Main Article Content
Abstract
Background: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah melahirkan bentuk komunikasi baru antara manusia dan mesin, yaitu Human-Machine Communication (HMC). Meskipun mahasiswa sebagai digital native aktif menggunakan teknologi AI, mereka masih minim pemahaman kritis terhadap aspek etika, teknis, dan sosial dalam komunikasi dengan mesin. Metode: Kegiatan pengabdian ini menerapkan pendekatan edukatif-kolaboratif dalam tiga tahap: identifikasi kebutuhan mitra, kajian literatur, dan validasi konsep oleh pakar lintas disiplin. Hasil: Kegiatan ini menghasilkan standar kompetensi dasar HMC yang mencakup empat domain utama—kognitif, teknis, afektif-etik, dan sosial-humanistik—dengan indikator capaian terukur dari level dasar hingga lanjutan. Standar ini bermanfaat untuk membekali mahasiswa dengan literasi HMC yang adaptif, kritis, dan etis, serta dapat dijadikan acuan dalam kurikulum komunikasi digital di perguruan tinggi. Kesimpulan: Penyusunan standar ini merupakan kontribusi nyata dalam mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi tantangan komunikasi berbasis AI, sekaligus memperkuat pendidikan karakter dan literasi digital di lingkungan akademik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.
- Awalina, E. F. L., & Rahayu, W. I. (2023). Optimalisasi strategi pemasaran dengan segmentasi pelanggan menggunakan penerapan K-Means Clustering. Jurnal Teknologi dan Informasi, 13(2), 122–137. https://doi.org/10.34010/jati.v13i2.10090
- Berliana, J. I., Cahya, R., Winantoro, & Damariswara, R. (2024). Analisis penggunaan AI dalam mengerjakan tugas pada mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 9724–9731.
- Cahyani, I. P., & Widianingsih, Y. (2020). Digital storytelling dan social listening. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 39. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.9292
- Dewi, L. P., Mantu, P. I., Saktisyahputra, & Andamisari, D. (2024). Implementasi teknologi AI dalam cyber public relations. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16101–16106.
- Dita, O. P., Antara, R. M., & Winarno, A. (2024). Tanggung jawab etis penggunaan AI di dunia pendidikan: Formulasi paradigma baru untuk teknologi otonom. Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi, 1(4), 58–83. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.388
- Fadillah, M., Nurbalqia, A., & Agustina, L. (2022). Pengaruh konten digital terhadap generasi Z. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 01–11. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.29
- Gandasari, F., Koeswinda, A. S., Putri, A. K., Kumala, D. A. P., & Muftihah, N. (2024). Etika pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam penyusunan tugas mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5572–5578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7036
- Hadinata, W., & Stianingsih, L. (2024). Implementasi natural language processing pada chatbot untuk helpdesk informasi wisata (Studi kasus: Tangerang Raya). Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, (43).
- Kurniawan, Y., & Pudjiarti, E. S. (2024). Mengurangi jejak sejarah revolusi industri 4.0: Dari konsep hingga realisasi. Transformasi: Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 178–192. https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i1.1663
- M. R., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & M. R. (2024). Implementasi transformasi digital dan kecerdasan buatan sebagai inovasi untuk UMKM pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 266–273. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1552
- Perdana, R. P., & Irwansyah, I. (2019). Implementasi asisten virtual dalam komunikasi pelayanan pelanggan (Studi kasus pada layanan pelanggan Telkomsel). Jurnal Komunikasi, 11(2), 183. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5491
- Pramana, P., Utari, P., Rochimah, H. A. I. N., Setianingrum, V. M., Purwati, E., & Aziz, R. A. (2024). Mitigasi pelanggaran etik: Lokakarya penguatan kaidah ilmiah era Artificial Intelligence di kalangan mahasiswa. CARADDE: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 158–168. https://doi.org/10.31960/caradde.v7i1.2517
- Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, big data, dan otomatisasi terhadap kinerja SDM di era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739
- Ratnasari, Z., Zabeta, M., & Sholeha, F. Z. (2025). Pengaruh Artificial Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Algoritma: Jurnal Matematika dan IPA, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.355
- Ratnawita, R., et al. (2024). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
- Riyadi, B., Rahayu, P. B., & Cangara, H. (2024). Peran Artificial Intelligence dalam transformasi komunikasi interpersonal: Peluang dan tantangan di era digital. Jurnal Komunikasi Digital, 5(4), 938–945.
- Sulistyawati, D. H., Kaunang, R., Sondang, S., & Irwansyah, I. (2024). Manfaat dan potensi masalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam komunikasi publik. Co-Value: Jurnal Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, 14(12). https://doi.org/10.59188/covalue.v14i12.4334
- UNESCO. (2018). Digital Literacy Global Framework. Paris: UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265403
- Utari, P., Pramana, P., & Ramadhani, A. (2024). Beyond human communication: The Artificial Intelligence phenomenon in the perspective of communication theory. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 135–151. https://doi.org/10.14710/interaksi.13.1.135-151
References
Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.
Awalina, E. F. L., & Rahayu, W. I. (2023). Optimalisasi strategi pemasaran dengan segmentasi pelanggan menggunakan penerapan K-Means Clustering. Jurnal Teknologi dan Informasi, 13(2), 122–137. https://doi.org/10.34010/jati.v13i2.10090
Berliana, J. I., Cahya, R., Winantoro, & Damariswara, R. (2024). Analisis penggunaan AI dalam mengerjakan tugas pada mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 9724–9731.
Cahyani, I. P., & Widianingsih, Y. (2020). Digital storytelling dan social listening. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 39. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.9292
Dewi, L. P., Mantu, P. I., Saktisyahputra, & Andamisari, D. (2024). Implementasi teknologi AI dalam cyber public relations. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16101–16106.
Dita, O. P., Antara, R. M., & Winarno, A. (2024). Tanggung jawab etis penggunaan AI di dunia pendidikan: Formulasi paradigma baru untuk teknologi otonom. Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi, 1(4), 58–83. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.388
Fadillah, M., Nurbalqia, A., & Agustina, L. (2022). Pengaruh konten digital terhadap generasi Z. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 01–11. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.29
Gandasari, F., Koeswinda, A. S., Putri, A. K., Kumala, D. A. P., & Muftihah, N. (2024). Etika pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam penyusunan tugas mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5572–5578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7036
Hadinata, W., & Stianingsih, L. (2024). Implementasi natural language processing pada chatbot untuk helpdesk informasi wisata (Studi kasus: Tangerang Raya). Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, (43).
Kurniawan, Y., & Pudjiarti, E. S. (2024). Mengurangi jejak sejarah revolusi industri 4.0: Dari konsep hingga realisasi. Transformasi: Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 178–192. https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i1.1663
M. R., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & M. R. (2024). Implementasi transformasi digital dan kecerdasan buatan sebagai inovasi untuk UMKM pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 266–273. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1552
Perdana, R. P., & Irwansyah, I. (2019). Implementasi asisten virtual dalam komunikasi pelayanan pelanggan (Studi kasus pada layanan pelanggan Telkomsel). Jurnal Komunikasi, 11(2), 183. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5491
Pramana, P., Utari, P., Rochimah, H. A. I. N., Setianingrum, V. M., Purwati, E., & Aziz, R. A. (2024). Mitigasi pelanggaran etik: Lokakarya penguatan kaidah ilmiah era Artificial Intelligence di kalangan mahasiswa. CARADDE: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 158–168. https://doi.org/10.31960/caradde.v7i1.2517
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, big data, dan otomatisasi terhadap kinerja SDM di era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739
Ratnasari, Z., Zabeta, M., & Sholeha, F. Z. (2025). Pengaruh Artificial Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Algoritma: Jurnal Matematika dan IPA, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i1.355
Ratnawita, R., et al. (2024). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Riyadi, B., Rahayu, P. B., & Cangara, H. (2024). Peran Artificial Intelligence dalam transformasi komunikasi interpersonal: Peluang dan tantangan di era digital. Jurnal Komunikasi Digital, 5(4), 938–945.
Sulistyawati, D. H., Kaunang, R., Sondang, S., & Irwansyah, I. (2024). Manfaat dan potensi masalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam komunikasi publik. Co-Value: Jurnal Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, 14(12). https://doi.org/10.59188/covalue.v14i12.4334
UNESCO. (2018). Digital Literacy Global Framework. Paris: UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265403
Utari, P., Pramana, P., & Ramadhani, A. (2024). Beyond human communication: The Artificial Intelligence phenomenon in the perspective of communication theory. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 135–151. https://doi.org/10.14710/interaksi.13.1.135-151
