Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Penyandang disabilitas, khususnya tunarungu, masih menghadapi hambatan dalam mengakses dunia kerja. Sekitar 65% perusahaan di Indonesia enggan mempekerjakan mereka karena kurangnya pemahaman terhadap potensi yang dimiliki. Studi ini bertujuan untuk memberdayakan pelajar tunarungu melalui pelatihan copywriting Bahasa Inggris berbasis kecerdasan buatan guna membuka peluang karier di industri digital global. Metode: Program dilaksanakan di SLB B YAKUT Purwokerto melibatkan 23 siswa SMALB dengan metode blended learning (60% tatap muka, 40% daring) selama 12 minggu. Materi meliputi copywriting dan penggunaan AI tools seperti ChatGPT dan Grammarly. Data dikumpulkan melalui pretest, postest, observasi, portofolio, dan kuesioner kepuasan. Hasil: Terdapat peningkatan rata-rata 40% dalam kemampuan copywriting. Sebanyak 75% proyek siswa memenuhi standar industri. Kepuasan peserta mencapai 85%, dan 80% merasa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi AI. Kesimpulan: Program ini efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri siswa tunarungu melalui pembelajaran berbasis teknologi.

Keywords

Copywriting Kecerdasan Buatan Pemberdayaan Digital Pendidikan Inklusif Tunarungu

Article Details

How to Cite
Kristanto, B., Putri, D., & A, A. S. S. (2025). Memberdayakan Potensi Pelajar Tuna Rungu Melalui Pelatihan Copywriting Bahasa Inggris Berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal SOLMA, 14(2), 2507–2517. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.17842

References

  1. A, G.P., Apsari, N.C., & Mulyana, N. (2018). Penyandang Disabilitas Dalam Dunia Kerja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 234-244. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20499
  2. Ahmad, A., Etfita, F., Wahyuni, S., & Satriani, E. (2022). Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Dengan Bantuan Kecerdasan Buatan di SMKS Budi Dharma Dumai. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 233–241. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.440
  3. Amelia, E., & Azizah, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6127-6140. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4180
  4. Apsari, N.C., & Raharjo, S.T. (2021). Orang dengan Disabilitas: Situasi Tantangan dan Layanan di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 24(3), 159-169. https://doi.org/10.22435/hsr.v24i3.3069
  5. Eka, L., Depi, K., & Nurul, F. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah di Perguruan Tinggi. Seulanga: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan., 2(2), 93-105.
  6. Irawati, I.-., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia, 3(3), 177-187. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776
  7. Khoirunnisa, K., Khoimatun, K., & Dede Hadiansah. (2022). Media Grup Whatsapp Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 703–708. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2207
  8. Manu, G.A., Enstein, J., Fallo, D.Y., Benufinit, Y.A., Sogen, M., & Taku Neno, K.J. (2023). Pendidikan dan Kecerdasan Buatan: Workshop Penerapan Chat GPT dan Text to Speech Prosa.ai untuk Meningkatkan Keterampilan Dosen di Nusa Tenggara Timur. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 16-21.
  9. Munna, Z., Husna, Z., & Rahmi, U. (2024). Evaluasi Progam Pembelajaran Untuk Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1-8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.759
  10. Munawar, Z. (2019). Meningkatkan Kinerja Individu Melalui Kritik/Saran Menggunakan Recommender System. TEMATIK, 6(1), 20-37.
  11. Mustamin, M., idris, M., Ponta, T., Ridwansyah, R., & Mantasia, M. (2024). PKM Peningkatan Keterampilan Elektronika Mahasiswa melalui Aplikasi AI. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 88-97.
  12. Neneng, D.F., Triana, R., Rima, V.P.H. (2023). Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas Tunarungu sebagai Upaya Pemenuhan Hak Atas Kesempatan Kerja pada PT. Protecda Kreasi Prima Kabupaten Wonosobo. Jurnal Global Citizen, 7(2), 11-29.
  13. Purnomo, B.R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 21-30.
  14. Ana Rafikayati, & Muhammad Nurrohman Jauhari. (2021). Studi Tentang Pembelajaran Vokasional Bagi Anak Tunarungu Di SMPN 28 Surabaya. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 77–83. https://doi.org/10.36456/special.vol2.no1.a3888
  15. Tarwana, W., Rustandi, A., & Ijudin, M. (2022). Pendampingan Dan Pelatihan Kompetensi Tutur Bahasa Inggris Santri Sebuah Pondok Pesantren Dalam Mempromosikan Artificial Intelligence Sebagai Media Pembelajaran. Abdimas Galuh, 4(2), 1071-1082. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8163
  16. Septiana, F.I., & Effendi, Z.R. (2020). Mewujudkan Akses Pendidikan Tinggi Bagi Penyandang Disabilitas. Inclusive: Journal of Special Education, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.30999/JSE.V5I1.891
  17. Susiana, S., & Wardah, W. (2019). Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Dalam Mendapatkan Pekerjaan Di Bumn. LAW REFORM, 15(2), 225-238. https://doi.org/10.14710/lr.v15i2.26181
  18. Suvita, Y., Manullang, T.I., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155-164. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.601
  19. Yudianto1 dan Budi Murtiyasa2. (2021). Penggunaan Aplikasi Whatsapp untuk Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 1(8): 830-839. https://doi.org/10.36418/JURNALSOSTECH.V1I8.169