Main Article Content

Abstract

Background: Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat, keamanan data dan penipuan online sering terjadi dalam berbagai modus. Kalangan perempuan menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap penipuan online. Oleh karena itu, program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital kepada Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Barat dalam rangka keamanan data pribadi dan pencegahan penipuan online. Metode: Kegiatan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu persiapan materi pelatihan peserta, pelaksanaan kegiatan penyuluhan literasi keuangan, observasi awal dengan melaksanakan pre-test, dan evaluasi kegiatan melalui post-test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta. Hasil: Terdapat peningkatan literasi keuangan pada aspek perilaku keuangan. Peningkatan sebesar 81,2% pada indikator cara pengecekan legalitas perusahaan investasi dan 25% pada kesadaran risiko keuangan dengan melalui indikator pemeriksaan keabsahan tawaran investasi. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan ini berhasil menguatkan literasi keuangan digital pada PWA Jawa Barat khususnya di kota Bandung. Selanjutnya, PWA Jawa Barat masih perlu pendampingan dalam proses peningkatan literasi keuangan karena kejahatan keuangan digital beraneka ragam.

Keywords

Data Security Digital literacy Online fraud PWA Jawa Barat Keamanan data Literasi digital Penipuan online PWA Jawa Barat

Article Details

How to Cite
Minhajuddin, M., Rozak, A., & Syahputra, A. A. (2025). Penguatan Literasi Keuangan Digital dalam Peningkatan Kemanan Data dan Pencegahan Penipuan Online pada PWA Jawa Barat. Jurnal SOLMA, 14(2), 1781–1790. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18464

References

  1. Dinata, R. K. (2025). Pengaruh Teknologi terhadap Perkembangan Hukum di Indonesia. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 630–635.
  2. Gayatri, A. M., & Muzdalifah, M. (2021). Memahami Literasi Keuangan sebagai upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif dari Pinjaman Online. Journal of Management, 1–3.
  3. Hutapea, Y., Fauzi, A., Dwiyanti, A., Alifah, F. A., Andina, N., & Jati, S. M. D. (2024). Peran Manajemen Sekuriti Dalam Mencegah Resiko Kerugian Terhadap Keuangan Digital. Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 2(2), 148–161.
  4. Indopremier.com. (2023). Korban Investasi Bodong Didominasi Perempuan: Direktur BEI. Https://Www.Indopremier.Com/.
  5. Meliala, R. M. (2021). Pemberdayaan Komunikasi Literasi Dalam Berkarya Melalui Buku Format Digital Bagi Forum Wasilah 109. Jurnal Solma, 10(01), 155–164. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5443
  6. Muhammadiyah-jabar.id. (2023). Ia Kurniati Kembali Pimpin Ketua PWA Jabar Periode 2022-2027. Https://Muhammadiyah-Jabar.Id/.
  7. Otoritas Jasa Keuangan, Pub. L. No. No. 30 /SEOJK.07/2017 (2017).
  8. Otoritas Jasa Keuangan. (2017b). Revitalisasi Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia.
  9. Pawestri, A. Y., Adwitiya, A. B., & Ramadani, W. (2023). Sosialisasi Upaya Hukum dan Literasi Keuangan Digital sebagai Solusi Hadapi Pinjaman Online Ilegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 9(1), 36–41.
  10. Prastya, D. (2024). Riset: Orang Indonesia Rawan Jadi Korban Penipuan Online dan Kebocoran Data di 2024. Suara.Com.
  11. Purwanti, T. (2023). Isu Hoaks Capai 11.357, Perempuan Paling Banyak Kena Tipu. Cnbcindonesia.Com.
  12. Rahmiyanti, S., & Arianto, B. (2023). Pendampingan Literasi Keuangan Digital Bagi UMKM Digital Di Kelurahan Tembong Kota Serang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158–167.
  13. Ramadhan, D., Asri, H. R., Gisijanto, H. A., Hartanti, N. D., & Setyarini, E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Generasi Muda. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 1(04), 162–170.
  14. Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2022). Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Perilaku Keuangan di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 4 (1), 261–279. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.331
  15. Wibowo, H. S. (2023). Penguatan Literasi Digital: Menguasai Dunia Literasi di Era Digitalisasi. Tiram Media.

Most read articles by the same author(s)