Main Article Content
Abstract
Background: Pelatihan penyusunan soal HOTS bagi Guru Sekolah Dasar Jakarta sangat penting untuk dilaksanakan demi mendukung kebijakan pemerintah dengan kurikulum merdeka yang telah menjadi kebijakan kurikulum nasional pendidikan Indonesia. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pendampingan dalam menyusun soal-soal berorientasi HOTS yang dapat digunakan oleh para guru Sekolah Dasar dalam proses pembelajaran. Harapannya, dengan kebiasaan membuat soal HOTS akan memberikan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan bagi peserta didik di tingkat sekolah dasar khususnya di wilayah Jakarta Pusat.Luaran dari pelatihan ini adalah terkumpulnya referensi dan contoh soal HOTS yang dapat digunakan oleh para Guru SD Jakarta Pusat. Metode: pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan dengan lokakarya dengan mengumpulkan guru-guru Sekolah Dasar di wilayah Jakarta Pusat. Hasil: Pelatihan menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan guru sekolah dasar di Jakarta Pusat dalam mebuat soal-soal berorientasi HOTS. Kesimpulan: Guru-guru sekolah dasar Jakarta Pusat masih membutuhkan pendampingan dan penguatan dalam rangka pembiasaan pembuatan soal berorientasi HOTS di tingkat Sekolah dasar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Anderson, L. W., & Sosniak, L. A. (1994). Bloom's Taxonomy: A Forty-Year Retrospective. Chicago: University of Chicago Press.
- Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Asphar, F. Q., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2635-2643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1276
- Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.
- Depdiknas. (2008). Panduan Penyusunan Soal HOTS untuk Ujian Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Kemendikbud. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2012). Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Strategies, and Assessment. Tallahassee: Educational Services Program.
- Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives. Thousand Oaks: Corwin Press.
- Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325-9332. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3884
- Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, R., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills and its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. http://dx.doi.org/10.33225/pec/18.76.215
- Ritchhart, R., Church, M., & Morrison, K. (2011). Making Thinking Visible: How to Promote Engagement, Understanding, and Independence for All Learners. San Francisco: Jossey-Bass.
- Sternberg, R. J., & Williams, W. M. (1996). How to Develop Student Creativity. Alexandria: ASCD.
- Tan, C. H., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of higher order thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 3(2), 41–47.
- Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
- Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
- Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Higher Order Thinking Skills and Low-Achieving Students: Are they Mutually Exclusive.? The Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202_1
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Anderson, L. W., & Sosniak, L. A. (1994). Bloom's Taxonomy: A Forty-Year Retrospective. Chicago: University of Chicago Press.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asphar, F. Q., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2635-2643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1276
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.
Depdiknas. (2008). Panduan Penyusunan Soal HOTS untuk Ujian Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2012). Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Strategies, and Assessment. Tallahassee: Educational Services Program.
Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives. Thousand Oaks: Corwin Press.
Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325-9332. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3884
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, R., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills and its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. http://dx.doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Ritchhart, R., Church, M., & Morrison, K. (2011). Making Thinking Visible: How to Promote Engagement, Understanding, and Independence for All Learners. San Francisco: Jossey-Bass.
Sternberg, R. J., & Williams, W. M. (1996). How to Develop Student Creativity. Alexandria: ASCD.
Tan, C. H., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of higher order thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 3(2), 41–47.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Higher Order Thinking Skills and Low-Achieving Students: Are they Mutually Exclusive.? The Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202_1