Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan berbasis lingkungan di TK Kurnia, Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, melalui program Eco Friendly for Kids. Program ini dirancang untuk membentuk generasi anak yang kreatif dan peduli lingkungan dengan menerapkan metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis praktik langsung. Metode: Pelaksanaan program melibatkan pelatihan bagi guru, penyediaan media pembelajaran ramah lingkungan, serta kegiatan pendukung seperti workshop daur ulang dan penanaman pohon. Hasil: Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesadaran lingkungan pada anak-anak, serta peningkatan keterampilan guru dalam menyampaikan materi lingkungan secara kreatif. Partisipasi aktif orang tua juga menjadi faktor pendukung kesuksesan program ini. Kesimpulan: Melalui program ini, TK Kurnia diharapkan dapat menjadi percontohan dalam penerapan pendidikan lingkungan yang berkelanjutan di tingkat pendidikan anak usia dini.

Keywords

Children's education Environmental awareness Eco Friendly for Kids Pendidikan anak Kesadaran lingkungan Eco Friendly for Kids

Article Details

How to Cite
Fikri, T., & Kusna, S. L. (2025). Pengembangan Pendidikan untuk Anak: Mewujudkan Generasi Kreatif dan Peduli Lingkungan melalui Program Eco Friendly for Kids. Jurnal SOLMA, 14(1), 644–650. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18135

References

  1. Aliriad, H. (2023). Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga. Jurnal MensSana, 8(1), 52–61. https://doi.org/10.24036/MensSana.08012023.07
  2. Evans, G. W., Brauchle, G., Haq, A., Stecker, R., Wong, K., & Shapiro, E. (2007). Young children’s environmental attitudes and behaviors. Environment and Behavior, 39(5), 635–658. https://doi.org/10.1177/0013916506294252
  3. Khotimah, N., & Saroingsong, W. Fikri, m. T., ni’mah, r., & dewi, r. (2021). Membangun kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional benthik. Al ulya : jurnal pendidikan islam, 6(1), 70–86. https://doi.org/10.36840/ulya.v6i1.439
  4. P. (2024). Pengaruh Pembelajaran Eco-Print terhadap Kreativitas Anak Usia Dini pada Budaya Indonesia. 8(June), 843–848. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.5951
  5. Luailiya, N., Misrochah, N., Nurfiani, H., Masyaid, A., & Margi, D. (2024). Pelatihan Eco print dalam Mendukung Kreativitas Siswa Kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. 2(2), 8–16. https://doi.org/10.26623/jpk.v2i2.9619
  6. Marfuah, A., Kinanti, S. P., Handayani, P., Hani, N., Berliani, D. N., Rif, D., & Wahid, U. I. N. K. H. A. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Anak Melalui Eco print. 2(4).
  7. Mwendwa, B., Ecosystem, S., Management, B., & Education, S. (2017). Learning for Sustainable Development: Integrating Environmental Education in the Curriculum of Ordinary Secondary Schools in Tanzania. 12(February).
  8. Novanti, A. D., & Iriaji, I. (2024). Pengembangan Pop Up Book Permainan Tradisional Egrang untuk Mengembangkan Karakter Anak di Kampung Budaya Tanoker Kabupaten Jember. In JoLLA Journal of Language Literature and Arts (Vol. 4, Issue 4, pp. 391–406). State University of Malang (UM). https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p391-406
  9. Panggabean, W., & Wardhani, A. P. (2024). Meningkatkan Kreativitas dan Ekonomi Melalui
  10. Pelatihan Batik Eco print di Desa Bangun Mulya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada
  11. Masyarakat, 5(2), 1684-1689. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9035
  12. Penyusun, T., & Gresik, S. K. (2018). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 nomor 1, edisi Januari – Juni 2018. 3, 97–109.
  13. Rahma, A. N., Zahra, E. L., & Suliyanthini, D. (2022). Penerapan Natural Dye Eco print pada Busana Anak : Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 17(1)
  14. Sasmita, W., Muzaki, M. N., Safitri, R. N., Rahmawati, R., Arro’uf, R. M., Lensi, L. V., ... &
  15. Saputra, A. T. P. (2024). Pengembangan Produk Batik dalam Usaha Menarik Minat
  16. Anak Muda Terhadap Produk Khas Kelurahan Dandangan. Archive: Jurnal
  17. Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 219-231. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.97
  18. Saleem, S., Burns, S., & Perlman, M. (2024). Cultivating young minds: Exploring the
  19. relationship between child socio-emotional competence, early childhood education
  20. and care quality, creativity and self-directed learning. Learning and Individual
  21. Differences, 111, 102440. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440
  22. Utomo, g. M. (2021). Penerapan permainan tradisional dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani pada mahasiswa penjas angkatan 2019 universitas pgri adi buana surabaya. Jurnal kejaora (kesehatan jasmani dan olah raga), 6(1), 197–202. http://dx.doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1153
  23. Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 19–24. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.247