Main Article Content

Abstract

Background: Kepemimpinan berperan untuk mengarahkan staf untuk mencapai standar mutu yang telah ditetapkan serta berpengaruh terhadap budaya mutu layanan Puskesmas. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepemimpinan di Puskesmas Simpang Timbangan dan diharapkan dapat meningkatkan budaya mutu di Puskesmas. Metode: Kegiatan pendampingan dilakukan menggunakan metode ceramah melalui penyampaian materi dan penayangan video interaktif serta diskusi kelompok melalui studi kasus. Kegiatan dilaksanakan pada 01 November 2024 di Puskesmas Simpang Timbangan dengan responden berjumlah 31 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan melihat perbedaan tingkat pengetahuan tentang kepemimpinan dan budaya mutu sebelum dan sesudah intervensi melalui pengisian kuesioner pretest dan posttest. Hasil: Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah intervensi serta responden mampu menyelesaikan studi kasus yang diberikan dengan baik. Kesimpulan: Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari responden dan jajaran pimpinan Puskesmas serta terdapat  perbedaan tingkat pengetahuan tentang kepemimpinan dan budaya mutu sebelum dan sesudah intervensi. Diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan kepemimpinan dan budaya mutu di Puskesmas Simpang Timbangan sehingga bermanfaat dalam upaya menjaga mutu layanan di Puskesmas.

Keywords

Budaya Mutu Kepemimpinan Puskesmas Budaya Mutu Kepemimpinan Puskesmas

Article Details

How to Cite
Budi, I. S., Munawarah, S. H., Najmah, N., Hotmauli, A., Kelara, A., Desmonda F, M., Ramanda, D. F., Syafitri, S., Safirah, S., Wardhani, A. K., & Nabella, L. (2025). Pendampingan Pengembangan Kepemimpinan untuk Meningkatkan Budaya Mutu di Puskesmas Simpang Timbangan. Jurnal SOLMA, 14(2), 1896–1905. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18279

References

  1. Alfadhalah, T., & Elamir, H. (2021). Organizational culture, quality of care and leadership style in government general hospitals in kuwait: A multimethod study. Journal of Healthcare Leadership, 13, 243–254. https://doi.org/10.2147/JHL.S333933
  2. Asnawati, R., Hidayat, E., & Modjo, D. (2024). Identifikasi gaya kepemimpinan kepala puskesmas kwandang kabupaten gorontalo utara. 5(September), 5951–5962.
  3. Baharudin, B., Maulana, A., & Aprilian, Y. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Rajawali Graha Motor Tembilahan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(1), 8–15. C:UsersHpOneDriveDesktop
  4. Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.
  5. Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam Budaya Organisasi. Madani, 10(1), 1–11.
  6. Hannari, M. I., Alwini, A., Shafira, A. D., & Alvionita, E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kualitas Layanan Di Puskesmas : Literature Review. 5, 11899–11905.
  7. Hutabarat, I., Siagian, M., & Manalu, P. (2019). Hubungan Fungsi Kepemimpinan Kepala Puskesmas Dengan Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kebun Lada Kecamatan Binjai. Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi (Jkg), 2(1), 40–47. https://doi.org/10.35451/jkg.v2i1.206
  8. Jacqueline Makanoneng, Sri Sundari, & Marisi Pakpahan. (2024). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Fasilitas Kesehatan: Kajian Studi Literatur. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 304–310. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i2.675
  9. Lona, M., Agustiningsih, A. P., Widiyaningsih, T., Maryunani, A., & Filani, M. (2023). Kepemimpinan Strategik Yang Efektif Di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 12 No. 1(Maret), 1–8.
  10. Muktamar, A., Novianti, Mirna, & Sahibuddin, R. A. (2024). Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah Penelitian Mandira Cendikia, 2(7), 52–69. https://journal-mandiracendikia.com/jip-mc
  11. Nugroho, H. S. W. (2011). Kualitas Layanan Kesehatan Menurut Persepsi Konsumen Ragam Pendekatan Riset Tentang Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Sebagai Indikator Kualitas Layanan Kesehatan. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
  12. Octavia, P. (2024). Pengaruh Akreditasi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan : Literature Review. 3(1), 53–66.
  13. Pujianto, W. E., & Evendi. (2021). Pengaruh Budaya Mutu, Tingkat Quality of Work Life (Qwl) Dan Knowledge Management Terhadap Organization Citizenship Behavior (Ocb). Greenomika, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2021.03.1.1
  14. Retnaningtyas, P. A., Hadiati, S., & Nasir, M. J. A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokrasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dimediasi Oleh Budaya Organisasi Di UPTD Puskesmas Bantaran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.59818/kontan.v1i3.331
  15. Sanjaya, A. A., Hanafi, I., & Wanto, A. H. (2024). Pengaruh Perubahan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di Sektor Kesehatan : Tinjauan Literatur Sistematis. 2(4).
  16. Saraswati, A., Suharmanto, Pramesona, B. A., & Susianti. (2022). Penyuluhan Kesehatan untuk Meningkatkan Pemahaman Kader Tentang Penanganan Stunting pada Balita. Sarwahita, 19(01), 209–219. https://doi.org/10.21009/sarwahita.191.18
  17. Septherine, P., Zulfadil, & Samsir. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(3), 325–332. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1432%0A
  18. Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645
  19. Susila, R., Pardi, P., Demina, D., & Marsidin, S. (2022). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Mutu di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.155