Main Article Content

Abstract

Background: Pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada subjective well-being ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya tekanan psikologis yang dialami siswa akibat tuntutan akademik, masalah pribadi, maupun hubungan social serta kurangnya keterampilan yang memadai untuk mengelola emosi diri. Siswa. Pelatihan ini menggunakan konseling kelompok dengan pendekatan Mindfulness Based Cognitive Therapy yang dilaksanakan di SMP Plus Al Amanah Bojonegoro yang bertujuan untuk meningkatkan Subjective well-being siswa. Metode: Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR) dengan tujuan mengatasi masalah dengan pembelajaran dan praktik. Hasil: Peserta menunjukkan antusiasme tinggi, aktif berpartisipasi, dan memperoleh wawasan baru tentang konseling kelompok Mindfulness Based Cognitive Therapy. Kesimpulan: Pelatihan ini memberikan dampak yang positif dan signifikan diperoleh hasil uji Paired T-test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0.000 < 0.05 artinya membuktikan bahwa pelatihan konseling kelompok dengan pendekatan Mindfulness Based Cognitive Therapy efektif untuk meningkatkan Subjective well-being siswa di SMP Plus Al Amanah Bojonegoro.

Keywords

Konseling Kelompok Pendekatan MBCT Subjective well-being Konseling Kelompok Pendekatan MBCT Subjective well-being

Article Details

How to Cite
Srianturi, Y., Munir, A. F., & Fuadina, N. (2025). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Mindfulness Based Cognitive Therapy Untuk Meningkatkan Subjective well-being Siswa. Jurnal SOLMA, 14(1), 715–723. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18206

References

Read More