Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendahuluan: Implementasi Kurikulum Merdeka telah dilakukan hampir di seluruh madrasah, termasuk madrasah swasta seperti MTs Muhammadiyah Lima Kaum. Namun, keterbatasan pelatihan khusus bagi madrasah swasta menyebabkan guru dan pihak madrasah masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan kurikulum tersebut. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pendidik dalam menyusun dan melaksanakan Kurikulum Merdeka secara optimal. Metode: Community-Based Research (CBR) dengan empat tahap, yaitu peletakan dasar, perencanaan, pengumpulan dan analisis data, serta penentuan aksi. Hasil: Sebanyak 16,7% pendidik mampu menyusun modul ajar dengan sangat baik. Sisanya cukup baik namun belum merinci seluruh komponen. Madrasah telah menyusun rancangan proyek semester ganjil 2023/2024. Kesimpulan: Program ini membantu pendidik dan madrasah lebih siap dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Abdy, M., & Ikram, F. Z. (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 920–928. https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.783
- Fianingrum, F., Novaliyosi., & Nindia, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v5i1.4507
- Hanafi, M. (2015). Community Based Research Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1457/
- Hikmah, N., Rizal, S. U., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 54–59. https://doi.org/10.32672/btm.v5i1.5672
- Indrayani, I., Hambali, A., Jusran, J., Putra, R. P., & Rahmah, N. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1597–1604. https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/1157
- Jasiah, Sulistyowati, Syabrina, M., Rahmad, & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Hasanka Boarding School Palangka Raya. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 665–674. https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.21519
- Kemdikbud. (2023). Assesmen Nasional Berbasis Komputer. In https://anbk.kemdikbud.go.id.
- Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491–506.
- Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://doi.org/ 10.54832/jupe2.v1i2.169
- Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600
- Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
- Nari, N., Khaidir, C., Arif, Y., Gistituati, N., Rusdinal, R., & Intes, A. (2023). The Strategy of the School Principle in the Implementation of the Independent Curriculum. Lingeduca: Journal of Language and Education Studies, 2(2), 174–186. https://doi.org/10.55849/lingeduca.v2i2.310
- Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. 5(4), 17308–17313. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4139
- OECD. (2019). 3. PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 73–95.
- OECD. (2023). Is Education Losing the Race with Technology?
- Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024. (n.d.). Retrieved May 21, 2025, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
- Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435
- Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835
- Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
- Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai Sebuah Pilihan bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
- Sulistyowati, Mahmudah, I., Rahmad, Rizal, S. U., & Wahid, A. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 4(1), 16–21. https://doi.org/ 10.33772/japimas.v4i1.78
- Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488–503. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
Referensi
Abdy, M., & Ikram, F. Z. (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 920–928. https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.783
Fianingrum, F., Novaliyosi., & Nindia, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v5i1.4507
Hanafi, M. (2015). Community Based Research Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1457/
Hikmah, N., Rizal, S. U., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 54–59. https://doi.org/10.32672/btm.v5i1.5672
Indrayani, I., Hambali, A., Jusran, J., Putra, R. P., & Rahmah, N. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1597–1604. https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/1157
Jasiah, Sulistyowati, Syabrina, M., Rahmad, & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Hasanka Boarding School Palangka Raya. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 665–674. https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.21519
Kemdikbud. (2023). Assesmen Nasional Berbasis Komputer. In https://anbk.kemdikbud.go.id.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491–506.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://doi.org/ 10.54832/jupe2.v1i2.169
Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
Nari, N., Khaidir, C., Arif, Y., Gistituati, N., Rusdinal, R., & Intes, A. (2023). The Strategy of the School Principle in the Implementation of the Independent Curriculum. Lingeduca: Journal of Language and Education Studies, 2(2), 174–186. https://doi.org/10.55849/lingeduca.v2i2.310
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. 5(4), 17308–17313. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4139
OECD. (2019). 3. PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 73–95.
OECD. (2023). Is Education Losing the Race with Technology?
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024. (n.d.). Retrieved May 21, 2025, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai Sebuah Pilihan bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
Sulistyowati, Mahmudah, I., Rahmad, Rizal, S. U., & Wahid, A. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 4(1), 16–21. https://doi.org/ 10.33772/japimas.v4i1.78
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488–503. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
