Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Karakteristik Kurikulum Merdeka mencakup pengembangan keterampilan sosial dan karakter, penekanan pada materi yang fundamental, serta pembelajaran yang bersifat fleksibel sesuai kebutuhan dan gaya belajar siswa. Pengembangan keterampilan sosial dan karakter ini dilaksanakan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Namun, pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan differentiated instruction sebagai salah satu pendekatan pembelajaran pendukung keberhasilan program Kurikulum Merdeka belajar masih minim. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru MGMP IPA terkait P5 sekaligus menganalisis respon guru selama kegiatan pelatihan. Metode: metode pengabdian Masyarakat yang digunakan adalah Service Learning (SL) dengan basis Experiential Learning, yang melibatkan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data diperoleh melalui pretest, posttest, dan angket respon guru. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menghitung N-gain berbantuan software SPSS. Analisis data menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,45, berada dalam kategori sedang. Hasil: ini menandakan bahwa pelatihan memberikan dampak yang cukup efektif terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru. Selain itu, hasil angket respon guru menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93,87%, berada dalam kategori respon sangat baik. Kesimpulan: Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa program pelatihan telah memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kompetensi profesional guru IPA dalam pembelajaran menggunakan differentiated instruction sebagai upaya menguatkan profil pelajar Pancasila.

Keywords

Diiferentiated Instruction Independent curriculum Pancasila Student Profile Differentiated Instruction Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila

Article Details

How to Cite
Nuraini, L., Meilina, I. L., Bektiarso, S., Prihandono, T., & Sefanda, S. K. (2025). Pelatihan Implementasi Differentiated Instruction untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru MGMP IPA Jember dalam Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.18370

References

  1. Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226.
  3. Gregory, G.H. dan Chapman, C. 2013. Differentiated Instructional Strategies: One Size doesn’t fit all Third Edition. California: Sage Publication.
  4. Handayani, SL, & Amirullah, G. (2019). Improving the understanding of elementary school teachers through training in preparing literacy-based Learning Implementation Plans, 4C, PPK and HOTS. Solma Journal , 8 (1), 14-23.
  5. Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. DIDAXEI, 3(2), 394-408.
  6. Juniayanti, D., & Susila, I. K. D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media PECS untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis di SLB Negeri 1 Gianyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(2), 1-7.
  7. Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2023/08/implementasi-kurikulum-merdeka-fokuskan-guru-tingkatkan-pelayanan-bagi-peserta-didik. [Di akses pada 30 November 2024]
  9. Nuraini, L., Elisa, E., Istighfarini, E. T., Prabandari, A. M., Latifa, H., & Hamidah, L. W. I. (2024). Diseminasi Modul Digital KOFIJATRA untuk Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Guru MGMP Fisika SMA. Madaniya, 5(2), 647-655.
  10. Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati, I. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). Hal 1-7.
  11. Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330.
  12. Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.
  13. Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal Solma, 9(1), 45-54.
  14. Sari, I. N., & Hayat, H. (2021). Service learning klinis artikel ilmiah guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat jabatan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1114-1119.
  15. Suwendi, Basir, A, dan Wahyudi, J. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam RI
  16. Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Lufri, L., Mufid, F., Andromeda, A., & Ramadhani, I. (2023). Model dan Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pendidikan IPA: Tinjauan Literatur Sistematis. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 13(1), 68-80.
  17. Wahyuni, S. A., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 31-39.
  18. Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.
  19. Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056-2063.
  20. Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689.
  21. Yahya, F., Irham, M., Jalaluddin, J., Suryani, E., & Walidain, S. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 383-388.