Main Article Content

Abstract

Background: Pelatihan penyusunan soal HOTS bagi Guru Sekolah Dasar Jakarta sangat penting untuk dilaksanakan demi mendukung kebijakan pemerintah dengan kurikulum merdeka yang telah menjadi kebijakan kurikulum nasional pendidikan Indonesia. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pendampingan dalam menyusun soal-soal berorientasi HOTS yang dapat digunakan oleh para guru Sekolah Dasar dalam proses pembelajaran. Harapannya, dengan kebiasaan membuat soal HOTS akan memberikan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan bagi peserta didik di tingkat sekolah dasar khususnya di wilayah Jakarta Pusat.Luaran dari pelatihan ini adalah terkumpulnya referensi dan contoh soal HOTS yang dapat digunakan oleh para Guru SD Jakarta Pusat. Metode: pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan dengan lokakarya dengan mengumpulkan guru-guru Sekolah Dasar di wilayah Jakarta Pusat. Hasil: Pelatihan menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan guru sekolah dasar di Jakarta Pusat dalam mebuat soal-soal berorientasi HOTS. Kesimpulan: Guru-guru sekolah dasar Jakarta Pusat masih membutuhkan pendampingan dan penguatan dalam rangka pembiasaan pembuatan soal berorientasi HOTS di tingkat Sekolah dasar. 

Keywords

Guru Pelatihan Sekolah Dasar Teacher Training Elementary school

Article Details

How to Cite
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2024). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS bagi Guru Sekolah Dasar Jakarta Pusat. Jurnal SOLMA, 13(3), 2500–2507. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.17756

References

Read More