.
- Thoriq, M., Kusuma, A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi. 1(2), 84–97.
- Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.
References
Ainurrohmah, S., & Sudarti, S. (2022). Analisis Perubahan Iklim dan Global Warming yang Terjadi sebagai Fase Kritis. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 1. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359
Bancong, H., Nurazmi, N., Putra, D. P., Mansida, A., & Muzaini, M. (2023). Pelatihan dan Pendampingan dalam Mendesain Augmented reality bagi Kelompok Guru IPA. Jurnal SOLMA, 12(2), 827–835. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12599
Dewi, A. R., & Rosalina, E. (2022). Mengenal Perubahan Iklim. IRID : Indonesia Research Institute for Decarbonization, 1(1), 13. https://irid.or.id/wp-content/uploads/2022/08/FINAL-Mengenal-Perubahan-Iklim.pdf
Dira, A., Suana, W., & Permadi, D. (2024). Pengaruh Model Project-Based Learning dan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Siswa SMA. 6(2), 91–104.
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Kondisi Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim Ditinjau dari Kesadaran Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fauzi, N. A., & Saputro, H. B. (2025). Development of Augmented reality (AR) Based Assemblr Edu Learning Media for Mathematics Subjects, Grade V Elementary School Spatial Building Materials. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 730–745. https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.9251
Febriyani, F., Nuraeni, F., & Iskandar, S. (2024). The Influence of the Application of the Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach Assisted by Assemblr Edu on Improving the Scientific Literacy Skills of Elementary School Students. Journal of Digital Learning and Education, 4(2), 114–124. https://doi.org/10.52562/jdle.v4i2.1102
Gernowo, R., Adi, K., & Arifin, Z. (2012). Studi Awal Dampak Perubahan Iklim Berbasis Analisis Variabilitas CO2 dan Curah Hujan (Studi Kasus; Semarang Jawa Tengah). Berskala Fisika, 15(4), 101–104.
Kade, A., Ningsih, P., Mubarik, Zaki, M., Khair, F., & Amalia, M. (2023). Mengoptimalkan Literasi Sains melalui Implementasi STEM-Project Based Learning Model dalam Pembelajaran IPA Mengoptimalkan Literasi Sains melalui Implementasi STEM-Project Based Learning Model dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3770–3776.
Kamila Insani. (2023). Peran United Nation Environment Programme (UNEP) Sebagai Lembaga Lingkungan Hidup Internasional dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Unes Law Review, 6(2), 6075. https://review-unes.com/index.php/law/article/view/1444
Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International, 25(3), 246–258.
Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2023). STEM Education as a Meta-discipline. Contemporary Trends and Issues in Science Education, 56, 37–51. https://doi.org/10.1007/978-3-031-24259-5_4
Natasha, D. (2022). Manifestasi Gerakan Sosial Baru dalam Krisis Iklim (Studi Kasus: Extinction Rebellion Indonesia). Jurnal PolGov, 4(1), 169–209. https://doi.org/10.22146/polgov.v4i1.3465
Nuraeni, L. ., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., Darwata, S. R. ., & Arsyad, M. . (2024). Penerapan Teknologi AR (Augmented reality) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan STEM. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3173 –. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1519
Rahmah, D. M. (2022). Perubahan Iklim Dalam Pendidikan Ipa Berkelanjutan. Jurnal Sains Edukatika Indonesia, 4(2), 20–25. https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/view/70940.
Sagena, U. W., Azizsyah, S. N., Panjaitan, O., Masjaya, M., M., M. H., & Sharifuddin, M. D. K. (2023). Program Triple C (Climate Change Class) Untuk Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bagi Anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3238. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15756
Simatupang, H., Hardinata, A., Ningsih, W., Bukhari, I., & Sihombing, R. A. (2022). Validation of Teaching Books and STEM Subjects E-Learning Content. AIP Conference Proceedings, 2659(November). https://doi.org/10.1063/5.0113531
Simatupang, H., Ningsih, W., & Hardinata, A. (2021). Stem dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Farha Pustaka.
Thoriq, M., Kusuma, A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi. 1(2), 84–97.
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.
