Main Article Content

Abstract

Background: Industri farmasi terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan yang inovatif dan berkualitas. Kewirausahaan di bidang farmasi atau Farmapreneur menjadi peluang besar bagi apoteker dan pelaku usaha untuk menciptakan produk yang tidak hanya memenuhi standar kesehatan, tetapi juga memiliki daya saing tinggi di pasar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada calon wirausahawan farmasi mengenai strategi inovasi produk, manajemen bisnis, serta regulasi yang harus dipatuhi dalam industri farmasi. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi presentasi, group discussion, dan pendampingan intensif kepada peserta dalam merancang dan mengembangkan produk farmasi berbasis inovasi. Materi yang diberikan mencakup formulasi produk, analisis pasar, strategi pemasaran digital, serta aspek hukum dan perizinan. Hasil: Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang proses pengembangan bisnis farmasi yang berkelanjutan dan berdaya saing, rata-rata skor post-test meningkat menjadi 82,6. Beberapa peserta berhasil merancang prototipe produk yang berpotensi dikembangkan lebih lanjut untuk masuk ke pasar. Kesimpulan: Dengan adanya program ini, diharapkan semakin banyak farmapreneur yang mampu menciptakan produk farmasi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan regulasi yang berlaku. Program ini juga berkontribusi dalam meningkatkan kemandirian ekonomi serta memperkuat ekosistem bisnis farmasi di Indonesia.

Keywords

Farmapreneur Inovasi Farmasi Kewirausahaan Startegi bisnis Daya saing Farmapreneur Inovasi Farmasi Kewirausahaan Startegi bisnis Daya saing

Article Details

How to Cite
Hardani, H., Pertiwi, A. D., Idawati, S., Ratulangi, W. R., Utami, E. F., Suhada, A., Rahmawati, S., Purmafitriah, E., & Widyan, R. (2025). Farmapreneur: Membangun Bisnis Farmasi yang Inovatif dan Kompetitif. Jurnal SOLMA, 14(2), 1927–1937. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18388

References

  1. Achmad Djazuli et al. (2022). Pengembangan Produk Pangan (Vol. 16, Issue 1). http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo
  2. Amanah, D., Nuryanti, B. L., Aji, A. J., & Harahap, D. A. (2025). Program Pendampingan Usaha " Pendidikan Pengusaha " Dalam Sektor Bisnis Program Pendampingan Usaha “ Pendidikan Pengusaha ” Dalam Sektor Bisnis Pendidikan. February.
  3. BPOM. (2024). Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 7 Tahun 2024 Tentang Standar Cara Pembuatan Obat Yang Baik. 53–54.
  4. Erwin, Judijanto, L., Kaligis, J. N., Islami, V., Musprihadi, R., Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, Mawarni, I., Saktisyahputra, Riyanto, J., & Diputra, G. I. S. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN (Teori dan Strategi) (Issue April). https://www.researchgate.net/publication/379927743
  5. Graciafernandy, M. A., Slahanti, M., & Dwiantari, S. (2023). PKM Farmasipreneur Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Nusa Putera Semarang Tinggi Farmasi Nusa Putera Semarang. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 370–373. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.954
  6. Hamsal, & Eva Sundari. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Produk Farmasi Masa Strategi Pandemi Covid 19 Di PT. Ferron Par Pharmaceutical (Studi Kasus Peningkatan Volume Penjualan Produk Farmasi). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 46–54. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9453
  7. Indriani, F. (2020). Studi Mengenai Orientasi Inovasi dan Pengembangan. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3, 82–92. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo
  8. Mariskhana, K., Suharyanti, N., Suparni, E., Syahlani, A., & Anggarini, D. T. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam E-Commerce Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1924
  9. Nawiyah, N., Kaemong, R. C., Ilham, M. A., & Muhammad, F. (2023). PENYEBAB PENGARUHNYA PERTUMBUHAN PASAR INDONESIA TERHADAP PRODUK SKIN CARE LOKAL PADA TAHUN 2022. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(12), 1390–1396. https://doi.org/10.55681/armada.v1i12.1060
  10. Niluh Puspita Dewi et al. (2024). Farmasi Industri. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
  11. Nurhayati, N. P. S., Berlia, G. M., Sasongko, F. F., & Valentine, E. (2023). Pemasaran Obat Dalam Usaha Farmasi: Persoalan Profesionalisme dan Etika Bisnis. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.11111/dassollen.xxxxxxx
  12. Piter Piter, A. I. S. (2024). Strategi dan Inovasi Pemasaran dalam Mempertahankan Stabilitas Omzet Vitamin C ( Brand Hevit-C ) Selama dan Pasca Covid-19 di Apotek Wilayah Jakarta. Obat: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(5), 319–342.
  13. Saputra, R., Adiprasetya, F., & Pulungan, P. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. 2(5).