Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: STEM bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memberikan keunggulan dalam pengetahuan maupun keterampilan siswa. Salah satu tema yang dapat berkaitan dengan STEM adalah permasalahan pengolahan sampah menjadi suatu produk yang bernilai tambah. Ecobrick merupakan salah satu teknologi dalam pengolahan limbah plastik. Teknologi ini dapat diberikan melalui pemberdayaan siswa. Studi ini bertujuan untuk melakukan pendampingan permasalahan pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan minat bidang STEM di SMK Tengku Afzan Kuantan, Malaysia. Metode: Sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan sebesar 82%dan ketrampilan siswa dalam pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick sebesar 42%. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat karena dapat memberikan pengetahuan tentang nilai tambah produk, dari yang tidak bernilai menjadi bernilai.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arifin, A. H., Sudarmo, A., Andriyansah, A., Safitri, J., Geraldina, I., & Kardini, N. L. (2024). Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak di Yayasan Sevilla Madani. Jurnal SOLMA, 13(3), 1780–1789. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16704
- Arumugam, P., Talib, C. A., Aliyu, F., & Ali, M. (2021). Formative Assessment as a Tool for Enhancing STEM Learning among Chemistry Students.
- Daa-Taa. (2024, October 11). Sekolah Menengah Kebangsaan Tengku Afzan. https://myschool.daa-taa.com/school/sekolah-menengah-kebangsaan-tengku-afzan-2740
- Djafri, N. D., Pauweni, A. A. J., & Badu, S. Q. (2021). Strategi manajemen kepemimpinan kepala desa melalui pendampingan berkelanjutan peran SDGs desa dalam peningkatan pemberdayaan tipologi desa di kawasan pesisir. Jurnal Solma, 10(3).
- Elvira, V. F., Chaerunnisa, A. R., Badrah, S., Adrianto, R., Sari, I. W., Dzikri, A., & Fahmi, R. N. (2024). Pelatihan Ecobrick Sebagai Solusi Pemanfaatam Sampah Plastik Dalam Rangka Pembinaan Kampung SALAI (SAMPAH BERNILAI). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1038–1048.
- Hutajulu, H., Runtunuwu, P. C. H., Judijanto, L., Ilma, A. F. N., Ermanda, A. P., Fitriyana, F., Mudjiyanti, R., Maichal, M., Boari, Y., & Laksono, R. D. (2024). Sustainable Economic Development: Teori dan Landasan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Multi Sektor di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Jamaludin, J. (2020). Development of STEM Teaching Module for Rural Primary Schools in Sabah: Need Analysis with Justification and Key Features. Learning Science and Mathematics, 15(December), 30-to.
- Linarti, U., Septiyani, R., & Kumalasari, I. D. (2024). Sharing Pengetahuan Pengolahan Bahan Pangan Dan Pengolahan Sampah Bekerjasama Dengan Universiti Teknikal Melaka Malaysia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 3, 370–375.
- Mappasere, F. A., Haerana, H., & Khumaera, I. (2024). Edukasi Partisipatif Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Kader’Aisyiyah sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Pesisir. Jurnal SOLMA, 13(2), 820–831.
- Miharja, F. J., Mirza Nuryady, M., Febiola, A., Putri, A., & Agustina, J. A. (2024). J U R N A L S O L M A Pendampingan Guru dalam Merancang Pembelajaran Inovatif Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Kegiatan Praktikum STEM. Raya Tlogomas, 13(3), 65144. https://doi.org/10.2236/solma.v13i3.15885
- Milasari, D., & Nugraheni, N. (2024). Integrasi pendidikan konservasi dan teknologi untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas dalam pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 119–125.
- Nurdin, N. (2023). Pengabdian kepada masyarakat: Dalam konsep dan implementasi. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 1–15.
- Putri, N. A., Maulana, I. B., Irsila, B., Rahmawati, D. N., Asenda, P. H., Zulfiqar, A., Nanda, M. R., Wahab, M. A., & Akmal, N. (2024). Ecobrick: Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Kursi di Lingkungan Damai Bahagia. Jurnal SOLMA, 13(2), 1297–1307.
- Ramadina, A. A., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kecamatan Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(Vol. 11 No. 3 (2023)).
- Salsabilah, F., Putri, N. A.-Z. P., Sutisna, N. N., & Esterilita, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Solusi Cerdas dan Kreatif Dalam Mengurangi Sampah Non Organik di MTS Al Barokah Desa Cijagang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 354–369.
- Trisnawati, A., Wahyuningsih, S., Pratama, N. R., & Wahid, S. N. (2022). Pelatihan Ecobrick Sebagai Solusi Kreatif Pengolahan Sampah Plastik Di Lingkungan Kampus Universitas PGRI Madiun. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 99–107.
- Yuliawati, Y., Setiawan, A. W., Sutrisno, A. J., Widyawati, N., Prihtanti, T. M., & Pudjihartati, E. (2024). Program Adiwiyata “School Garden for Better Future” Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal SOLMA, 13(2), 997–1006.
References
Arifin, A. H., Sudarmo, A., Andriyansah, A., Safitri, J., Geraldina, I., & Kardini, N. L. (2024). Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak di Yayasan Sevilla Madani. Jurnal SOLMA, 13(3), 1780–1789. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16704
Arumugam, P., Talib, C. A., Aliyu, F., & Ali, M. (2021). Formative Assessment as a Tool for Enhancing STEM Learning among Chemistry Students.
Daa-Taa. (2024, October 11). Sekolah Menengah Kebangsaan Tengku Afzan. https://myschool.daa-taa.com/school/sekolah-menengah-kebangsaan-tengku-afzan-2740
Djafri, N. D., Pauweni, A. A. J., & Badu, S. Q. (2021). Strategi manajemen kepemimpinan kepala desa melalui pendampingan berkelanjutan peran SDGs desa dalam peningkatan pemberdayaan tipologi desa di kawasan pesisir. Jurnal Solma, 10(3).
Elvira, V. F., Chaerunnisa, A. R., Badrah, S., Adrianto, R., Sari, I. W., Dzikri, A., & Fahmi, R. N. (2024). Pelatihan Ecobrick Sebagai Solusi Pemanfaatam Sampah Plastik Dalam Rangka Pembinaan Kampung SALAI (SAMPAH BERNILAI). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1038–1048.
Hutajulu, H., Runtunuwu, P. C. H., Judijanto, L., Ilma, A. F. N., Ermanda, A. P., Fitriyana, F., Mudjiyanti, R., Maichal, M., Boari, Y., & Laksono, R. D. (2024). Sustainable Economic Development: Teori dan Landasan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Multi Sektor di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jamaludin, J. (2020). Development of STEM Teaching Module for Rural Primary Schools in Sabah: Need Analysis with Justification and Key Features. Learning Science and Mathematics, 15(December), 30-to.
Linarti, U., Septiyani, R., & Kumalasari, I. D. (2024). Sharing Pengetahuan Pengolahan Bahan Pangan Dan Pengolahan Sampah Bekerjasama Dengan Universiti Teknikal Melaka Malaysia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 3, 370–375.
Mappasere, F. A., Haerana, H., & Khumaera, I. (2024). Edukasi Partisipatif Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Kader’Aisyiyah sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Pesisir. Jurnal SOLMA, 13(2), 820–831.
Miharja, F. J., Mirza Nuryady, M., Febiola, A., Putri, A., & Agustina, J. A. (2024). J U R N A L S O L M A Pendampingan Guru dalam Merancang Pembelajaran Inovatif Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Kegiatan Praktikum STEM. Raya Tlogomas, 13(3), 65144. https://doi.org/10.2236/solma.v13i3.15885
Milasari, D., & Nugraheni, N. (2024). Integrasi pendidikan konservasi dan teknologi untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas dalam pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 119–125.
Nurdin, N. (2023). Pengabdian kepada masyarakat: Dalam konsep dan implementasi. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 1–15.
Putri, N. A., Maulana, I. B., Irsila, B., Rahmawati, D. N., Asenda, P. H., Zulfiqar, A., Nanda, M. R., Wahab, M. A., & Akmal, N. (2024). Ecobrick: Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Kursi di Lingkungan Damai Bahagia. Jurnal SOLMA, 13(2), 1297–1307.
Ramadina, A. A., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kecamatan Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(Vol. 11 No. 3 (2023)).
Salsabilah, F., Putri, N. A.-Z. P., Sutisna, N. N., & Esterilita, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Solusi Cerdas dan Kreatif Dalam Mengurangi Sampah Non Organik di MTS Al Barokah Desa Cijagang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 354–369.
Trisnawati, A., Wahyuningsih, S., Pratama, N. R., & Wahid, S. N. (2022). Pelatihan Ecobrick Sebagai Solusi Kreatif Pengolahan Sampah Plastik Di Lingkungan Kampus Universitas PGRI Madiun. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 99–107.
Yuliawati, Y., Setiawan, A. W., Sutrisno, A. J., Widyawati, N., Prihtanti, T. M., & Pudjihartati, E. (2024). Program Adiwiyata “School Garden for Better Future” Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal SOLMA, 13(2), 997–1006.
