Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: UD. Matha Computer Hebat selaku mitra adalah salah satu UMKM di Kabupaten Ponorogo yang memiliki produk dan layanan jasa berkualitas, usaha ini menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Tujuan dari pengabdian di UD. Matha Computer Hebat adalah mengembangkan strategi pemasaran melalui pendekatan Marketing Public Relations (MPR) agar bisa, 1) Meningkatkan kesadaran masyarakat (Brand Awareness) mengenai produk dan layanan. 2) Menciptakan citra yang baik dan positif di mata konsumen dan masyarakat. 3) Mendorong pelanggan untuk membeli barang atau menggunakan layanan yang diberikan. 4)  Meningkatkan komunikasi yang efektif antara perusahaan dan pelanggan. Metode: Pengabdian menggunakan Participatory Action Research dengan Participatory Rural Apraisal, yaitu berfokus pada pemberdayaan, karena pemberdayaan harus menghasilkan tiga hal sekaligus yaitu peningkatan keragaman dalam masyarakat dan pengetahuan, penyelesaian masalah praktis, dan transformasi masyarakat melalui keragaman. Hasil: Pemasaran public relations di UD. Matha Computer Hebat telah melaksanakan tiga strategi: Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy dalam pengembangan usahanya. Kesimpulan: Dengan merealisasikan  Marketing Public Relations (MPR), UD.Matha Computer Hebat dapat meningkatkan brand awareness, mendapatkan citra positif, memperluas jangkauan pasar, serta membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen sehingga mampu untuk mencapai tujuan jangka panjangnya untuk maju dan berkompetisi di pasar yang semakin kompetitif.

Kata Kunci

Pengabdian Marketing Public Relations Pengembangan Usaha Devotion Marketing Public Relations Business Development

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Heriana, T., Nasrulloh Saputro, A., Fauzan, I., & Neti Purwandari, S. (2025). Pengabdian Masyarakat dalam Merealisasikan Pengembangan Usaha Berbasis Marketing Public Relation (MPR) . Jurnal SOLMA, 14(1), 271–281. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18051

Referensi

  1. Ali, D. S. (2017). Marketing Public Relations Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogjakarta: Deepublish.
  2. Achwan, M., Heriana, T., Mulyanto, T., & Herry Nooryanto, F. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 berbasis Bina Manusia dan Bina Lingkungan. Community Development Journal, 4(2), 5145–5153. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16406
  3. Afandi, A. L. N. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Diakses pada: http://diktis.kemenag.go.id
  4. Fauzan, I., & Heriana, T. (2022). Pendampingan Mitigasi Risiko Ekonomi Kelompok Petani Porang di Desa Mrayan Kecamatan Ngrayun Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i1.1008
  5. imron rosyadi, muhamad. (2018). Analisis Strategi Marketing Public Relations PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk dalam Meningkatkan Pengguna Kartu Brizzi. Komunikator, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/jkm.101001
  6. Linda, T. M., Sari, A. D., Amanda, D., Husadha, A., Wijayanti, I., Zahara, L., Azzahra, F., Amalia, R., Qosim, M. A., Ramadhan, F., & Ramadhan, I. F. (2023). Pengembangan UMKM Kelompok Usaha Bersama Citra Lestari Desa Tanah Merah Melalui Promosi Digitalisasi dan Branding Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(2), 551–557. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i2.4157
  7. Lulu Ilma, M., Faqih, A., Riyadi, A., Negeri Walisongo Semarang, I., Hamka, J., Ngaliyan, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). J U R N A L S O L M A Strategi Pemberdayaan UMKM Logam oleh Astra melalui Yayasan Dharma Bakti Astra Tarikolot Kabupaten Bogor. Jurnal SOLMA, 13(3), 1846–1855. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16894
  8. Makarim, S., & Nugraha, B. (2023). Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Fuji Mebel Sukamantri Ciamis. Jurnal E-Bis, 7(1), 209–222. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1044
  9. Nisa, F. K. (2023). Strategi Marketing Public Relations Pondok Pesantren Lirboyo. June.
  10. Nurfitriani, A., & Suhartini, T. (2018). Strategi Marketing Public Relations Pt. Pos Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA, 1. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika66
  11. Rahmat, Z. (2022). Marketing Public Relations (MPR) Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 315–325. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1863
  12. Setyo, B., Diah, U., Ghifari, R., Masyhari, Y., & Risal, M. (2024). Marketing Public Relations Pemeritah Kabupaten Ponorogo dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6(1), 110–124. https://doi.org/10.33366/jkn.v6i1.465
  13. Supriyatna, A., Susie perbawasari, & Renata anisa. (2023). Strategi Marketing Public Relations dinas kepemudaan olahraga pariwisata dan kebudayaan kabupaten purwakarta. Journal of Digital Communication Science, 1(2), 79–91. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.204
  14. Triatmanto B, A. G. dll. (2024). Model Pemberdayaan Masyarakat Holistik: Berorientasi Potensi Lokal. Uwais Inspirasi Indonesia.
  15. Triatmanto, B., Sanusi, A., & Siswati, A. (2021). Strategi Mempertahankan Usaha Dan Meningkatkan Peran Masyarakat Dimasa Covid-19 Pada Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng. JAST: Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 4(2), 142–152. https://doi.org/10.33366/jast.v4i2.2063
  16. Tulis, C. W. L. (2019). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 107–117. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.586
  17. Yazid, T. P., Angela, S., Iskandar, I., Febriana, R., Rumyeni, R., & Zurani, I. (2023). Pembinaan Unit Usaha Alumni Universitas Riau “Mamil Koki" dalam Rangka Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Marketing Public Relations dan Pemanfaatan Digital Marketplace. Madaniya, 4(3), 1051-1064. https://doi.org/10.53696/27214834.517
  18. Yuliana, S., & Manalu, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Public Relations Untuk Meningkatkat Citra Pt Barakah Medika Nusantara. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 5(1). https://doi.org/10.7454/jabt.v5i1.1041
  19. Yuwono, A., Subagyo, A., Heriana, T., Setyaningrum, D., Mufidah, A. R., & Merdeka Malang, U. (2024). Community Empowerment Through Entrepreneurial Motivation Of 3D Cinema in Pager Village Bungkal District Ponorogo Regency. Community Engagement & Emergence Journal, 5(1).