Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Guru sebagai tenaga profesional yang memiliki tugas penting dalam mendidik dan mengembangkan kompetensi peserta didik untuk itu. Di Kabupaten Jember, banyak guru matematika kesulitan menulis untuk publikasi karena keterbatasan pengetahuan. Pendampingan dalam penulisan dan publikasi di jurnal bereputasi akan meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru terkait tata cara penulisan dan publikasi karya ilmiah, sehingga guru bisa menghasilakan karya tulis ilmiah Pendidikan matematika untuk diterbitkan pada jurnal nasional bereputasi. Metode: Metode peneltian yang diterapkan pada pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil: Hasil dari pengabdian ini adalah Banyak peserta yang merasa lebih termotivasi untuk melanjutkan praktik menulis artikel ilmiah dan berkontribusi lebih aktif dalam publikasi ilmiah. Konsep eco-cosmology tercermin dalam konsep Tri Hita Karana yang memuat filosofi hubungan antara pawongan, palemahan dan parahiyangan, dimana seluruh unsur ini tercermin dalam setiap ritual Tengger. Setiap unsur pengetahuan local terdapat pada japa mantra yang diucapkan oleh Romo Dukun Pandita pada setiap ritual. Oleh karena itu keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat adalah sarana untuk transfer of knowledge mengenai pitutur dan piwulang nilai-nilai religi Tengger. Romo Dukun Pandita berfungsi sebagai mediator yang menghubungkan dunia kehidupan dan dunia roh dalam perilaku ekologis. Kesimpulan: Konsep eco-cosmology mencakup indigenous knowledge sebagai worldviews masyarakat Tengger dapat dimanfaatkan untuk pemulihan ekosistem sacral religi Tengger.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alunaza, H., & Mentari. (2024). Edukasi penulisan artikel jurnal dan strategi publikasi ilmiah bagi mahasiswa jurusan ilmu administrasi universitas tanjungpura. I-com: indonesian community journal, 4(1), 125–135. Https://doi.org/10.33379/icom.v4i1.3954
- Anggaira, a. S., & wulantina, e. (2020). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah dan manager reference bagi guru uptd smpn 2 metro. Dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 258–269. Www.e-journal.metrouniv.ac.id
- Dewi Riang tati, a., karmila sari achmad, w., suryani sahabuddin, e., sayidiman, & prima findiga hermuttaqien, b. (2020). Pkm pelatihan penulisan artikel ilmiah dan submission pada jurnal ilmiah nasional bagi guru sd di kab. Gowa. Jurnal publikasi pendidikan, 10(3), 245–250. Http://ojs.unm.ac.id/index.php/
- Diah, s. L. P., & rini, j. (2019). Peningkatan profesionalisme guru matematika kabupaten pekalongan melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat, 1(2), 219–234. Www.e-journal.metrouniv.ac.id
- Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135.
- Hayati, k., & Amilia, f. (2021). Optimalisasi keterampilan menulis pada guru. Aksiologiya: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(2), 163–171. Https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
- I Made Subrata, I Made Darmada, & gusti ayu made puspawati. (2023). Pkm. Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada guru sd negeri apuan bangli. Jurnal pengabdian kepada masyarakat widya mahadi, 3(2), 21–28. Https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v3i2.2977
- Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1), 15-20.
- Khaerunnisa, Mutiarani, & Nuraida, a. (2022). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru sd. An-nas : jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 59–64. https://doi.org/10.24853/an-nas.2.2.59-64.
- Mirnawati, l. B., afiani, k. D. A., faradhita, m. N., naila, i., martati, b., wahyuni, h. I., setiawan, f., putra, d. A., & firmannandya, a. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar muhammadiyah di kota surabaya. Humansm, 23(3). Http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/hmn
- Paimun. (2020). Peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel melalui workshop. Jurnal ilmiah w uny, 28–35.
- Prabawati, m. N., & muslim, s. R. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru matematika sekolah menengah pertama wilayah sukaraja kabupaten tasikmalaya. Abdimas: jurnal pengabdian masyarakat, 3(1), 207-212. http://dx.doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546.
- Supriyanto, a. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas pedagogi, 1(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.
- Utami, a. D., zainudin, m., suriyah, p., mayasari, n., hasanudin, c., & rosyida, f. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk pengembangan karir guru matematika di kabupaten bojonegoro. Abdine: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(2), 178–183. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.228.
- Yuni alfiyah, h., fauziyah, a. N., & masfufah. (2016). Pengembangan profesionalisme guru melalui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi di minu waru sidoarjo. Jurnal pendidikan agama islam, 4(1), 158–178.
References
Alunaza, H., & Mentari. (2024). Edukasi penulisan artikel jurnal dan strategi publikasi ilmiah bagi mahasiswa jurusan ilmu administrasi universitas tanjungpura. I-com: indonesian community journal, 4(1), 125–135. Https://doi.org/10.33379/icom.v4i1.3954
Anggaira, a. S., & wulantina, e. (2020). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah dan manager reference bagi guru uptd smpn 2 metro. Dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 258–269. Www.e-journal.metrouniv.ac.id
Dewi Riang tati, a., karmila sari achmad, w., suryani sahabuddin, e., sayidiman, & prima findiga hermuttaqien, b. (2020). Pkm pelatihan penulisan artikel ilmiah dan submission pada jurnal ilmiah nasional bagi guru sd di kab. Gowa. Jurnal publikasi pendidikan, 10(3), 245–250. Http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Diah, s. L. P., & rini, j. (2019). Peningkatan profesionalisme guru matematika kabupaten pekalongan melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat, 1(2), 219–234. Www.e-journal.metrouniv.ac.id
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p128-135.
Hayati, k., & Amilia, f. (2021). Optimalisasi keterampilan menulis pada guru. Aksiologiya: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(2), 163–171. Https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
I Made Subrata, I Made Darmada, & gusti ayu made puspawati. (2023). Pkm. Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada guru sd negeri apuan bangli. Jurnal pengabdian kepada masyarakat widya mahadi, 3(2), 21–28. Https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v3i2.2977
Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1), 15-20.
Khaerunnisa, Mutiarani, & Nuraida, a. (2022). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru sd. An-nas : jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 59–64. https://doi.org/10.24853/an-nas.2.2.59-64.
Mirnawati, l. B., afiani, k. D. A., faradhita, m. N., naila, i., martati, b., wahyuni, h. I., setiawan, f., putra, d. A., & firmannandya, a. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar muhammadiyah di kota surabaya. Humansm, 23(3). Http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/hmn
Paimun. (2020). Peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel melalui workshop. Jurnal ilmiah w uny, 28–35.
Prabawati, m. N., & muslim, s. R. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru matematika sekolah menengah pertama wilayah sukaraja kabupaten tasikmalaya. Abdimas: jurnal pengabdian masyarakat, 3(1), 207-212. http://dx.doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546.
Supriyanto, a. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas pedagogi, 1(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.
Utami, a. D., zainudin, m., suriyah, p., mayasari, n., hasanudin, c., & rosyida, f. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk pengembangan karir guru matematika di kabupaten bojonegoro. Abdine: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(2), 178–183. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.228.
Yuni alfiyah, h., fauziyah, a. N., & masfufah. (2016). Pengembangan profesionalisme guru melalui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi di minu waru sidoarjo. Jurnal pendidikan agama islam, 4(1), 158–178.