Main Article Content
Abstract
Background: Perempuan Baduy menambah penghasilannya dengan cara berjualan tenun kepada wisatawan yang datang ke desanya. Penjualan dilakukan di teras rumah mereka. Tidak semua perempuan Baduy memiliki rumah yang lokasinya strategis untuk berjualan. Untuk mengatasi masalah ini, mereka mempromosikan produknya melalui media sosial, seperti WhatsApp, Instagra, Facebook. Sayang sekali usaha ini belum memberikan hasil yang memuaskan. Penjualan produk belum meningkat dengan signifikan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu perempuan Baduy untuk mempromosikan produknya melalui media sosial. Mitra pengabdian ini adalah 4 orang perempuan Baduy yang memasarkan produk tenunnya melalui media social. Metode: Metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR). Dilakukan dengan cara mengajak mitra ikut mengatasi masalah mereka sendiri. Brainstorming dilakukan untuk menggali nilai-nilai yang mereka anut, untuk merancang logo dan merek produk mereka. Pelatihan memotret dilakukan agar foto produk mereka memenuhi syarat untuk diunggah di media sosial. Pelatihan unggah produk sebagai bahan promosi di media social. Hasil: Pelatihan unggah media social lebih sulit, karena keterbatasan di kampung Kaduketug yang tidak memiliki listrik. Selain itu koneksi internet sering tidak stabil. Kondisi ini membuat pelatihan harus dilakukan berulang-ulang, tetapi setelah pelatihan usai, pemantauan yang pengabdi lakukan terhadap media social mereka, memberikan hasil yang sangat baik. Kesimpulan: Pelatihan pemotretan produk telah meningkatkan kemampuan mitra untuk memotret produk Hasil potret yang mereka lakukan sudah cukup baik. Mereka sudah mampu untuk memadu padankan warna-warna kain tenun, sehingga terlihat menarik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arriagada, A., & Ibáñez, F. (2020). “You Need At Least One Picture Daily, if Not, You’re Dead”: Content Creators and Platform Evolution in the Social media Ecology. Social media and Society, 6(3). https://doi.org/10.1177/2056305120944624
- Barreda, A. A., Bilgihan, A., Nusair, K., & Okumus, F. (2015). Generating brand awareness in Online Social Networks. Computers in Human Behavior, 50, 600–609. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.023
- Chang, C. (2013). Seeing Is Believing: The Direct and Contingent Influence of Pictures in Health Promotion Advertising. Health Communication, 28(8), 822–834. https://doi.org/10.1080/10410236.2012.726403
- Dedeoğlu, B. B., van Niekerk, M., Küçükergin, K. G., De Martino, M., & Okumuş, F. (2020). Effect of social media sharing on destination brand awareness and destination quality. Journal of Vacation Marketing, 26(1), 33–56. https://doi.org/10.1177/1356766719858644
- Diputra, I. G. A. W., & Yasa, N. N. (2021). the Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(01), 25–34.
- Fajarwati, N. K., Susilawati, E., & Fitrianti, R. (2022). Kain Tenun Baduy: Simbol Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 178–188. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.131
- Halmahera, M., Septiya Purnama, A., Hasyim, F., & Benardi, A. I. (2019). Local Wisdom Pikukuh Sapuluh Suku Baduy Dalam Konservasi Lingkungan Budaya Desa Kanekes. Jurnal Geo Image (Spatial-Ecological-Regional), 8(1), 80–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/geoimage
- Lam, W. F., & Nie, L. (2020). Online or Offline? Nonprofits’ Choice and Use of Social media in Hong Kong. Voluntas, 31(1), 111–128. https://doi.org/10.1007/s11266-019-00128-1
- Moran, G., Muzellec, L., & Johnson, D. (2020). Message content features and social media engagement: evidence from the media industry. Journal of Product and Brand Management, 29(5), 533–545. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2018-2014
- Putri Megantari, A. A., & Setyawan, S. (2020). Kajian Tenun Baduy Di Desa Kanekes Provinsi Banten. Texture:Art and Culture Journal, 2(2), 107–119. https://doi.org/10.33153/texture.v2i2.2783
- Rayna, T., & Striukova, L. (2021). Involving Consumers: The Role of Digital Technologies in Promoting ‘Prosumption’ and User Innovation. Journal of the Knowledge Economy, 12(1), 218–237. https://doi.org/10.1007/s13132-016-0390-8
- Sianturi, H. R. P., Dharta, F. Y., & Simanungkalit, S. F. (2025). Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding Produk Olahan Limbah Cangkang Rajungan pada Anggota PKK ( Istri Nelayan ) di Desa Sukajaya Karawang. 14(1), 1451–1464.
- Singh, S. (2006). Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), 783–789. https://doi.org/10.1108/00251740610673332
- Sohail, M. S., Hasan, M., & Sohail, A. F. (2019). The Impact of Social media Marketing on Brand Trust and Brand Loyalty. International Journal of Online Marketing, 10(1), 15–31. https://doi.org/10.4018/ijom.2020010102
- Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence and Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056
- Waworuntu, E. C., Mandagi, D. W., & Pangemanan, A. S. (2022). ‘I See It, I Want It, I Buy It’: The Role of Social media Marketing in Shaping Brand Image and Gen Z’s Intention to Purchase Local Product. Society, 10(2), 351–369. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.463
References
Arriagada, A., & Ibáñez, F. (2020). “You Need At Least One Picture Daily, if Not, You’re Dead”: Content Creators and Platform Evolution in the Social media Ecology. Social media and Society, 6(3). https://doi.org/10.1177/2056305120944624
Barreda, A. A., Bilgihan, A., Nusair, K., & Okumus, F. (2015). Generating brand awareness in Online Social Networks. Computers in Human Behavior, 50, 600–609. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.023
Chang, C. (2013). Seeing Is Believing: The Direct and Contingent Influence of Pictures in Health Promotion Advertising. Health Communication, 28(8), 822–834. https://doi.org/10.1080/10410236.2012.726403
Dedeoğlu, B. B., van Niekerk, M., Küçükergin, K. G., De Martino, M., & Okumuş, F. (2020). Effect of social media sharing on destination brand awareness and destination quality. Journal of Vacation Marketing, 26(1), 33–56. https://doi.org/10.1177/1356766719858644
Diputra, I. G. A. W., & Yasa, N. N. (2021). the Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(01), 25–34.
Fajarwati, N. K., Susilawati, E., & Fitrianti, R. (2022). Kain Tenun Baduy: Simbol Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 178–188. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.131
Halmahera, M., Septiya Purnama, A., Hasyim, F., & Benardi, A. I. (2019). Local Wisdom Pikukuh Sapuluh Suku Baduy Dalam Konservasi Lingkungan Budaya Desa Kanekes. Jurnal Geo Image (Spatial-Ecological-Regional), 8(1), 80–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/geoimage
Lam, W. F., & Nie, L. (2020). Online or Offline? Nonprofits’ Choice and Use of Social media in Hong Kong. Voluntas, 31(1), 111–128. https://doi.org/10.1007/s11266-019-00128-1
Moran, G., Muzellec, L., & Johnson, D. (2020). Message content features and social media engagement: evidence from the media industry. Journal of Product and Brand Management, 29(5), 533–545. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2018-2014
Putri Megantari, A. A., & Setyawan, S. (2020). Kajian Tenun Baduy Di Desa Kanekes Provinsi Banten. Texture:Art and Culture Journal, 2(2), 107–119. https://doi.org/10.33153/texture.v2i2.2783
Rayna, T., & Striukova, L. (2021). Involving Consumers: The Role of Digital Technologies in Promoting ‘Prosumption’ and User Innovation. Journal of the Knowledge Economy, 12(1), 218–237. https://doi.org/10.1007/s13132-016-0390-8
Sianturi, H. R. P., Dharta, F. Y., & Simanungkalit, S. F. (2025). Meningkatkan Komunikasi Pemasaran Digital dan Strategi Branding Produk Olahan Limbah Cangkang Rajungan pada Anggota PKK ( Istri Nelayan ) di Desa Sukajaya Karawang. 14(1), 1451–1464.
Singh, S. (2006). Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), 783–789. https://doi.org/10.1108/00251740610673332
Sohail, M. S., Hasan, M., & Sohail, A. F. (2019). The Impact of Social media Marketing on Brand Trust and Brand Loyalty. International Journal of Online Marketing, 10(1), 15–31. https://doi.org/10.4018/ijom.2020010102
Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence and Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056
Waworuntu, E. C., Mandagi, D. W., & Pangemanan, A. S. (2022). ‘I See It, I Want It, I Buy It’: The Role of Social media Marketing in Shaping Brand Image and Gen Z’s Intention to Purchase Local Product. Society, 10(2), 351–369. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.463
