Main Article Content
Abstract
Background: Dalam mewujudkan Surabaya sebagai Kota Layak Anak, maka perlu sekali adanya sekolah, madrasah dan pesantren ramah anak. Sekolah, Madrasah dan Pesantren tidak cukup berjalan sendiri, perlu dampingan dari pihak terkait dalam mewujudkan satuan Pendidikan ramah anak. Dalam pengabdian kali ini, kami mendampingi MTs Negeri 3 Surabaya dan Pondok Pesantren Alif Lam Miim. Pendampingan ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas siswa dan santri untuk menerapkan disiplin positif dan pemenuhan hak anak dalam mewujudkan satuan Pendidikan ramah anak. Pada dasarnya, kedua satuan Pendidikan ini sudah masuk kategori sekolah ramah anak yang terkategori “MAU”. Hanya saja belum terpantau ‘legal’. Sehingga pendampingan ini perlu dilakukan. Metode: Pendampingan ini dilakukan dengan metode PAR (Participatory Action Research). Dalam pendampingan dilakukan dengan tahapan inkulturasi, pendampingan program, serta evaluasi dan tindaklanjut. Hasil: Hasil pengabdian ini menyatakan bahwa terdapat peningkatan penerapan disiplin posited dan pemenuhan hak anak, baik di MTSN 3 Surabaya maupun Pondok Pesantren Alif Laam Miim Surabaya. Kesimpulan: Pendampingan yang dilakukan tidak sampai satu semester ini telah memiliki dampak positif pada dua satuan Pendidikan yang menjadi target pendampingan. Pendampingan penerapan disiplin positif dan pemenuhan hak anak dalam mewujudkan satuan Pendidikan ramah anak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 3 Surabaya tergolong berhasil.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Amanda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Anwar, F., Arifin, Z., & Padang, U. N. Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying. 5, 1. (2020). https://doi.org/10.34125/kp.v5i1
- Amrina, dkk, Sekolah ramah Anak, Tantangan dan peluangnya dalam Pembentukan karakter Siswa di Era Globalisasi, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak USia Dini, 2022, Vol. 6, No. 6, e-issn: 2549-8959, p issn: 2356-1327, hal. 6803-6812.
- Aji, IP, dkk, Penerapan Disiplin Positif dalam Pembelajaran ditinjau melalui Perspektif Kristen (Positive Discipline in Learning reviewed Through a Christian Perspective), JOHME: Journal of Holistic Mathematic Education, Vol. 3, No. 2, June 2020, hal. 216-234.
- Arif, Miftakhul, Maqashid Al Shari’ah sebagai Upaya panduan Etis Pengembangan Pesantren Ramah Anak di Indonesia, Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum dan hukum Islam, issn: 1907-7262, e-issn: 2477 5339, Vol. 14, No.2, Desember 2023, hal. 202-219.
- Awliya N.W, dkk, Efektifitas Penerapan Program Sekolah Ramah Anak dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 4 Pakem Yogyakarta, At-Thullab Jurnal, Mahasiswa Studi Islam, Vo. 5, No. 1, Januari-Juni, 2023, ISSN: 2685-8924, e-issn: 2685-8681, hal. 1281 1291
- Candrasari, Indah, dkk, Sekolah ramah Anak dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Dasar, Fikrotuna, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 16, Nomor 02, Desember 2022, pissn:2441-2401: e-issn 2477-5622.
- Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Ahmad Khoiri. (n.d.). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.
- Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
- Farhani, Pendidikan Islam Ramah Anak (Studi Perlindungan Anak dan Pemenuhan Hak Anak di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Tesis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.
- Fiana, dkk, Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling, Vol. 2, No. 2, April 2023, hal. 26-33.
- Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
- Hidayat, Nur, dkk, Disiplin Positif: Membentuk Karakter Tanpa Hukuman, The Progressive and Fun Education Seminar, ISBN: 978-602-361-045-7, hal. 471 – 477.
- Khan, Sana Ahmad. 2015. Concept Of Child Friendly Schools. https://www.linkedin.com/pulse/concept-child-friendly-schools-sana ahmedkhan. KPAI. Bank (2017). https://bankdata.kpai.go.id Data Perlindungan Anak 2011-2016.
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan Teknologi, Setara, Unicef, Disiplin Positif untuk Merdeka Belajar, Strategi Penerapan pada Jenjang SMA, 2022, ISBN: 978-623-194-042-1.
- KPPPAI RI. (2015) Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
- Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se Kecamatan Semarang Selatan. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257 Dini, 1(1), 38–58.
- Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
- Nugroho, Riant. 2014. Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang: Model-Model Perumusan, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
- Nurlaela, dkk, Strategi Mengatasi Kekerasan terhadap Anak Melalui Pesantren Ramah Anak, Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, vol. 4, No. 4, November 2023, p-issn: 2715-114X, e-issn: 2723-4649, hal. 1257 1264.
- Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak
- Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak
- Pristiwanto, Sony Y, dkk, Disiplin Positif di Sekolah: Contoh Nyata Tergerak, Bergerak, Menggerakkan, PPGP Angkatan 4, hal 1-5. Umar Solahudin, dalam “Goerge, Ritzer. 2014. Teori Sosiologi Modern, PT. KencanaPrenada Media Group, Jakarta.”
- Rahman, M. H. Metode Mendidik Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1, 2, (2019), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2
- Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), https://doi.org/10.31314/pjia .8.1.38-52.2019 8(1), 38.
- Rusnawati, dkk, Urgensi Penerapan Kedisiplinan pada Peserta Didik dalam Belajar di Lingkungan Sekolah, Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, p-issn: 1907-5553, e-issn: 2047-2787, Vol. 17, No. 2, Desember 2022, hal. 88-99.
- Saini, Mukhamat, Model Pengembangan Pesantren Ramah Anak sebagai Upaya Deradikalisasi Keagamaan Sejak Dini, Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, e-issn: 2686, p-issn: xxx-xxxx, Vol. 02. No. 01, Juni 2020, hal. 73 91.
- Setyawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: Intelegensia Media.
- Subur, dkk, Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo, Prosiding Konferensi Nasional ke-7, Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Jakarta, 23-25 Maret 2018, ISBN 978-602-50710-5-8.
- Sutami, Beny, dkk Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak Di Kota Batu, Reformasi ISSN 2088-7469 (Paper) ISSN 2407-6864 (Online) Volume 10 Nomor 1 (2020) 19 https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/index
- Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28C. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.
- Widodo, Joko. 2017. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi, Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.
- Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789 15(1), 86–94
- Yosada, K. R., & Kurniati, A. Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal pendidikan dasar perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5, 2, (2019). https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2
References
Amanda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Anwar, F., Arifin, Z., & Padang, U. N. Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying. 5, 1. (2020). https://doi.org/10.34125/kp.v5i1
Amrina, dkk, Sekolah ramah Anak, Tantangan dan peluangnya dalam Pembentukan karakter Siswa di Era Globalisasi, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak USia Dini, 2022, Vol. 6, No. 6, e-issn: 2549-8959, p issn: 2356-1327, hal. 6803-6812.
Aji, IP, dkk, Penerapan Disiplin Positif dalam Pembelajaran ditinjau melalui Perspektif Kristen (Positive Discipline in Learning reviewed Through a Christian Perspective), JOHME: Journal of Holistic Mathematic Education, Vol. 3, No. 2, June 2020, hal. 216-234.
Arif, Miftakhul, Maqashid Al Shari’ah sebagai Upaya panduan Etis Pengembangan Pesantren Ramah Anak di Indonesia, Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum dan hukum Islam, issn: 1907-7262, e-issn: 2477 5339, Vol. 14, No.2, Desember 2023, hal. 202-219.
Awliya N.W, dkk, Efektifitas Penerapan Program Sekolah Ramah Anak dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 4 Pakem Yogyakarta, At-Thullab Jurnal, Mahasiswa Studi Islam, Vo. 5, No. 1, Januari-Juni, 2023, ISSN: 2685-8924, e-issn: 2685-8681, hal. 1281 1291
Candrasari, Indah, dkk, Sekolah ramah Anak dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Dasar, Fikrotuna, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 16, Nomor 02, Desember 2022, pissn:2441-2401: e-issn 2477-5622.
Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Ahmad Khoiri. (n.d.). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Farhani, Pendidikan Islam Ramah Anak (Studi Perlindungan Anak dan Pemenuhan Hak Anak di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Tesis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.
Fiana, dkk, Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling, Vol. 2, No. 2, April 2023, hal. 26-33.
Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
Hidayat, Nur, dkk, Disiplin Positif: Membentuk Karakter Tanpa Hukuman, The Progressive and Fun Education Seminar, ISBN: 978-602-361-045-7, hal. 471 – 477.
Khan, Sana Ahmad. 2015. Concept Of Child Friendly Schools. https://www.linkedin.com/pulse/concept-child-friendly-schools-sana ahmedkhan. KPAI. Bank (2017). https://bankdata.kpai.go.id Data Perlindungan Anak 2011-2016.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan Teknologi, Setara, Unicef, Disiplin Positif untuk Merdeka Belajar, Strategi Penerapan pada Jenjang SMA, 2022, ISBN: 978-623-194-042-1.
KPPPAI RI. (2015) Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se Kecamatan Semarang Selatan. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257 Dini, 1(1), 38–58.
Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Nugroho, Riant. 2014. Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang: Model-Model Perumusan, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Nurlaela, dkk, Strategi Mengatasi Kekerasan terhadap Anak Melalui Pesantren Ramah Anak, Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, vol. 4, No. 4, November 2023, p-issn: 2715-114X, e-issn: 2723-4649, hal. 1257 1264.
Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak
Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak
Pristiwanto, Sony Y, dkk, Disiplin Positif di Sekolah: Contoh Nyata Tergerak, Bergerak, Menggerakkan, PPGP Angkatan 4, hal 1-5. Umar Solahudin, dalam “Goerge, Ritzer. 2014. Teori Sosiologi Modern, PT. KencanaPrenada Media Group, Jakarta.”
Rahman, M. H. Metode Mendidik Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1, 2, (2019), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), https://doi.org/10.31314/pjia .8.1.38-52.2019 8(1), 38.
Rusnawati, dkk, Urgensi Penerapan Kedisiplinan pada Peserta Didik dalam Belajar di Lingkungan Sekolah, Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, p-issn: 1907-5553, e-issn: 2047-2787, Vol. 17, No. 2, Desember 2022, hal. 88-99.
Saini, Mukhamat, Model Pengembangan Pesantren Ramah Anak sebagai Upaya Deradikalisasi Keagamaan Sejak Dini, Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, e-issn: 2686, p-issn: xxx-xxxx, Vol. 02. No. 01, Juni 2020, hal. 73 91.
Setyawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: Intelegensia Media.
Subur, dkk, Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo, Prosiding Konferensi Nasional ke-7, Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Jakarta, 23-25 Maret 2018, ISBN 978-602-50710-5-8.
Sutami, Beny, dkk Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak Di Kota Batu, Reformasi ISSN 2088-7469 (Paper) ISSN 2407-6864 (Online) Volume 10 Nomor 1 (2020) 19 https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/index
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28C. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.
Widodo, Joko. 2017. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi, Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.
Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789 15(1), 86–94
Yosada, K. R., & Kurniati, A. Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal pendidikan dasar perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5, 2, (2019). https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2