Main Article Content
Abstract
Background: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan bagian penting sistem perekonomian nasional yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan memperkokoh struktur perekonomian. Untuk menjamin optimisme perkembangan UMKM maka diperlukan penguatan kompetensi sumber daya manusia maupun perbaikan manajemen usaha. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengoptimalkan kapasitas UMKM alas kaki dibidang digital marketing dan tatakelola keuangan melalui trasformasi pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen usaha, sistem pemasaran dan perbaikan tatakelola keuangan. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan perpaduan pelatihan klasikal, pendampingan, bantuan peralatan produksi dan monitoring evaluasi. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang tatakelola keuangan dan pemasaran off line maupun on line, terdapat peningkatan jangkauan wilayah pemasaran, efisiensi biaya, waktu, tenaga serta peningtakan kuantitas dan kualitas produk. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pada UMKM alas kaki telah memberikan dampak positif terhadap pengembangan usaha mereka, khususnya dalam dua aspek utama, yaitu digital marketing dan tata kelola keuangan sehingga berdampak positif pada peningkatan kinerja bisnis.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Andi Arifwangsa Adiningrat, Idra Wahyuni, Rustan, & Yuyu Ruhayu. (2023). MSME Performance: Financial Information System, Work Productivity, and E-commerce. Journal of Consumer Sciences, 8(2), 204–219. https://doi.org/10.29244/jcs.8.2.204-219
- Bank Indonesia. (2021). Laporan Stabilitas Keuangan Triwulan II Tahun 2021: Peran UMKM dalam Stabilitas Ekonomi.
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik UMKM di Indonesia. Jakarta: BPS
- Dobovšek, B., & Slak, B. (2017). Economic crisis and “white informal economy” – a slippery slope. In International Journal of Sociology and Social Policy, 37 (7–8), 468–476). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/IJSSP-06-2016-0078
- Era Christianto Putri, G. (2022). Pengembangan Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pada UMKM Dapur Bunda Vivi. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2), 2023, 109-120. https://doi.org/10.17509/tmg.v3i2.60994
- Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15 (2), 77-96.
- Ilarrahmah, M. D., & -, S.-. (2021). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan, Literasi Keuangan Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja UMKM. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 51–64. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3327
- Kusuma, I. A., Dwi, F., Afifah, N., Ruba, M. G., Yudha Utama, Y., & Kediri, I. (2023. Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2 (1),11-23.
- Maulana, A. (2022). Keragaan Industri Alas Kaki Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur. In Value: Journal of Management and Business, 7 (2), 1-6.
- Taan, H., Gani, P., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Ekonomi, J. P., & Author, C. (2024). Financial Literacy and Digital Marketing in Assessing MSME Performance in Kabila Bone, Bone Bolango Literasi Keuangan dan Pemasaran Digital dalam Menilai Kinerja UMKM di Kabila Bone, Bone Bolango. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5 (2),5384-5393.
- Tambunan, T. (2019). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Jakarta: LP3ES.
References
Andi Arifwangsa Adiningrat, Idra Wahyuni, Rustan, & Yuyu Ruhayu. (2023). MSME Performance: Financial Information System, Work Productivity, and E-commerce. Journal of Consumer Sciences, 8(2), 204–219. https://doi.org/10.29244/jcs.8.2.204-219
Bank Indonesia. (2021). Laporan Stabilitas Keuangan Triwulan II Tahun 2021: Peran UMKM dalam Stabilitas Ekonomi.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik UMKM di Indonesia. Jakarta: BPS
Dobovšek, B., & Slak, B. (2017). Economic crisis and “white informal economy” – a slippery slope. In International Journal of Sociology and Social Policy, 37 (7–8), 468–476). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/IJSSP-06-2016-0078
Era Christianto Putri, G. (2022). Pengembangan Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pada UMKM Dapur Bunda Vivi. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2), 2023, 109-120. https://doi.org/10.17509/tmg.v3i2.60994
Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15 (2), 77-96.
Ilarrahmah, M. D., & -, S.-. (2021). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan, Literasi Keuangan Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja UMKM. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 51–64. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3327
Kusuma, I. A., Dwi, F., Afifah, N., Ruba, M. G., Yudha Utama, Y., & Kediri, I. (2023. Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2 (1),11-23.
Maulana, A. (2022). Keragaan Industri Alas Kaki Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur. In Value: Journal of Management and Business, 7 (2), 1-6.
Taan, H., Gani, P., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Ekonomi, J. P., & Author, C. (2024). Financial Literacy and Digital Marketing in Assessing MSME Performance in Kabila Bone, Bone Bolango Literasi Keuangan dan Pemasaran Digital dalam Menilai Kinerja UMKM di Kabila Bone, Bone Bolango. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5 (2),5384-5393.
Tambunan, T. (2019). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Jakarta: LP3ES.