Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendahuluan: Implementasi Kurikulum Merdeka telah dilakukan hampir di seluruh madrasah, termasuk madrasah swasta seperti MTs Muhammadiyah Lima Kaum. Namun, keterbatasan pelatihan khusus bagi madrasah swasta menyebabkan guru dan pihak madrasah masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan kurikulum tersebut. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pendidik dalam menyusun dan melaksanakan Kurikulum Merdeka secara optimal. Metode: Community-Based Research (CBR) dengan empat tahap, yaitu peletakan dasar, perencanaan, pengumpulan dan analisis data, serta penentuan aksi. Hasil: Sebanyak 16,7% pendidik mampu menyusun modul ajar dengan sangat baik. Sisanya cukup baik namun belum merinci seluruh komponen. Madrasah telah menyusun rancangan proyek semester ganjil 2023/2024. Kesimpulan: Program ini membantu pendidik dan madrasah lebih siap dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yenti, I. N., Afriyani, D., Huda, U., Y, K. R., Herlina, E., Maris, I. M., Nari, N., & Kurnia, L. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Lima Kaum. Jurnal SOLMA, 14(2), 2578–2587. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.19056

Referensi

  1. Abdy, M., & Ikram, F. Z. (2024). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berbasis P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 920–928. https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.783
  2. Fianingrum, F., Novaliyosi., & Nindia, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v5i1.4507
  3. Hanafi, M. (2015). Community Based Research Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1457/
  4. Hikmah, N., Rizal, S. U., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 54–59. https://doi.org/10.32672/btm.v5i1.5672
  5. Indrayani, I., Hambali, A., Jusran, J., Putra, R. P., & Rahmah, N. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1597–1604. https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/1157
  6. Jasiah, Sulistyowati, Syabrina, M., Rahmad, & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Hasanka Boarding School Palangka Raya. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 665–674. https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.21519
  7. Kemdikbud. (2023). Assesmen Nasional Berbasis Komputer. In https://anbk.kemdikbud.go.id.
  8. Kurniawan, M. R. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491–506.
  9. Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://doi.org/ 10.54832/jupe2.v1i2.169
  10. Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600
  11. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.
  12. Nari, N., Khaidir, C., Arif, Y., Gistituati, N., Rusdinal, R., & Intes, A. (2023). The Strategy of the School Principle in the Implementation of the Independent Curriculum. Lingeduca: Journal of Language and Education Studies, 2(2), 174–186. https://doi.org/10.55849/lingeduca.v2i2.310
  13. Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. 5(4), 17308–17313. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4139
  14. OECD. (2019). 3. PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 73–95.
  15. OECD. (2023). Is Education Losing the Race with Technology?
  16. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024. (n.d.). Retrieved May 21, 2025, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
  17. Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435
  18. Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835
  19. Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
  20. Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai Sebuah Pilihan bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
  21. Sulistyowati, Mahmudah, I., Rahmad, Rizal, S. U., & Wahid, A. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) di MTs Ar Raudhah Kereng Pangi Kabupaten Katingan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 4(1), 16–21. https://doi.org/ 10.33772/japimas.v4i1.78
  22. Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488–503. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769