Main Article Content
Abstract
Background: Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Panbers mengalami kesulitan dalam meningkatkan volume penjualan produk olahan hasil perikanannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan solusi, pemahaman, serta kemampuan praktis dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid berbasis web untuk meningkatkan volume penjualan UKM. Metode: Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah CBPR (Community Based Participatory Research), sebagai bentuk kegiatan pengabdian berbasis penelitian yang mendorong komunitas berpatisipasi aktif dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra secara signifikan dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid untuk pemasaran produk, yang mana sebelum pelatihan data menunjukkan bahwa semua anggota UKM belum mampu menggunakan aplikasi Ecwid berbasis web. Namun setelah kegiatan pengabdian, terjadi peningkatan level pengetahuan dan keterampilan UKM Panbers yang dibuktikan dengan hasil evaluasi, dimana 100% anggota kelompok mampu menggunakan aplikasi Ecwid berbasis web. Kesimpulan: Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Kupang di UKM Panbers telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam mengoperasikan aplikasi Ecwid untuk memasarkan produk olahan hasil perikanan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Bhandari, R. (2022). The Role of Community Participation in Research-Based Service Projects. International Journal of Educational Research, 112, 101-110.
- Bulan, M. T., & Sukesi. (2020). Analysis of the Effect of Service Quality, Price, and Perceptions of Risk Online Shopping Against Purchase Interest In E-commerce Customers PT. Matahari Department Store Tbk Kupang Branch. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 45–64, DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v4i1.2657.
- Cowling, M., Liu, W., & Zhang, N. (2020). In the Post-Crisis World, Did Debt and Equity Markets Respond Differently to High-Tech Industries and Innovative Firms?. International Small Business Journal Researching Entrepreneurship, 39(7), DOI: 10.1177/0266242620947281.
- Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2021). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. 4th ed. Boston, MA: Pearson.
- Haryati, R. S., Husain, R., Fadly, F., & Ma’rifah, D. R. (2025). Pengembangan Startegi Marketing Pusat Green Teraphy Indonesia Timur. Jurnal SOLMA, 14(1): 1098–1108.
- Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2021). Laporan Perkembangan E-commerce di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perdagangan.
- Kumar, R., & Singh, A. (2021). The Impact of E-commerce on Economic Development and Education: A Review. Journal of Business Research, 124, 123–130. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.045
- Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran UMKM Imago RAW Honey. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(4), 521–533.
- Meilya, P. M. S., Silviana., Fiqia., & Burhan, U. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional dan Pariwisata, 248–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156.
- Paranoan, N., Askikarno, C., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar. Accounting Profession Journal (APAJI), 4(1), 61–77.
- Patton, M. Q. (2020). Utilization-Focused Evaluation. 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
- Rahayu, L., & Huda, I. Al. (2023). E-commerce sebagai Media untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemik Covid 19 di Kalimantan Selatan. Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 10(1), 150–175.
- Ranjan, A., & Read, S. (2021). Community Engagement through Research-Based Service Learning: A Framework for Action. Journal of Community Engagement and Scholarship, 14(1), 45–58.
- Scriven, M. (2021). Evaluation Thesaurus. 5th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
- Shalihah, B. S., Imtihani, O. M. L., Wulandari, T., Hidaya, R., & Prayoga, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa di Lampung). Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi E-BISMA, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.37631/ebisma.v3i2.735
- Smith, J., & Jones, A. (2021). The Role of Training in Skill Development: A Practical Approach. International Journal of Training and Development, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.1111/1468-2419.12245
- Sundari, S., Suryani., Suwarni, P.E, Evadianti, Y., & Suharto. (2022). Pendampingan Nelayan Skip pada Penerapan Metode Budidaya Kerang Hijau yang Tepat di Bumi Waras Bandar Lampung. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1) , 4–10 .
- Wang, C., Yi, L., & Zhang, Y. (2021). Community-Based Participatory Research: A Transformative Approach to Addressing Health Disparities. Journal of Community Health, 46(3), 456–465. https://doi.org/10.1007/s10900-021-00945-3
- Zulfauzi. (2021). Perancangan Aplikasi E-Catalog Penjualan FIF Group Cabang Lubuklinggau. JUTIM: Jurnal Teknik Informatika Musirawas, 6(1), 61–71.
References
Bhandari, R. (2022). The Role of Community Participation in Research-Based Service Projects. International Journal of Educational Research, 112, 101-110.
Bulan, M. T., & Sukesi. (2020). Analysis of the Effect of Service Quality, Price, and Perceptions of Risk Online Shopping Against Purchase Interest In E-commerce Customers PT. Matahari Department Store Tbk Kupang Branch. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 45–64, DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v4i1.2657.
Cowling, M., Liu, W., & Zhang, N. (2020). In the Post-Crisis World, Did Debt and Equity Markets Respond Differently to High-Tech Industries and Innovative Firms?. International Small Business Journal Researching Entrepreneurship, 39(7), DOI: 10.1177/0266242620947281.
Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2021). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. 4th ed. Boston, MA: Pearson.
Haryati, R. S., Husain, R., Fadly, F., & Ma’rifah, D. R. (2025). Pengembangan Startegi Marketing Pusat Green Teraphy Indonesia Timur. Jurnal SOLMA, 14(1): 1098–1108.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2021). Laporan Perkembangan E-commerce di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perdagangan.
Kumar, R., & Singh, A. (2021). The Impact of E-commerce on Economic Development and Education: A Review. Journal of Business Research, 124, 123–130. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.045
Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran UMKM Imago RAW Honey. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(4), 521–533.
Meilya, P. M. S., Silviana., Fiqia., & Burhan, U. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional dan Pariwisata, 248–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156.
Paranoan, N., Askikarno, C., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar. Accounting Profession Journal (APAJI), 4(1), 61–77.
Patton, M. Q. (2020). Utilization-Focused Evaluation. 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Rahayu, L., & Huda, I. Al. (2023). E-commerce sebagai Media untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemik Covid 19 di Kalimantan Selatan. Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 10(1), 150–175.
Ranjan, A., & Read, S. (2021). Community Engagement through Research-Based Service Learning: A Framework for Action. Journal of Community Engagement and Scholarship, 14(1), 45–58.
Scriven, M. (2021). Evaluation Thesaurus. 5th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Shalihah, B. S., Imtihani, O. M. L., Wulandari, T., Hidaya, R., & Prayoga, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa di Lampung). Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi E-BISMA, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.37631/ebisma.v3i2.735
Smith, J., & Jones, A. (2021). The Role of Training in Skill Development: A Practical Approach. International Journal of Training and Development, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.1111/1468-2419.12245
Sundari, S., Suryani., Suwarni, P.E, Evadianti, Y., & Suharto. (2022). Pendampingan Nelayan Skip pada Penerapan Metode Budidaya Kerang Hijau yang Tepat di Bumi Waras Bandar Lampung. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1) , 4–10 .
Wang, C., Yi, L., & Zhang, Y. (2021). Community-Based Participatory Research: A Transformative Approach to Addressing Health Disparities. Journal of Community Health, 46(3), 456–465. https://doi.org/10.1007/s10900-021-00945-3
Zulfauzi. (2021). Perancangan Aplikasi E-Catalog Penjualan FIF Group Cabang Lubuklinggau. JUTIM: Jurnal Teknik Informatika Musirawas, 6(1), 61–71.
