Main Article Content
Abstract
Background: Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang dibuat dan dirancang untuk pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidik atau guru PJOK wajib menggunakan kurikulum merdeka yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada pendidikan yang ada di Indonesia. Kurikulum Merdeka Belajar memberikan kesempatan lebih besar bagi siswa dalam meraih prestasi. Metode: Pelaksanaan dalam pengabdian ini terdiri dari beberapa tahap diantaranya pemberian sosialisasi tentang kurikulum merdeka belajar dan penilaian pengetahuan tentang Kurikulum Merdeka Belajar serta terakhir melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil: analisis menunjukkan mayoritas guru PJOK Palembang memiliki pengetahuan yang baik dengan rata-rata 90 dengan nilai terendah 70 dan skor tertinggi 100, tentang Kurikulum Merdeka Belajar. Kesimpulan: pelatihan dan sosialisasi memberikan manfaat yang positif bagi para para guru PJOK dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Akbar, M. A. S., Sutriawan, A., & Aziz, M. I. M. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Jasmani : Literatur Review. Journal Physical Health Recreation, 4, 365–377. https://doi.org/10.55081/jphr.v4i2.2360
- Almajnuni, K. M., & Alwerthan, T. A. (2024). Enhancing Teacher Self-Efficacy: The Power of Effective Training Programs. Journal of Pedagogical Research, 8(3), 34–47.
- Andina, F. N. A., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JS (Jurnal Sekolah), 7(3), 392–404.
- Aulya, N. R., Rini, D. S., Wulan, A., Utami, A., & Pusparini, F. (2024). Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Melalui Kegiatan School gardening Berbasis Proyek Kokedama. 13(3), 2404–2414.
- Iyakrus, I., Bayu, W. I., Solahuddin, S., Usra, M., Yusfi, H., Victorian, A. R., & Ramadhan, A. (2022). Physical Activity of Prospective Physical Education Teachers During the Covid-19 Pandemic. Physical Education Theory and Methodology, 22(4), 473–477.
- Kurniawan, A. W., Wiguno, L. T. H., & Sugiarto, T. (2022). Pelatihan peraturan dan permainan olahraga cricket untuk guru PJOK SD Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 76–82.
- Mariyani, M., Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M., & Galuh, S. (2023). Analysis of the need for schoology-based mobile learning development as an effort to strengthen the 4C (critical, collaboration, creative, and communication) skills in students. AIP Conference Proceedings, 2621(1).
- Munawar, M. (2022). Merdeka Belajar. Jurnal Pedagogy, 15(2), 137–149.
- Nugroho, F. P., & Febrianta, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 29–41.
- Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10–15.
- Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Pendampingan dan pelatihan keseimbangan tubuh pada guru pjok sekolah dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 93–101.
- Syafari, R., Prayitno, A. T., & Sumarni, S. (2024). Pendapingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 51–55.
- Winarni, S., Jatmika, H. M., Rithaudin, A., & Setyawan, H. (2023). Best practice dalam mengajar pendidikan jasmani: membangun praktik instruksional yang tepat berdasarkan kurikulum merdeka. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13.
- Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16–25.
References
Akbar, M. A. S., Sutriawan, A., & Aziz, M. I. M. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Jasmani : Literatur Review. Journal Physical Health Recreation, 4, 365–377. https://doi.org/10.55081/jphr.v4i2.2360
Almajnuni, K. M., & Alwerthan, T. A. (2024). Enhancing Teacher Self-Efficacy: The Power of Effective Training Programs. Journal of Pedagogical Research, 8(3), 34–47.
Andina, F. N. A., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JS (Jurnal Sekolah), 7(3), 392–404.
Aulya, N. R., Rini, D. S., Wulan, A., Utami, A., & Pusparini, F. (2024). Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Melalui Kegiatan School gardening Berbasis Proyek Kokedama. 13(3), 2404–2414.
Iyakrus, I., Bayu, W. I., Solahuddin, S., Usra, M., Yusfi, H., Victorian, A. R., & Ramadhan, A. (2022). Physical Activity of Prospective Physical Education Teachers During the Covid-19 Pandemic. Physical Education Theory and Methodology, 22(4), 473–477.
Kurniawan, A. W., Wiguno, L. T. H., & Sugiarto, T. (2022). Pelatihan peraturan dan permainan olahraga cricket untuk guru PJOK SD Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 76–82.
Mariyani, M., Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M., & Galuh, S. (2023). Analysis of the need for schoology-based mobile learning development as an effort to strengthen the 4C (critical, collaboration, creative, and communication) skills in students. AIP Conference Proceedings, 2621(1).
Munawar, M. (2022). Merdeka Belajar. Jurnal Pedagogy, 15(2), 137–149.
Nugroho, F. P., & Febrianta, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 29–41.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10–15.
Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Pendampingan dan pelatihan keseimbangan tubuh pada guru pjok sekolah dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 93–101.
Syafari, R., Prayitno, A. T., & Sumarni, S. (2024). Pendapingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 51–55.
Winarni, S., Jatmika, H. M., Rithaudin, A., & Setyawan, H. (2023). Best practice dalam mengajar pendidikan jasmani: membangun praktik instruksional yang tepat berdasarkan kurikulum merdeka. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13.
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16–25.
