Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Rendahnya kemampuan numerasi siswa Kombel dan anggota UMKM Disabilitas akibat minimnya kesadaran dan pengetahuan mendorong perlunya edukasi, pelatihan, serta pemanfaatan teknologi bantu asistif yang aksesibel. Studi ini bertujuan meningkatkan kemampuan numerasi siswa tuna rungu di Kombel SLBN dan anggota UMKM Disabilitas melalui Program KOSABANGSA (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat). Metode: Identifikasi kebutuhan, penyusunan modul, pelaksanaan edukasi, pelatihan berbasis teknologi asistif, serta evaluasi dan pendampingan. Hasil: Peningkatan pada aspek pengaplikasian simbol sebesar 41,9%, analisis informasi 18,5%, dan interpretasi hasil 24,4%. Sementara itu, UMKM Disabilitas mengalami peningkatan masing-masing sebesar 31,3%, 25%, dan 19,3% pada aspek yang sama secara berturut-turut. Kesimpulan: Program ini berkontribusi positif peningkatan kemampuan numerasi peserta, baik siswa Kombel SLBN maupun anggota UMKM Disabilitas setelah diberikan edukasi dan pelatihan berbasis teknologi asistif non SIBI.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Agustina, E., & Zayyadi, M. (2023). Kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah inklusi. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 15-20.
- Amri, M. (2022). Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
- Ardiansyah, L. Y., Palit, J., & Prasetyo, R. (2024). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dan Promosi Digital Untuk UMKM. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 217–232.
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Penyandang Disabilitas di Indonesia. Jakarta: BPS.
- Frogner, J., Hanisch, H. M., Kvam, L., & Witsø, A. E. (2023). A Glass House of Care: Sheltered Employment for Persons with Intellectual Disabilities. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 282–294. https://doi.org/10.16993/sjdr.992
- Gal, Iddo & Grotlüschen, Anke & Tout, Dave & Kaiser, Gabriele. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field (ZDM Survey paper ). ZDM -International Journal on Mathematics Education. 52. 377-394
- Hardonk, S., & Halldórsdóttir, S. (2021). Work inclusion through supported employment? Perspectives of job counsellors in iceland. Scandinavian Journal of Disability Research, 23(1), 39–49. https://doi.org/10.16993/sjdr.767
- Iwuagwu, A., Okah, P., Nnama-Okechukwu, C., Chukwu, N., Agha, A., Anazonwu, N., Onalu, C., & Okoye, U. (2023). Barriers to Social Inclusion among Older Adults with Disabilities in Imo State, Nigeria: A Descriptive Phenomenological Inquiry. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 132–146. https://doi.org/10.16993/sjdr.997
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2019). Literasi Numerasi untuk Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud.
- Krantz, O., Melander, S., & Bahner, J. (2023). The Personal is Political – And Then What? Ideology, Representation, and Legitimacy in a Swedish Disability Organisation. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 198–211. https://doi.org/10.16993/sjdr.1001
- Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal, 27(2).
- Lokan, J., Doig, B., & Underwood, C. (2000). Numeracy assessment and associated issues. Department of Education, Training and Youth Affairs. https://research.acer.edu.au/ar_misc/30.
- Lundberg, C. S. (2022). Is There an Ableist Paradox in Frontline Workers’ Success Stories About Disability and Work Inclusion? Scandinavian Journal of Disability Research, 24(1), 1–14. https://doi.org/10.16993/sjdr.838
- Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20-25
- Nugraha, F., & Sari, L. (2020). "Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Numerasi untuk UMKM." Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 85-97
- Nugraheni, P., Purwoko, R. Y., Purwaningsih, W. I., & Febriyanti, I. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Siswa Tunagrahita. Edupedia, 8(1), 46-57.
- Pemerintah Kabupaten Sorong. (2023). Laporan Tahunan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sorong. Sorong: Pemda Sorong
- Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan sebagai upaya melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 221-226.
- Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
- Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262-3273.
- Skagestad, L. J., Østensjø, S., & Ulvik, O. S. (2023). Young Adults with Disabilities and their Transitions to Adult Life and Services: A Sociocultural Analysis of Parents’ Perspectives on their Involvement. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 106–118. https://doi.org/10.16993/sjdr.890
- Sugihartha, I. W., Budiarta, I. N. E., Kristina, N. P. D., Kristiani, K. S., & Ardana, I. K. S. (2023). Lentera Edukasi Life Skills Bagi Komunitas Inklusif Perempuan Kolok di Desa Bengkala. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 316-322).
- Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Medan: Guepedia Publisher.
- Westwood, P.S. (2021). Teaching for Numeracy Across the Age Range: An Introduction. Singapore: Springer Singapore.
- Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. In Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, pp. 44-48).
- Yusran, A., et al. (2021). "Efektivitas Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pelatihan Literasi Numerasi pada UMKM." Jurnal Ekonomi & Manajemen UMKM, 6(1), 33-45
References
Agustina, E., & Zayyadi, M. (2023). Kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah inklusi. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 15-20.
Amri, M. (2022). Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Ardiansyah, L. Y., Palit, J., & Prasetyo, R. (2024). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dan Promosi Digital Untuk UMKM. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 217–232.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Penyandang Disabilitas di Indonesia. Jakarta: BPS.
Frogner, J., Hanisch, H. M., Kvam, L., & Witsø, A. E. (2023). A Glass House of Care: Sheltered Employment for Persons with Intellectual Disabilities. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 282–294. https://doi.org/10.16993/sjdr.992
Gal, Iddo & Grotlüschen, Anke & Tout, Dave & Kaiser, Gabriele. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field (ZDM Survey paper ). ZDM -International Journal on Mathematics Education. 52. 377-394
Hardonk, S., & Halldórsdóttir, S. (2021). Work inclusion through supported employment? Perspectives of job counsellors in iceland. Scandinavian Journal of Disability Research, 23(1), 39–49. https://doi.org/10.16993/sjdr.767
Iwuagwu, A., Okah, P., Nnama-Okechukwu, C., Chukwu, N., Agha, A., Anazonwu, N., Onalu, C., & Okoye, U. (2023). Barriers to Social Inclusion among Older Adults with Disabilities in Imo State, Nigeria: A Descriptive Phenomenological Inquiry. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 132–146. https://doi.org/10.16993/sjdr.997
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2019). Literasi Numerasi untuk Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud.
Krantz, O., Melander, S., & Bahner, J. (2023). The Personal is Political – And Then What? Ideology, Representation, and Legitimacy in a Swedish Disability Organisation. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 198–211. https://doi.org/10.16993/sjdr.1001
Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal, 27(2).
Lokan, J., Doig, B., & Underwood, C. (2000). Numeracy assessment and associated issues. Department of Education, Training and Youth Affairs. https://research.acer.edu.au/ar_misc/30.
Lundberg, C. S. (2022). Is There an Ableist Paradox in Frontline Workers’ Success Stories About Disability and Work Inclusion? Scandinavian Journal of Disability Research, 24(1), 1–14. https://doi.org/10.16993/sjdr.838
Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20-25
Nugraha, F., & Sari, L. (2020). "Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Numerasi untuk UMKM." Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 85-97
Nugraheni, P., Purwoko, R. Y., Purwaningsih, W. I., & Febriyanti, I. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Siswa Tunagrahita. Edupedia, 8(1), 46-57.
Pemerintah Kabupaten Sorong. (2023). Laporan Tahunan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sorong. Sorong: Pemda Sorong
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan sebagai upaya melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 221-226.
Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262-3273.
Skagestad, L. J., Østensjø, S., & Ulvik, O. S. (2023). Young Adults with Disabilities and their Transitions to Adult Life and Services: A Sociocultural Analysis of Parents’ Perspectives on their Involvement. Scandinavian Journal of Disability Research, 25(1), 106–118. https://doi.org/10.16993/sjdr.890
Sugihartha, I. W., Budiarta, I. N. E., Kristina, N. P. D., Kristiani, K. S., & Ardana, I. K. S. (2023). Lentera Edukasi Life Skills Bagi Komunitas Inklusif Perempuan Kolok di Desa Bengkala. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 316-322).
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Medan: Guepedia Publisher.
Westwood, P.S. (2021). Teaching for Numeracy Across the Age Range: An Introduction. Singapore: Springer Singapore.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. In Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, pp. 44-48).
Yusran, A., et al. (2021). "Efektivitas Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pelatihan Literasi Numerasi pada UMKM." Jurnal Ekonomi & Manajemen UMKM, 6(1), 33-45