Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Perencanaan strategis pendidikan merupakan rencana lima tahunan sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam bidang pendidikan. Pembangunan pendidikan pada periode 2016–2021 mengacu pada RPJMD 2016–2021, Rencana Strategis Pendidikan Nasional 2016–2021, serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005–2025. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MI Swasta di OKU Selatan dalam asesmen kompetensi minimum dan penggunaan teknologi pembelajaran. Metode: Participatory Action Research (PAR). Hasil: Guru memahami konsep asesmen kompetensi minimum, menguasai penggunaan aplikasi Wondershare Quiz Creator, dan terbentuknya Kelompok Kerja Guru (KKG) khusus Guru MI Swasta di OKU Selatan. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif berupa peningkatan kompetensi guru dalam asesmen dan teknologi pembelajaran, serta terbentuknya komunitas guru yang berkelanjutan. Tindak lanjut kegiatan dilakukan melalui publikasi dan pemantauan daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Afandi, A. (2020). “Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif.” Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Februari:11.
- Bappeda. (2020). “Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2005-2025.” Bappeda Provinsi Sumatera Selatan (1):1–176.
- Chesa, N. dan Nafi’ah, B. A. (2022). “Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 13(2):67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482
- Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
- Handoko, W. (2018). Blended Learning : Konsep Dan Penerapannya. Padang: LPTK UNAND.
- Jamil, A. F., Khusna, A.H, dan Kholimi, A.S. (2022). “Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum Dalam Pembuatan E-Modul Matematika Pada Polysynchronous Learning.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(1):475–87. doi: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6432
- Kemendikbud. (2023). “Adiksimba Asesmen Nasional.” (3):1–24.
- Kemendikbudristek. (2023). “Laporan PISA Kemendikbudristek.” Pemulihan Pembelajaran Indonesia 1–25.
- Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q. dan Asriyanti, S. (2023). “Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka.” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(3):22–26.
- Meriana, T , and Murniati, E. (2021). “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.
- Nur Silawati, R., Rustamana, A., & Nurhasanah, A. (2024). Pengembangan Wondershare Quiz Creator Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Sejarah (Pada Siswa SMA Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Sobang). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 9(2), 59–68. https://doi.org/10.29407/pn.v9i2.19222
- Nurwahidah, I., Iskandar, S. dan Mulyati, T. (2023). “Program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(3):1281–89. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6111
- Pengelola Web Direktorat SMP. (2023). Memahami Asemen Nasional Lewat Buku Saku Asesmen Nasional.
- Rahmat, A. dan Mirnawati, M.. (2020). “AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 06(01):62–71.
- Shofiyah, N. dan Sartika, S.B. (2018). Buku Ajar Asesmen Pembelajaran. Vol. 5. Sidoarjo Jawa Timur: UMSIDA PRESS.
- Soedarwo, Darvina, V. S., Fuadiputra, I. R., Bustami, M.R., dan Jha, G. K.. (2022). “Participatory Action Research (PAR) Model for Developing A Tourism Village in Indonesia.” Journal of Local Government Issues 5(2):193–206. https://doi.org/10.22219/logos.v5i2.21279
- Sulistyaningsih, D dan Purnomo, E. A. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning Brbasis Stem. Vol. 11. 1st ed. Semarang: Unimus Press.
- Renstra Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan. (2021). “Renstra Tahun 2016 – 2021 Dinas Pendidikan Kab. OKU Selatan 6.” Renstra OKU Selatan.
References
Afandi, A. (2020). “Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif.” Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Februari:11.
Bappeda. (2020). “Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2005-2025.” Bappeda Provinsi Sumatera Selatan (1):1–176.
Chesa, N. dan Nafi’ah, B. A. (2022). “Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 13(2):67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Handoko, W. (2018). Blended Learning : Konsep Dan Penerapannya. Padang: LPTK UNAND.
Jamil, A. F., Khusna, A.H, dan Kholimi, A.S. (2022). “Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum Dalam Pembuatan E-Modul Matematika Pada Polysynchronous Learning.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(1):475–87. doi: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6432
Kemendikbud. (2023). “Adiksimba Asesmen Nasional.” (3):1–24.
Kemendikbudristek. (2023). “Laporan PISA Kemendikbudristek.” Pemulihan Pembelajaran Indonesia 1–25.
Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q. dan Asriyanti, S. (2023). “Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka.” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(3):22–26.
Meriana, T , and Murniati, E. (2021). “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.
Nur Silawati, R., Rustamana, A., & Nurhasanah, A. (2024). Pengembangan Wondershare Quiz Creator Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Sejarah (Pada Siswa SMA Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Sobang). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 9(2), 59–68. https://doi.org/10.29407/pn.v9i2.19222
Nurwahidah, I., Iskandar, S. dan Mulyati, T. (2023). “Program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(3):1281–89. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6111
Pengelola Web Direktorat SMP. (2023). Memahami Asemen Nasional Lewat Buku Saku Asesmen Nasional.
Rahmat, A. dan Mirnawati, M.. (2020). “AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 06(01):62–71.
Shofiyah, N. dan Sartika, S.B. (2018). Buku Ajar Asesmen Pembelajaran. Vol. 5. Sidoarjo Jawa Timur: UMSIDA PRESS.
Soedarwo, Darvina, V. S., Fuadiputra, I. R., Bustami, M.R., dan Jha, G. K.. (2022). “Participatory Action Research (PAR) Model for Developing A Tourism Village in Indonesia.” Journal of Local Government Issues 5(2):193–206. https://doi.org/10.22219/logos.v5i2.21279
Sulistyaningsih, D dan Purnomo, E. A. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning Brbasis Stem. Vol. 11. 1st ed. Semarang: Unimus Press.
Renstra Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan. (2021). “Renstra Tahun 2016 – 2021 Dinas Pendidikan Kab. OKU Selatan 6.” Renstra OKU Selatan.
