Main Article Content
Abstract
Background: Urgensi dari permasalahan ini adalah rendahnya pengetahuan dan ketrampilan kelompok wanita tani di Desa Cikarawang Kabupaten Bogor dalam sistem pengemasan dan marketing hasil taninya. Program edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Cikarawang, Kabupaten Bogor, dalam mengelola hasil tani berupa teh celup herbal berbahan daun ubi jalar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini telah dilaksanakan di Kebun Merdesa, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada Bulan Desember 2024 sampai Februari 2025. Metode: kegiatan ini mencakup sosialisasi, pelatihan desain kemasan dan strategi pemasaran, penerapan teknologi, dan pendampingan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dengan 4 pilihan jawaban dan teknik analisis data kuantitatif dengan deskriptif dan perhitungan skor N.Gain. Hasil: Hasil kegiatan ini menunjukkan efektivitas pelatihan dalam desain kemasan dengan skor N.Gain sebesar 0,497 dan pelatihan Teknik marketing sebesar 0,454. Produk teh celup herbal ini memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan tambahan sekaligus memaksimalkan hasil tani yang selama ini kurang dioptimalkan. Kesimpulan: Dukungan dari pemerintah dan pihak swasta sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan akses teknologi dan modal, guna memastikan keberlanjutan usaha ini.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alamsyah, F. F., Amaliasari, D., & Satriani, I. (2018). Relasi tingkat kepercayaan khalayak terhadap pemberitaan di media massa dengan budaya membandingkan informasi. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2127
- Alamsyah, F. F., Karlinah, S., Sjuchro, D. W., & Agustin, H. (2021). Exploring the different opportunities for information diversity in the digital disruption era. RIGEo: Journal of Social Science and Humanities, 11, 191-198. https://doi.org/10.48047/rigeo.11/5/19
- Andreas, K. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 61-68.
- APJII. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Teknopreuner.
- Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2019). Digital marketing: Strategy, implementation and practice (7th ed.). Pearson.
- Chessa, A. G., & Murre, J. M. J. (2004). A memory model for internet hits after media exposure. Physica A: Statistical Mechanics and its Applications, 333, 541-552.
- Handayani, F. P., & Merdekawati, I. (2019). Kebijakan penggunaan media online website Kompas TV dan YouTube untuk menyalurkan konten eksklusif digital. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(2), 198-211. https://doi.org/10.24198/jkj.v2i2.21361
- Handayani, Y., Wiendarlina, U., Utami, D., et al. (2023). Training on making herbal drink to increase immunity in Pagelaran Village, Ciomas, Bogor. JPMI (Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovatif), 1(2), 1-10.
- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2022). Panduan UMKM Go Digital: Mengoptimalkan marketplace dan media sosial.
- Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. Wiley.
- Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce 2020-2021: Business, technology and society (16th ed.). Pearson.
- McQuail, D. (2014). Mass communication. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781446262467
- Nugraha, Y. A., & Nugroho, D. R. (2019). Rural youth behavior in watching television. Journal of Humanities and Social Studies, 3(1), 45-52.
- Nugraha, Y. A., & Siregar, M. R. S. (2019). Optimizing the utilization of information and communication technology to increase farmers' bargaining power in Ciasmara Village. Journal of Community Engagement, 1(1), 5-10.
- Nugraha, Y. A., & Valdiani, D. (2020). The improvement of tourist-village promotion through the optimization of information and communication technology for rural youth. International Journal of Business, Economic, and Social Development, 1(2), 90-98.
- Nurmala, Y., Zaddana, U. (2021). Pemberdayaan ibu-ibu PKK di Griya Katulampa dengan keterampilan membuat minuman lemon sereh jahe yang kaya akan antioksidan serta pembiasaan hidup bersih dan sehat di masa pandemi Covid-19. DHARMAKARYA: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(3).
- Rizwan, M., Malik, M., & Ahmad, M. (2021). Impact of product packaging on consumer buying behavior. International Journal of Business and Management Studies, 8(3), 45-53.
- Setyowati, E., & Sulistyaningsih, T. (2020). Peningkatan pemasaran produk lokal melalui pemanfaatan media sosial. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1), 20-28.
- Supriyono, R. (2021). Pemanfaatan marketplace dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7(4), 12-19.
- Utami, S., Suhendar, N., & Nhestricia. (2023). Empowerment of youth in Cikarawang Village, Bogor Regency through training and assistance in manufacturing pharmaceutical technology-based kitchen seasoning powder. JPMI (Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovatif), 1(1), 1-9.
References
Alamsyah, F. F., Amaliasari, D., & Satriani, I. (2018). Relasi tingkat kepercayaan khalayak terhadap pemberitaan di media massa dengan budaya membandingkan informasi. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2127
Alamsyah, F. F., Karlinah, S., Sjuchro, D. W., & Agustin, H. (2021). Exploring the different opportunities for information diversity in the digital disruption era. RIGEo: Journal of Social Science and Humanities, 11, 191-198. https://doi.org/10.48047/rigeo.11/5/19
Andreas, K. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 61-68.
APJII. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Teknopreuner.
Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2019). Digital marketing: Strategy, implementation and practice (7th ed.). Pearson.
Chessa, A. G., & Murre, J. M. J. (2004). A memory model for internet hits after media exposure. Physica A: Statistical Mechanics and its Applications, 333, 541-552.
Handayani, F. P., & Merdekawati, I. (2019). Kebijakan penggunaan media online website Kompas TV dan YouTube untuk menyalurkan konten eksklusif digital. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(2), 198-211. https://doi.org/10.24198/jkj.v2i2.21361
Handayani, Y., Wiendarlina, U., Utami, D., et al. (2023). Training on making herbal drink to increase immunity in Pagelaran Village, Ciomas, Bogor. JPMI (Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovatif), 1(2), 1-10.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2022). Panduan UMKM Go Digital: Mengoptimalkan marketplace dan media sosial.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. Wiley.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce 2020-2021: Business, technology and society (16th ed.). Pearson.
McQuail, D. (2014). Mass communication. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781446262467
Nugraha, Y. A., & Nugroho, D. R. (2019). Rural youth behavior in watching television. Journal of Humanities and Social Studies, 3(1), 45-52.
Nugraha, Y. A., & Siregar, M. R. S. (2019). Optimizing the utilization of information and communication technology to increase farmers' bargaining power in Ciasmara Village. Journal of Community Engagement, 1(1), 5-10.
Nugraha, Y. A., & Valdiani, D. (2020). The improvement of tourist-village promotion through the optimization of information and communication technology for rural youth. International Journal of Business, Economic, and Social Development, 1(2), 90-98.
Nurmala, Y., Zaddana, U. (2021). Pemberdayaan ibu-ibu PKK di Griya Katulampa dengan keterampilan membuat minuman lemon sereh jahe yang kaya akan antioksidan serta pembiasaan hidup bersih dan sehat di masa pandemi Covid-19. DHARMAKARYA: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(3).
Rizwan, M., Malik, M., & Ahmad, M. (2021). Impact of product packaging on consumer buying behavior. International Journal of Business and Management Studies, 8(3), 45-53.
Setyowati, E., & Sulistyaningsih, T. (2020). Peningkatan pemasaran produk lokal melalui pemanfaatan media sosial. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(1), 20-28.
Supriyono, R. (2021). Pemanfaatan marketplace dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7(4), 12-19.
Utami, S., Suhendar, N., & Nhestricia. (2023). Empowerment of youth in Cikarawang Village, Bogor Regency through training and assistance in manufacturing pharmaceutical technology-based kitchen seasoning powder. JPMI (Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovatif), 1(1), 1-9.
