Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pemberdayaan masyarakat merupakan strategi penting untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan komunitas, terutama di pedesaan. Desa Sranak, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, memiliki potensi dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam produksi dan pemasaran produk UMKM berbasis digital. Metode: Kegiatan ini berfokus pada pelatihan pemasaran digital dan penerapannya dalam penggunaan Whatsapp Business. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan sekitar 90% tentang Whatsapp Business dan 81% sudah mempraktikannya. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat karena Masyarakat dapat melakukan pemasaran digital untuk mengembangkan produk UMKM mereka.

Keywords

Pemasaran Digital UMKM Whatsapp Business

Article Details

How to Cite
Rohmah, R., Vikri, M. J., Alawi, Z., Nugraha, K. W., Aralia, S. K., & Bassalam, A. N. U. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sranak Melalui Produksi dan Pemasaran Produk UMKM Berbasis Digital . Jurnal SOLMA, 14(2), 2466–2471. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18974

References

  1. Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan aplikasi WhatsApp bisnis dalam strategi pemasaran online untuk meningkatkan jumlah penjualan. EKSYAR: Ekonomi Syari’ah dan Bisnis Islam (e-Journal), 8(2), 246–270.
  2. Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66.
  3. Cahyani, D., Firmansyah, D. D., Oktaviani, D., Sesilia, D. A., & Pratama, R. H. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital dan Keterampilan Kreatif bagi UMKM Toko Buket bunga untuk Meningkatkan Kualitas dan Penjualan. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 709–714.
  4. Diandra, D., & Paidi, W. S. (2022). Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Pemasaran: State of The Art. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 1–11.
  5. Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75.
  6. Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73.
  7. Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 20–32.
  8. Margareta, S., & Rochmaniah, A. (2024). Pendampingan penggunaan fitur whatsapp business sebagai pendukung promosi penjualan UMKM di kabupaten Sidoarjo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 253–261.
  9. Mulyono, S., Hendrasto, F., Aprilia, M. E., Putra, O. S., Safitri, B. R. N., & Angga, K. O. (2025). Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM Alas Kaki Melalui Digital Marketing dan Tatakelola Keuangan. Jurnal SOLMA, 14(1), 143–153.
  10. Nugroho, W. F., Yuliana, L., Alfian, R., & Perkasa, D. H. (2024). Langkah Unggul Ke Arah Digital: Studi Kasus Kantin Kalibata Sebagai Pelatihan UMKM di Era Digital. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(3), 146–154.
  11. PM, S. M., & Burhan, U. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://www.usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/view/156
  12. Septinawati, P., Ekawati, T. O., Kusuma, Y. S., Laurenshia, D. V., & Astungkara, A. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Pada UMKM Di Desa Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(3), 312–321.
  13. Sudirjo, F., Suryani, N. K., Wendikasari, L. A. C. S., & Asari, A. (2024). Konsep E-business. PT Mafy Media Literasi Indonesia. https://repository.um.ac.id/5529/
  14. Syarif, S., Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) makanan dengan pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(1), 54–66.
  15. Watulandi, M., & Gunawan, W. H. (2025). Strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja UMKM melalui digitalisasi Desa Sukaimut Kabupaten Kuningan. Abdimas Siliwangi, 8(1), 152–161.
  16. Wicaksono, G. B. R., Arga, F. H. K., Sadewa, A. B., & Susanto, E. (2023). Strategi Digital Marketing Menggunakan Whatsapp Business Pada Warung Makan Menwari. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(2), 565–570.