Main Article Content
Abstract
Background: Peran orang tua sangat penting dalam pendidikan anak, namun karena berbagai kendala, mereka sering memilih lembaga bimbingan belajar sebagai alternatif. BUMI PC IMM Kudus memiliki usaha bimbingan belajar Djazman yang kurang dikenal karena minim promosi. Diperlukan pemahaman strategi pembelajaran agar lembaga ini dapat mencetak siswa berkualitas. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pengelola bimbingan belajar Djazman terkait motivasi pemasaran, pemanfaatan era digital, dan strategi pembelajaran. Metode: Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta melibatkan 25 kader IMM Kudus. Hasil: Hampir semua peserta memahami materi yang disampaikan. Sebanyak 2 peserta (8%) memperoleh nilai 70–80, 8 peserta (32%) mendapat nilai 80–90, dan 15 peserta (60%) meraih nilai sangat baik antara 90–100. Secara keseluruhan, 92% peserta mencapai predikat baik dan sangat baik, melampaui target awal sebesar 85%. Meskipun ada 2 peserta dengan nilai cukup, pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan upskilling ini berjalan dengan sukses dan peserta sangat antusias dalam mengikuti berbagai tahapan kegiatan, mulai dari sosialisasi, pelatihan, hingga pendampingan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Abshor, D. A. and D. (2023). Bimbingan Belajar Gratis Beroprofil Pancasila. Jurnal Analasis Ilmu Pendidikan, 4(2), 61–64.
- Halawa, S., & Harefa, D. (2024). The Influence Of Contextual Teaching And Learning Based Discovery Learning Models On Abilities Students’ Mathematical Problem Solving. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
- Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
- Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
- Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
- Nuzula, N. F., Junining, E., Purwaningtyas, I., & Hartono, D. (2021). Business model untuk menciptakan strategi business longevity bagi kampung wisata. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 49–64. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3102
- Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72.
- Purwanto. (2021). Recovery Marketing Strategyfor Custombag Producer-Home Industryduring The Covid-19 Pandemic. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research(IJEBAR), 5(2), 1–6.
- Raya, U. N., Waruwu, O., & Warmadewa, U. (2024). Bimbingan Belajar Berkualitas Di Sato Anak Pintar : Membangun Pondasi Pendidikan Internasional Bali. 3(2), 50–62.
- Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.
- Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jptam, 5(2), 3397–3404. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403
- Susanti, L. (2021). Strategi Pembelajaran Online Yang Inspiratif. PT. Gramedia Pustaka Umum.
- Wijaya, A. P., Riniarti, M., Firdaus, I., Kehutanan, J., Lampung, U., Prof, J., Brodjonegoro, S., Gedung, N., Fisika, J., Lampung, U., Prof, J., Brodjonegoro, S., Gedung, N., & Lampung, B. (2024). Kampung Literasi : Peningkatan Kemampuan Masyarakat dalam Mengelola Pojok Baca Saraswati. 13(3), 2176–2190.
- Yuanita, Y. (2024). Potensi wisata edukasi berbasis experiential learning dan pemasarannya di Kampoeng Kids Kota Batu, Jawa Timur untuk menjangkau segmen pasar yang diharapkan. Syntax Idea, 6(2), 527–540. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i2.2967
References
Abshor, D. A. and D. (2023). Bimbingan Belajar Gratis Beroprofil Pancasila. Jurnal Analasis Ilmu Pendidikan, 4(2), 61–64.
Halawa, S., & Harefa, D. (2024). The Influence Of Contextual Teaching And Learning Based Discovery Learning Models On Abilities Students’ Mathematical Problem Solving. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Nuzula, N. F., Junining, E., Purwaningtyas, I., & Hartono, D. (2021). Business model untuk menciptakan strategi business longevity bagi kampung wisata. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 49–64. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3102
Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik. Transformasi Dan Inovasi, 2(1), 60–72.
Purwanto. (2021). Recovery Marketing Strategyfor Custombag Producer-Home Industryduring The Covid-19 Pandemic. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research(IJEBAR), 5(2), 1–6.
Raya, U. N., Waruwu, O., & Warmadewa, U. (2024). Bimbingan Belajar Berkualitas Di Sato Anak Pintar : Membangun Pondasi Pendidikan Internasional Bali. 3(2), 50–62.
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.
Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jptam, 5(2), 3397–3404. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403
Susanti, L. (2021). Strategi Pembelajaran Online Yang Inspiratif. PT. Gramedia Pustaka Umum.
Wijaya, A. P., Riniarti, M., Firdaus, I., Kehutanan, J., Lampung, U., Prof, J., Brodjonegoro, S., Gedung, N., Fisika, J., Lampung, U., Prof, J., Brodjonegoro, S., Gedung, N., & Lampung, B. (2024). Kampung Literasi : Peningkatan Kemampuan Masyarakat dalam Mengelola Pojok Baca Saraswati. 13(3), 2176–2190.
Yuanita, Y. (2024). Potensi wisata edukasi berbasis experiential learning dan pemasarannya di Kampoeng Kids Kota Batu, Jawa Timur untuk menjangkau segmen pasar yang diharapkan. Syntax Idea, 6(2), 527–540. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i2.2967
