Main Article Content
Abstract
Background: Kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk membekali para santri penghafal al-Qur’an di Pesantren Ibnu Sholeh Jatiroto Lumajang terkait wawasan moderasi beragama. Pengabdian ini bertujuan agar para santri tidak hanya mahir dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an, tetapi juga mereka memiliki kepribadian yang inklusif dan multikultural. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu partisipatori, koneksi, pemberdayaan. Hasil: Tim pendamping memberikan materi berkaitan dengan moderasi beragama disesuaikan dengan tingkat daya faham para santri. Materi ringan namun mengena diberikan kepada para peserta dampingan, seperti tentang pentingnya menghargai pendirian dan pendapat orang lain dan tidak menyalahkan jika pendapatnya berbeda dengan kita. Hal ini dikaitkan dengan surat Al-Hujurat ayat 11 – 13 yakni setiap manusia dilarang saling mengolok-ngolok, bergunjing, berburuk sangka serta mencari-cari kesalahan orang lain. Karena kita hidup sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain, maka harus saling menghargai satu sama lain.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aisyah, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya, 8(01), 55–63.
- Andriani, F., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Benteng Radikalisme di Perguruan Tinggi. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(26).
- Azizah, N. (2012). Pergeseran Kepemimpinan Ulama Menjadi Umara’ dalam Sistem Demokrasi Politik Lokal Kabupaten Pamekasan dan Sumenep Madura. LISAN AL-HAL JURNAL PENGEMBANGAN PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN, 6(1).
- Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp15-28
- Junaid, H. (2012). Sumber, Azas dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi Secara Makro dan Mikro Terhadap Rumusan Kebijakan Pendidikan Nasional). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/.v7i2.1380
- Lindawati, D. L., Akil, A., & Nurlaeli, A. (2021). Analisis Adab Mencari Ilmu dalam Kitab Taâ€TMlimul Mutaâ€TMallim dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di SMAIT Harapan Umat Karawang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 254–264. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.205
- Mawah, S. R. R., Alim, A., & Wardi, A. H. A. K. (2021). Program Bimbingan Perilaku Etis di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article 1.
- Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Komunikasi Antar Budaya dalam Perspektif Antropologi. JURNAL MANAJEMEN KOMUNIKASI, 1(1).
- Ni’am, S., & Nurhayati, A. (2018). Pemikiran Kebangsaan K.H. Achmad Siddiq dan Implikasinya dalam Memantapkan Idiologi Pancasila Sebagai Dasar Negara di Indonesia. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1106
- Rohmatulloh, Y. (2024). Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebinekaan. Republika Penerbit.
- Rohmawati, D. (2015). Perjuangan K.H. Muhammad Sholeh dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Attanwir Talun Sumberrejo- Bojonegoro Tahun 1933- 1992. Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/11497
- Siregar, R. A., Wijaya, C., & Daulai, A. F. (2024). Nilai-nilai moderasi beragama di SMA swasta teladan cinta damai kecamatan Helvetia kota Medan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 13. https://doi.org/10.29210/1202423628
- Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1870
- Untara, I. M. G. S. (2020). Aborsi dalam Pandangan Norma Agama Hindu. Satya Dharma : Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), Article 1.
- Usman. (2013). Model PBI untuk Mengembangkan Pemahaman Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Tentang Integral Tentu. Jurnal Peluang, 1(2), 1–11.
- Waliko, W. (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an di Nusantara: Disertai Rujukan Lembaga Pedidikan dan Pesantren yang Menerapkan. wawasan Ilmu.
References
Aisyah, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya, 8(01), 55–63.
Andriani, F., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Benteng Radikalisme di Perguruan Tinggi. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(26).
Azizah, N. (2012). Pergeseran Kepemimpinan Ulama Menjadi Umara’ dalam Sistem Demokrasi Politik Lokal Kabupaten Pamekasan dan Sumenep Madura. LISAN AL-HAL JURNAL PENGEMBANGAN PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN, 6(1).
Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp15-28
Junaid, H. (2012). Sumber, Azas dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi Secara Makro dan Mikro Terhadap Rumusan Kebijakan Pendidikan Nasional). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/.v7i2.1380
Lindawati, D. L., Akil, A., & Nurlaeli, A. (2021). Analisis Adab Mencari Ilmu dalam Kitab Taâ€TMlimul Mutaâ€TMallim dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di SMAIT Harapan Umat Karawang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 254–264. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.205
Mawah, S. R. R., Alim, A., & Wardi, A. H. A. K. (2021). Program Bimbingan Perilaku Etis di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article 1.
Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Komunikasi Antar Budaya dalam Perspektif Antropologi. JURNAL MANAJEMEN KOMUNIKASI, 1(1).
Ni’am, S., & Nurhayati, A. (2018). Pemikiran Kebangsaan K.H. Achmad Siddiq dan Implikasinya dalam Memantapkan Idiologi Pancasila Sebagai Dasar Negara di Indonesia. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1106
Rohmatulloh, Y. (2024). Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebinekaan. Republika Penerbit.
Rohmawati, D. (2015). Perjuangan K.H. Muhammad Sholeh dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Attanwir Talun Sumberrejo- Bojonegoro Tahun 1933- 1992. Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/11497
Siregar, R. A., Wijaya, C., & Daulai, A. F. (2024). Nilai-nilai moderasi beragama di SMA swasta teladan cinta damai kecamatan Helvetia kota Medan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 13. https://doi.org/10.29210/1202423628
Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1870
Untara, I. M. G. S. (2020). Aborsi dalam Pandangan Norma Agama Hindu. Satya Dharma : Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), Article 1.
Usman. (2013). Model PBI untuk Mengembangkan Pemahaman Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Tentang Integral Tentu. Jurnal Peluang, 1(2), 1–11.
Waliko, W. (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an di Nusantara: Disertai Rujukan Lembaga Pedidikan dan Pesantren yang Menerapkan. wawasan Ilmu.