Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk membekali para santri penghafal al-Qur’an di Pesantren Ibnu Sholeh Jatiroto Lumajang terkait wawasan moderasi beragama. Pengabdian ini bertujuan agar para santri tidak hanya mahir dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an, tetapi juga mereka memiliki kepribadian yang inklusif dan multikultural. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu partisipatori, koneksi, pemberdayaan. Hasil: Tim pendamping memberikan materi berkaitan dengan moderasi beragama disesuaikan dengan tingkat daya faham para santri. Materi ringan namun mengena diberikan kepada para peserta dampingan, seperti tentang pentingnya menghargai pendirian dan pendapat orang lain dan tidak menyalahkan jika pendapatnya berbeda dengan kita. Hal ini dikaitkan dengan surat Al-Hujurat ayat 11 – 13 yakni setiap manusia dilarang saling mengolok-ngolok, bergunjing, berburuk sangka serta mencari-cari kesalahan orang lain. Karena kita hidup sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain, maka harus saling menghargai satu sama lain.

Keywords

Moderation Islamic Boarding School Santri Moderasi Pesantren Santri

Article Details

How to Cite
Dardum, A., Alawiyah, F. S., & Almalachim, A. C. (2025). Penguatan Moderasi Beragama: Studi Partisipatif di Pondok Pesantren Ibnu Sholeh Jatiroto Lumajang. Jurnal SOLMA, 14(1), 1197–1207. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/18302

References

Read More