Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengeksplorasi integrasi teknologi multimedia dalam pendidikan dasar untuk meningkatkan keterampilan instruksional guru dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa di dalam kelas. Metode: Melalui lokakarya satu hari yang dirancang untuk para guru, kami bertujuan untuk membekali para peserta dengan strategi praktis dalam memanfaatkan berbagai alat multimedia, seperti presentasi interaktif, video edukasi, dan sumber belajar dengan game edukasi dan platform lainnya. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru yang berpartisipasi menunjukan peningkatan kepercayaan diri dan kemahiran dalam menggunakan multimedia, yang mengarah kepada pengaturan lingkungan kelas yang lebih dinamis dan menarik. Kesimpulan: Dari kegiatan ini, dapat digarisbawahi pentingnya pengembangan dan dukungan profesional yang berkelanjutan dalam mengoptimalkan penggunaan multimedia di pendidikan dasar, yang pada akhirnya mempromosikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan praktis.

Keywords

Keterampilan Guru Media Pembelajaran Teknologi Keterampilan Guru Media Pembelajaran Teknologi

Article Details

How to Cite
Nur Aflah, M., & Fitriah, F. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 14(2), 2782–2787. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18264

References

  1. Aliyu, J., Osman, S., Kumar, J. A., Abdul Talib, C., & Jambari, H. (2022). Students’ Engagement through Technology and Cooperative Learning: A Systematic Literature Review. International Journal of Learning and Development, 12(3), 23. https://doi.org/10.5296/ijld.v12i3.20051
  2. Azmi, N. (2017). The Benefits of Using ICT in the EFL Classroom: From Perceived Utility to Potential Challenges. Journal of Educational and Social Research, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.5901/jesr.2017.v7n1p111
  3. Bhat, R. A. (2023). The Impact of Technology Integration on Student Learning Outcomes: A Comparative Study. In International Journal of Social Science. http://dx.doi.org/10.54443/ijset.v2i9.218
  4. Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 20, Issue 1).
  5. Çelik, F., & Baturay, M. H. (2024). Technology and innovation in shaping the future of education. In Smart Learning Environments (Vol. 11, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40561-024-00339-0
  6. Cohen, A., Soffer, T., & Henderson, M. (2022). Students’ use of technology and their perceptions of its usefulness in higher education: International comparison. Journal of Computer Assisted Learning, 38(5), 1321–1331. https://doi.org/10.1111/jcal.12678
  7. Cutter, M. (2015). Using Technology with English Language Learners in the Classroom. http://libguides.sjfc.edu/citations.
  8. Ghavifekr, S. & Rosdy, W.A.W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175-191.
  9. Hasumi, T., & Chiu, M.-S. (2024). Technology-enhanced language learning in English language education: Performance analysis, core publications, and emerging trends. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2346044
  10. Juma’h Ahmed, Y., Jameel, A., Mokh, A., & Hamarsha, M. (2020). Exploring the effectiveness of technology integration on students’ motivation and engagement during Covid-19 from teachers’ perspectives: A case study. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(4). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.04.176
  11. Theodorio, A. O. (2024). Examining the support required by educators for successful technology integration in teacher professional development program. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2298607