Main Article Content

Abstract

Background: Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Panbers mengalami kesulitan dalam meningkatkan volume penjualan produk olahan hasil perikanannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan solusi, pemahaman, serta kemampuan praktis dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid berbasis web untuk meningkatkan volume penjualan UKM. Metode: Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah CBPR (Community Based Participatory Research), sebagai bentuk kegiatan pengabdian berbasis penelitian yang mendorong komunitas berpatisipasi aktif dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra secara signifikan dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid untuk pemasaran produk, yang mana sebelum pelatihan data menunjukkan bahwa semua anggota UKM belum mampu menggunakan aplikasi Ecwid berbasis web. Namun setelah kegiatan pengabdian, terjadi peningkatan level pengetahuan dan keterampilan UKM Panbers yang dibuktikan dengan hasil evaluasi, dimana 100% anggota kelompok mampu menggunakan aplikasi Ecwid berbasis web. Kesimpulan: Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Kupang di UKM Panbers telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid untuk memasarkan produk olahan hasil perikanan.

Keywords

E-commerce Ecwid App Fishery procuts Processed products SMEs Aplikasi Ecwid E-commerce Hasil perikanan Produk olahan UKM

Article Details

How to Cite
Tanody, A. S., Bulan, M. T., & Mendrofa, S. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Ecwid dalam Pengembangan Bisnis Produk Olahan Perikanan melalui E-commerce Berbasis Web. Jurnal SOLMA, 14(2), 2060–2068. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18635

References

  1. Bhandari, R. (2022). The Role of Community Participation in Research-Based Service Projects. International Journal of Educational Research, 112, 101-110.
  2. Bulan, M. T., & Sukesi. (2020). Analysis of the Effect of Service Quality, Price, and Perceptions of Risk Online Shopping Against Purchase Interest In E-commerce Customers PT. Matahari Department Store Tbk Kupang Branch. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 45–64, DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v4i1.2657.
  3. Cowling, M., Liu, W., & Zhang, N. (2020). In the Post-Crisis World, Did Debt and Equity Markets Respond Differently to High-Tech Industries and Innovative Firms?. International Small Business Journal Researching Entrepreneurship, 39(7), DOI: 10.1177/0266242620947281.
  4. Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2021). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. 4th ed. Boston, MA: Pearson.
  5. Haryati, R. S., Husain, R., Fadly, F., & Ma’rifah, D. R. (2025). Pengembangan Startegi Marketing Pusat Green Teraphy Indonesia Timur. Jurnal SOLMA, 14(1): 1098–1108.
  6. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2021). Laporan Perkembangan E-commerce di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perdagangan.
  7. Kumar, R., & Singh, A. (2021). The Impact of E-commerce on Economic Development and Education: A Review. Journal of Business Research, 124, 123–130. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.045
  8. Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran UMKM Imago RAW Honey. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(4), 521–533.
  9. Meilya, P. M. S., Silviana., Fiqia., & Burhan, U. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional dan Pariwisata, 248–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156.
  10. Paranoan, N., Askikarno, C., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar. Accounting Profession Journal (APAJI), 4(1), 61–77.
  11. Patton, M. Q. (2020). Utilization-Focused Evaluation. 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  12. Rahayu, L., & Huda, I. Al. (2023). E-commerce sebagai Media untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemik Covid 19 di Kalimantan Selatan. Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 10(1), 150–175.
  13. Ranjan, A., & Read, S. (2021). Community Engagement through Research-Based Service Learning: A Framework for Action. Journal of Community Engagement and Scholarship, 14(1), 45–58.
  14. Scriven, M. (2021). Evaluation Thesaurus. 5th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  15. Shalihah, B. S., Imtihani, O. M. L., Wulandari, T., Hidaya, R., & Prayoga, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa di Lampung). Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi E-BISMA, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.37631/ebisma.v3i2.735
  16. Smith, J., & Jones, A. (2021). The Role of Training in Skill Development: A Practical Approach. International Journal of Training and Development, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.1111/1468-2419.12245
  17. Sundari, S., Suryani., Suwarni, P.E, Evadianti, Y., & Suharto. (2022). Pendampingan Nelayan Skip pada Penerapan Metode Budidaya Kerang Hijau yang Tepat di Bumi Waras Bandar Lampung. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1) , 4–10 .
  18. Wang, C., Yi, L., & Zhang, Y. (2021). Community-Based Participatory Research: A Transformative Approach to Addressing Health Disparities. Journal of Community Health, 46(3), 456–465. https://doi.org/10.1007/s10900-021-00945-3
  19. Zulfauzi. (2021). Perancangan Aplikasi E-Catalog Penjualan FIF Group Cabang Lubuklinggau. JUTIM: Jurnal Teknik Informatika Musirawas, 6(1), 61–71.