Main Article Content
Abstract
Background: Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Palembang masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 (6C’s) karena keterbatasan strategi dan dominasi metode konvensional. Pendampingan diperlukan untuk membantu guru mengintegrasikan konsep 6C’s secara efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode: Kegiatan ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan Educational Action Research. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dalam enam pertemuan. Evaluasi dilakukan secara sumatif menggunakan angket untuk mengukur efektivitas pendampingan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Hasil: Pendampingan ini membantu guru meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran berbasis 6C’s (critical thinking, creative thinking, communication, collaboration, computational thinking, dan compassion). Guru mampu menyusun modul ajar yang lebih inovatif, serta menerapkan metode pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan memiliki karakter yang kuat. Kesimpulan: Pendampingan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru PAI dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Modul ajar yang dihasilkan lebih interaktif dan relevan, serta mendorong penerapan strategi pembelajaran yang inovatif, sehingga siswa dapat memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman, et al. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jurnal Sains Dan Seni ITS. Vol. 6. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.
- Agustina, Indah. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0.” Universitas Negeri Medan, n.d., 2.
- Ambarwati. “Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Melalui Pendampingan KS Teknik Diskusi Terarah.” Jurnal Profesi Keguruan 7, no. 1 (2021): 15–22.
- Ariandari, and Weindy Pramita. “Mengintegrasikan Higher Order Thinking Dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY,” 2015, 491.
- Asikin, M. Komunikasi Matematika Dalam RME. Disajikan Dalam Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME) 14-15 November 2001. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma, 2001.
- Asrizal, Asrizal, Festiyed Festiyed, and Ramadhan Sumarmin. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27.
- Azmar, and Nora Junita. “Masa Depan Perpustakaan Seiring Perkembangan Revolusi Industri 4.0: Mengevaluasi Peranan Pustakawan.” IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal) 12, no. 1 (2018): 35.
- Badu, Syamsu Q. Gaya Kerja Milenial Dan Tantangan Kolaborasi Di Era Disrupsi Teknologi. Prosding Seminar Nasional, 2019.
- Catlin, D., & Woollard, J. “Educational Robots And Computational thinking. In Proceedings Of 4th International Workshop Teaching Robotics, Teaching With Robotics & 5th International Conference Robotics In Education,” Pp. 144–151, 2014.
- Dennis, Fitriyan. Simple Tips Berpikir Kreatif. Esensi, 2009.
- Dillenbourg. Collaborative learning; Cognitive and Computational Aproaches, Advances in Learning and Instruction Serries. New York: Elsevier Science, Inc, 1999.
- Durrotunnisa, and Hanita Ratna Nur. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32.
- Elizabert E., K. Barkley, Patricia Cross, and Clarie Howell Major. Collaborative learning Techniques, III. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2014.
- Emily R. Lai. Collaborations: A Literature Review,. Pearson, 2011.
- Fauzi, A. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia, 2004.
- Fauzi, Iwan. “Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju Di Sekolah Dasar.” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2022): 43–52.
- Ganna, Resty Palilu, Resnita Dewi, and Anastasia Baan. “Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 3, no. 1 (2024): 176–87.
- Gilbert, Paul. “Compassion and Cruelty: A Biopsychosocial Approach.” In Compassion, 9–74. Routledge, 2005.
- Grover, S., & Pea, R. “Computational thinking: A Competency Whose Time Has Come.” Computer Science Education: Perspectives On Teaching And Learning In School, 2018, 9.
- Iswantun, Iswantun. “Dampak PJJ; Pengaruh Motivasi, Kesiapan Dan Interaksi Belajar Terhadap Pengetahuan Media Dan E-Learning.” Journal of Instructional and Development Researches 2, no. 3 (2022): 95–105. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.132.
- Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna, Diterjemahkan Oleh Ibnu Setiawan. California: Corwin Press, Inc., Thousand Oaks., 2007.
- Juldial, Tri Upi Hajarwati, and Rudi Haryadi. “Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (2024): 136–44.
- Kamil, Mustofa. Model-Model Pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.
- Karolina, Asri, and Rafia Arcanita. Pembelajaran Berbasis 6C’S Abad 21. Curup: LP2 IAIN Curup, 2022.
- Kirana, Anik, Rizky Tri Azari, Prasetyo Kurniawan, and Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Melatih Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru.” Journal of Education Research 5, no. 1 (2024): 9–16.
- Kurjum, Mohammad, Abdul Muhid, and Muhammad Thohir. “Think-Pair-Share Model As Solution to Develop Students’ Critical thinking in Islamic Studies: Is It Effective?” Jurnal Cakrawala Pendidikan 39, no. 1 (2020): 144–55. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28762.
- Lee, Samuel Kai Wah Chu. Rebecca B. Reynolds Nicole J. Tavares. Michele Notari Celina Wing Yi. 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning From Theory to Practice. Hong Kong: The University of Hong Kong, 2017.
- Lestari, E G, and I Mariska. “Pengaruh Berbagai Formulasi Media Terhadap Regenerasi Kalus Padi Indica.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian Rintisan Dan Bioteknologi Tanaman, 2003. Bogor, no. May (2003): 23–24.
- M, Chiu M. “Group Problem Solving Processes; Social Interactions And Individual Actions".” Journal for the Theory of Sosial Behavior 30, no. 1 (2009): 27–50.
- Muhammad Iqbal Harisuddin. Secuil Esensi Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Tera Firma, 2019.
- Muthmainnah, Fitri, and Budiyono Budiyono. “Analysis of Learning Outcomes Module Material for Madrasah Ibtidaiyah Teachers of Teacher Professional Education in Position.” Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School 6, no. 2 (2022): 49–57. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i2.1570.
- Neff, Kristin. “The Development and Validation of a Scale to Measure Self_compassion Diterbitkan Dalam 2: 223–250.” Journal of Self and Identity, 2 (2003): 223–50.
- Rahmatullah, Inanna, and Andi Tenri Ampa. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12, no. 2 (2020): 317–27.
- Rahmayanti, Dela, and Putra Jaya. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika.” Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika 8, no. 4 (2020): 107–13.
- Rofi’uddin, A. H., Gatut Susanto, Didin Widyartono, Sultan Sultan, and Helmi Muzakki. “Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning Di SMA.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5, no. 2 (2022): 527–36. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.414.
- Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Salman Alfarisy Totalia, and Mohammad Maykuri. Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaan SMK. Direktoran Pembinaan Sekolah Menengaj Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
- Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Tira Smart, 2019.
- Setiawati, H and Aloysius Duran Corebima. “Empowering Critical thinking Skills Of The Students Having Different Academic Ability in Biology Learning of Senior High School through PQ4R - TPS Strategy.” The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention (IJSSHI) 4, no. 5 (2017): 6.
- Silberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia, 2011.
- Siswono, T. Y. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains (JMPS) 10, no. 1 (2005): 1–9.
- Soeharto, K. Komunikasi Pembelajaran. Surabaya: SIC, 1AD.
- Sofyan, Ahmad, and Abuddin Nata. “Curriculum Development Evaluation of the Islamic Education Study Program in the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training.” International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science 6, no. 6 (2023): 52–72.
- Sugiyono. Metodelogi Penelitian Pendidikan ;Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
- Sukmanasa, Elly, Lina Novita, and Aries Maesya. “Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (2020): 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140.
- Sumantri, Budi Agus. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 2 (2019): 146–67. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661.
- Suparno, S. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
- Suranto, Suranto. “Budaya Organisasi Sekolah Dalam Mencapai Prestasi (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Sukoharjo Perspektif Naturalistik).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2005.
- Suratman, and Eka Eriyanti. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
- Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
- Tim, Oleh :, Bidang Kurikulum, and Kampus Merdeka. Draft Buku Panduan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 2020.
- Trilling, B. & Fadel, C. 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. Amerika: Josseybass Wiley, 2009.
- Wahyudi, wahyudi. “implementasi teams games tournament untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas sekolah dasar.” Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan 14, no. 01 (2024): 88–97.
- Waluyo, waluyo, and sukatiman sukatiman. “peningkatan minat guru pada perencanaan penelitian tindakan kelas berkarakter pembelajaran abad-21.” Qalamuna: jurnal pendidikan, sosial, dan agama 13, no. 2 (2021): 359–80. Https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.961.
- Wing, J. Research Notebook: Computational thinking—What And Why. The Link Magazine, 2011.
- Wing, Jeannette M. “Computational thinking.” Communications of the ACM 49, no. 3 (2006): 33–35.
- Yogyakarta, Tim PPPG Matematika. Materi Pembinaan Matematika SMP Di Daerah. Yogyakarta : Depdiknas, 2005.
- Yusuf Ansori. “Profil Mental Computation Mahasiswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” In Skripsi, 2. Surabaya: Unesa, 2012.
- Zubaidah, S. “Mengenal 4c: Learning And Inovation Skills Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Makalah.” In Disampaikan Dalam Seminar 2nd Science Education National Conference. Di Universitas Trunojoyo Madura, n.d.
References
Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman, et al. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jurnal Sains Dan Seni ITS. Vol. 6. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.
Agustina, Indah. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0.” Universitas Negeri Medan, n.d., 2.
Ambarwati. “Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Melalui Pendampingan KS Teknik Diskusi Terarah.” Jurnal Profesi Keguruan 7, no. 1 (2021): 15–22.
Ariandari, and Weindy Pramita. “Mengintegrasikan Higher Order Thinking Dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY,” 2015, 491.
Asikin, M. Komunikasi Matematika Dalam RME. Disajikan Dalam Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME) 14-15 November 2001. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma, 2001.
Asrizal, Asrizal, Festiyed Festiyed, and Ramadhan Sumarmin. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27.
Azmar, and Nora Junita. “Masa Depan Perpustakaan Seiring Perkembangan Revolusi Industri 4.0: Mengevaluasi Peranan Pustakawan.” IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal) 12, no. 1 (2018): 35.
Badu, Syamsu Q. Gaya Kerja Milenial Dan Tantangan Kolaborasi Di Era Disrupsi Teknologi. Prosding Seminar Nasional, 2019.
Catlin, D., & Woollard, J. “Educational Robots And Computational thinking. In Proceedings Of 4th International Workshop Teaching Robotics, Teaching With Robotics & 5th International Conference Robotics In Education,” Pp. 144–151, 2014.
Dennis, Fitriyan. Simple Tips Berpikir Kreatif. Esensi, 2009.
Dillenbourg. Collaborative learning; Cognitive and Computational Aproaches, Advances in Learning and Instruction Serries. New York: Elsevier Science, Inc, 1999.
Durrotunnisa, and Hanita Ratna Nur. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32.
Elizabert E., K. Barkley, Patricia Cross, and Clarie Howell Major. Collaborative learning Techniques, III. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2014.
Emily R. Lai. Collaborations: A Literature Review,. Pearson, 2011.
Fauzi, A. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia, 2004.
Fauzi, Iwan. “Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju Di Sekolah Dasar.” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2022): 43–52.
Ganna, Resty Palilu, Resnita Dewi, and Anastasia Baan. “Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 3, no. 1 (2024): 176–87.
Gilbert, Paul. “Compassion and Cruelty: A Biopsychosocial Approach.” In Compassion, 9–74. Routledge, 2005.
Grover, S., & Pea, R. “Computational thinking: A Competency Whose Time Has Come.” Computer Science Education: Perspectives On Teaching And Learning In School, 2018, 9.
Iswantun, Iswantun. “Dampak PJJ; Pengaruh Motivasi, Kesiapan Dan Interaksi Belajar Terhadap Pengetahuan Media Dan E-Learning.” Journal of Instructional and Development Researches 2, no. 3 (2022): 95–105. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.132.
Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna, Diterjemahkan Oleh Ibnu Setiawan. California: Corwin Press, Inc., Thousand Oaks., 2007.
Juldial, Tri Upi Hajarwati, and Rudi Haryadi. “Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (2024): 136–44.
Kamil, Mustofa. Model-Model Pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.
Karolina, Asri, and Rafia Arcanita. Pembelajaran Berbasis 6C’S Abad 21. Curup: LP2 IAIN Curup, 2022.
Kirana, Anik, Rizky Tri Azari, Prasetyo Kurniawan, and Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Melatih Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru.” Journal of Education Research 5, no. 1 (2024): 9–16.
Kurjum, Mohammad, Abdul Muhid, and Muhammad Thohir. “Think-Pair-Share Model As Solution to Develop Students’ Critical thinking in Islamic Studies: Is It Effective?” Jurnal Cakrawala Pendidikan 39, no. 1 (2020): 144–55. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28762.
Lee, Samuel Kai Wah Chu. Rebecca B. Reynolds Nicole J. Tavares. Michele Notari Celina Wing Yi. 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning From Theory to Practice. Hong Kong: The University of Hong Kong, 2017.
Lestari, E G, and I Mariska. “Pengaruh Berbagai Formulasi Media Terhadap Regenerasi Kalus Padi Indica.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian Rintisan Dan Bioteknologi Tanaman, 2003. Bogor, no. May (2003): 23–24.
M, Chiu M. “Group Problem Solving Processes; Social Interactions And Individual Actions".” Journal for the Theory of Sosial Behavior 30, no. 1 (2009): 27–50.
Muhammad Iqbal Harisuddin. Secuil Esensi Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Tera Firma, 2019.
Muthmainnah, Fitri, and Budiyono Budiyono. “Analysis of Learning Outcomes Module Material for Madrasah Ibtidaiyah Teachers of Teacher Professional Education in Position.” Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School 6, no. 2 (2022): 49–57. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i2.1570.
Neff, Kristin. “The Development and Validation of a Scale to Measure Self_compassion Diterbitkan Dalam 2: 223–250.” Journal of Self and Identity, 2 (2003): 223–50.
Rahmatullah, Inanna, and Andi Tenri Ampa. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12, no. 2 (2020): 317–27.
Rahmayanti, Dela, and Putra Jaya. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika.” Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika 8, no. 4 (2020): 107–13.
Rofi’uddin, A. H., Gatut Susanto, Didin Widyartono, Sultan Sultan, and Helmi Muzakki. “Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning Di SMA.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5, no. 2 (2022): 527–36. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.414.
Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Salman Alfarisy Totalia, and Mohammad Maykuri. Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaan SMK. Direktoran Pembinaan Sekolah Menengaj Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Tira Smart, 2019.
Setiawati, H and Aloysius Duran Corebima. “Empowering Critical thinking Skills Of The Students Having Different Academic Ability in Biology Learning of Senior High School through PQ4R - TPS Strategy.” The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention (IJSSHI) 4, no. 5 (2017): 6.
Silberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia, 2011.
Siswono, T. Y. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains (JMPS) 10, no. 1 (2005): 1–9.
Soeharto, K. Komunikasi Pembelajaran. Surabaya: SIC, 1AD.
Sofyan, Ahmad, and Abuddin Nata. “Curriculum Development Evaluation of the Islamic Education Study Program in the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training.” International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science 6, no. 6 (2023): 52–72.
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Pendidikan ;Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sukmanasa, Elly, Lina Novita, and Aries Maesya. “Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (2020): 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140.
Sumantri, Budi Agus. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 2 (2019): 146–67. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661.
Suparno, S. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
Suranto, Suranto. “Budaya Organisasi Sekolah Dalam Mencapai Prestasi (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Sukoharjo Perspektif Naturalistik).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2005.
Suratman, and Eka Eriyanti. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Tim, Oleh :, Bidang Kurikulum, and Kampus Merdeka. Draft Buku Panduan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 2020.
Trilling, B. & Fadel, C. 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. Amerika: Josseybass Wiley, 2009.
Wahyudi, wahyudi. “implementasi teams games tournament untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas sekolah dasar.” Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan 14, no. 01 (2024): 88–97.
Waluyo, waluyo, and sukatiman sukatiman. “peningkatan minat guru pada perencanaan penelitian tindakan kelas berkarakter pembelajaran abad-21.” Qalamuna: jurnal pendidikan, sosial, dan agama 13, no. 2 (2021): 359–80. Https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.961.
Wing, J. Research Notebook: Computational thinking—What And Why. The Link Magazine, 2011.
Wing, Jeannette M. “Computational thinking.” Communications of the ACM 49, no. 3 (2006): 33–35.
Yogyakarta, Tim PPPG Matematika. Materi Pembinaan Matematika SMP Di Daerah. Yogyakarta : Depdiknas, 2005.
Yusuf Ansori. “Profil Mental Computation Mahasiswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” In Skripsi, 2. Surabaya: Unesa, 2012.
Zubaidah, S. “Mengenal 4c: Learning And Inovation Skills Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Makalah.” In Disampaikan Dalam Seminar 2nd Science Education National Conference. Di Universitas Trunojoyo Madura, n.d.