Main Article Content
Abstract
Background: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMKN 12 Malang dalam menyusun CV dan surat lamaran pekerjaan Internasional, serta pengalaman simulasi wawancara kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris. Peserta dalam pelatihan ini adalah peserta didik yang duduk di bangku kelas 11 dan 12. Memilih kelas 11 karena tema yang diajukan merupakan pengembngan teori yang ada di kelas sedangkan kelas 12 untuk persiapan mereka lulus dari SMKN 12 Malang. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan, diskusi dan praktik langsung. Ada beberapa tahap yang dilakukan, pertama adalah tahap observasi kebutuhan yaitu dilakukan wawancara singkat kepada guru terkait kebutuhan yang diinginkan peserta didik. Kedua, tahap pelaksanaan pelatihan yang diadakan selama tiga pertemuan dengan kegiatan menyusun CV, surat lamaran dan simulasi wawancara berstandar internasional. Hasil: Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki pengetahuan yang meningkat terkait pembuatan CV dan surat lamaran yang berstandar Internasional. Dalam simulasi wawancara, peserta didik merasa perlu latihan dengan giat agar sesuai dengan standar yang diberikan HRD saat wawancara penerimaan kerja. Mereka merasa kurang dalam penguasaan bahasa dan bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan HRD. Kesimpulan: Peserta menjadi lebih siap untuk mencari pekerjaan dengan bekal kemampuan menyusun CV dan surat lamaran yang baik serta pengetahuan yang sangat baik terkait pertanyaan-pertanyaan yang sering dalam wawancara.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Badan Pusat Statistik. (2021). Unemployment Rate by Education Level 2019-2021. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/unemployment-rate-by-education-level.html
- Baso, R. S. (2014). Exploring Indonesian graduates’ English language skills and companies’ English language skills requirements in East Kalimantan, Indonesia. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(6), 44–56. https://doi.org/10.9790/0837-19664456
- Budi, A. S., Zuhro, C., Susanti, N., & Miqawati, A. H. (2023). Pelatihan Melamar Pekerjaan dengan menggunakan Bahasa Inggris bagi Siswa SMK Trunojoyo Jember. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 8–15. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.386.
- Damanik, S. (2021, April). The talent crunch hits Indonesia. https://focus.kornferry.com/leadership-and-talent/the-talent-crunch-hits-indonesia/
- Fadhil, M. R. (2023). Pelatihan Intensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Pada Taruna Pendidikan Kelautan Dan Pelayaran Dalam Bentuk Wawancara. Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.33592/ap.v3i1.3369
- Kent, M. (2021). How assessments build skill-sets for future employability: The graduates journey.
- Nambiar, D., Karki, S., Rahardiani, D., Putri, M., & Singh, K. (2019). Study on skills for the future in Indonesia (Rep. Oxford Policy Management Limited.
- Pratiwi, N., & Murtini, M. (2024). Peningkatan Kecakapan Berbahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat Abdimas STIBSA, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.54131/abdimas-stibsa.v1i1.203
- Putra, S. A. (2021, April). Mismatch Pendidikan Vokasi Dan Dunia Industri (MOECRT). https://kptk.or.id/artikel/2021/04/13/1138-mismatch-pendidikan-vokasi-dan-dunia-industri.html#
- Ratnaningsih, P. W. (2021). Pelatihan wawancara kerja dalam bahasa inggris bagi siswa-siswi kelas XI SMK Dharma Bakti 4 Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i2.37298
- Rokhmah, L. (2023). Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Dengan Teknik Meditasi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMKN 12 Malang [Education]. SmechaPost: Pawarta Satra Pamulya. https://smkn12malang.sch.id/kti/mengurangi-kecemasan-menghadapi-ujian-dengan-teknik-meditasi-pada-siswa-kelas-xii-akuntansi-1-smkn-12-malang/
- Sihaloho, J. (2023). Peran Penting Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Proses Rekrutmen Karyawan (Sebuah Penelitan Dengan Menggunakan Metode Pendekatan Kualitatif) [Unpublished Thesis]. STIE Bank BPD Jateng.
- Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi: Persepsi Pebisnis dan Karyawan. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 129–135. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2608
- Wahyuningsih, R., Kusuma, H. A., & Lisyanti, H. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Non Bahasa Inggris Terhadap Kebutuhan Bahasa Inggris Di Dunia Kerja. Literasi; Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(2).
- Wigati, F. A., Sari, R. P., & Santosa, M. P. (2020). Industrial Needs on English Skills of New Employees: A Survey. Journal of English Language Teaching in Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.22460/eltin.v8i1.p42-54
References
Badan Pusat Statistik. (2021). Unemployment Rate by Education Level 2019-2021. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/unemployment-rate-by-education-level.html
Baso, R. S. (2014). Exploring Indonesian graduates’ English language skills and companies’ English language skills requirements in East Kalimantan, Indonesia. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(6), 44–56. https://doi.org/10.9790/0837-19664456
Budi, A. S., Zuhro, C., Susanti, N., & Miqawati, A. H. (2023). Pelatihan Melamar Pekerjaan dengan menggunakan Bahasa Inggris bagi Siswa SMK Trunojoyo Jember. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 8–15. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.386.
Damanik, S. (2021, April). The talent crunch hits Indonesia. https://focus.kornferry.com/leadership-and-talent/the-talent-crunch-hits-indonesia/
Fadhil, M. R. (2023). Pelatihan Intensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Pada Taruna Pendidikan Kelautan Dan Pelayaran Dalam Bentuk Wawancara. Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.33592/ap.v3i1.3369
Kent, M. (2021). How assessments build skill-sets for future employability: The graduates journey.
Nambiar, D., Karki, S., Rahardiani, D., Putri, M., & Singh, K. (2019). Study on skills for the future in Indonesia (Rep. Oxford Policy Management Limited.
Pratiwi, N., & Murtini, M. (2024). Peningkatan Kecakapan Berbahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat Abdimas STIBSA, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.54131/abdimas-stibsa.v1i1.203
Putra, S. A. (2021, April). Mismatch Pendidikan Vokasi Dan Dunia Industri (MOECRT). https://kptk.or.id/artikel/2021/04/13/1138-mismatch-pendidikan-vokasi-dan-dunia-industri.html#
Ratnaningsih, P. W. (2021). Pelatihan wawancara kerja dalam bahasa inggris bagi siswa-siswi kelas XI SMK Dharma Bakti 4 Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i2.37298
Rokhmah, L. (2023). Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Dengan Teknik Meditasi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMKN 12 Malang [Education]. SmechaPost: Pawarta Satra Pamulya. https://smkn12malang.sch.id/kti/mengurangi-kecemasan-menghadapi-ujian-dengan-teknik-meditasi-pada-siswa-kelas-xii-akuntansi-1-smkn-12-malang/
Sihaloho, J. (2023). Peran Penting Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Proses Rekrutmen Karyawan (Sebuah Penelitan Dengan Menggunakan Metode Pendekatan Kualitatif) [Unpublished Thesis]. STIE Bank BPD Jateng.
Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi: Persepsi Pebisnis dan Karyawan. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 129–135. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2608
Wahyuningsih, R., Kusuma, H. A., & Lisyanti, H. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Non Bahasa Inggris Terhadap Kebutuhan Bahasa Inggris Di Dunia Kerja. Literasi; Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(2).
Wigati, F. A., Sari, R. P., & Santosa, M. P. (2020). Industrial Needs on English Skills of New Employees: A Survey. Journal of English Language Teaching in Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.22460/eltin.v8i1.p42-54
