Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pusat Green Therapy Indonesia Timur menyediakan layanan terapi alam bagi anak berkebutuhan khusus. Meskipun green therapy terbukti bermanfaat, kesadaran masyarakat terhadap terapi ini masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran untuk memperkenalkan layanan yang tersedia. Metode: Strategi pemasaran yang diterapkan meliputi seminar green therapy, festival green therapy, serta pembuatan alat pemasaran berupa katalog dan brosur layanan. Hasil: Kegiatan ini menghasilkan dua tools pemasaran, yaitu katalog dan brosur, yang berhasil digunakan dalam kampanye green therapy. Selain itu, seminar dan festival green therapy terbukti meningkatkan jumlah anak berkebutuhan khusus yang memanfaatkan layanan Pusat Green Therapy Indonesia Timur. Kesimpulan: Program ini efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap green therapy serta memperluas jangkauan layanan bagi anak berkebutuhan khusus.

Keywords

Anak Berkebutuhan Khusus Green Therapy Pusat Green Therapy Pusat Terapi Strategi Marketing

Article Details

How to Cite
Hayati, R. S., Husain, R., Fadly, F., & Ma’rifah, D. R. (2025). Pengembangan Strategi Marketing Pusat Green Therapy Indonesia Timur. Jurnal SOLMA, 14(1), 1098–1108. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17234

References

  1. Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201
  2. Ahmad Budi Sulistio. (2019). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. Jurnal ProFilm 2020-Boim-Membangun Branding, 1–16. https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf
  3. Anthoni Sentoso, Angeline, Angela Adriyanti Yang, Dennis Yang, Leonard Suryadi Yusuftan, & Whitney Ong. (2023). Pengaplikasian Digital Marketing Tools Terhadap Qbee Nail Salon. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(9), 3395–3402. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i9.5655
  4. Azza, G., & Dores, A. (2018). Sistem informasi manajemen marketing tools serta penerapan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) pada proses uji kualitas barang (studi kasus: PT Edi Indonesia ). Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober), 107-114. https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/109
  5. Christhy, a. (2021). Perancangan Advertising Tools Melalui Media Elektronik untuk UMKM Legend Computer. Proceeding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 229–236. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
  6. DelSesto, M. Christos Gallis (ed.): Green care for human therapy, social innovation, rural economy, and education. Agric Hum Values 34, 239–240 (2017). https://doi.org/10.1007/s10460-016-9735-y
  7. Fitrani, L. D., Herlambang C.P, Y., Hasanah U.D, N., Purnamasari, L., Hudiwinarsih, G., & Riqqoh, A. K. (2023). Pemanfaatan Social Media Marketing Tools Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(3), 563. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i3.7828
  8. Golovkova, L. S., Yukhnovska, Y. O., & Ryzhenko, O. M. (2023). The development of ecological (green) and rural tourism for the disabled people in Ukraine. Journal of Geology, Geography and Geoecology, 32(1), 26–35. https://doi.org/10.15421/112303
  9. Hakim, L., Nanda, I., Bahtiar, Y., & Jasiah. (2021). Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan: Pemahaman, Penerapan Dan Efektifitas. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 128–138. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.20
  10. Hayati, R. S., Haerul Syam, & Rafelia Husain. (2023). Pusat Green Therapy Indonesia Timur Untuk Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-40-423. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php /snppm/article/view/39332
  11. Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
  12. Mardiana, C., & Adiani, N. (2018). Pemanfaatan Marketing Tools Dalam Pemasaran Produk Ukm Sepatu Kulit Di Desa Seruni Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan …, 611–618. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/384
  13. Mariana, S. (2024). Pengembangan strategi pemasaran dan promosi produk umkm telur asin. Jurnal Media Akademik, 2(1), 1334–1346. https://doi.org/10.62281/v2i1.112
  14. Santi, A., Floren Elvinis, J., & Silvana, V. (2021). Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Perancangan Company Profile Dan Marketing Tools Sebagai Alat. Http;//Journal.Uib.Ac.Id/Index.Php/Nacospro, 3, 158–163. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
  15. Setiadi, T. ., MS, A. H. B. N. ., Fajri, L. R. H. A. ., & Ilhami, S. D. (2023). Implementasi Desain Digital Kreatif Untuk Branding Produk Berbasis Mobile Untuk Pelaku Umkm Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11961–11969. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20639
  16. Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335