Main Article Content

Abstract

Background: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  merupakan bagian penting sistem perekonomian nasional yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan memperkokoh struktur perekonomian. Untuk menjamin optimisme perkembangan UMKM maka diperlukan penguatan kompetensi sumber daya manusia maupun perbaikan manajemen usaha. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengoptimalkan kapasitas UMKM alas kaki  dibidang digital marketing dan tatakelola keuangan melalui trasformasi pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen usaha, sistem pemasaran dan perbaikan tatakelola keuangan. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan perpaduan pelatihan klasikal, pendampingan, bantuan peralatan produksi dan monitoring evaluasi. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang tatakelola keuangan dan pemasaran off line maupun on line, terdapat peningkatan jangkauan wilayah pemasaran, efisiensi biaya, waktu, tenaga serta peningtakan kuantitas dan kualitas produk. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pada UMKM alas kaki telah memberikan dampak positif terhadap pengembangan usaha mereka, khususnya dalam dua aspek utama, yaitu digital marketing dan tata kelola keuangan sehingga berdampak positif pada peningkatan kinerja bisnis.

Keywords

Digital marketing Kinerja bisnis Tatakelolal keungan UMKM Business performance Digital marketing Financial governance MSMEs

Article Details

How to Cite
Mulyono, S., Hendrasto, F., Aprilia, M. E., Putra, O. S., Fitri, B. R. N., & Angga, K. O. (2025). Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM Alas Kaki Melalui Digital Marketing dan Tatakelola Keuangan . Jurnal SOLMA, 14(1), 143–153. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18241

References

Read More