Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Di era modern ini, literasi keuangan menjadi keterampilan penting yang perlu dikuasai sejak dini. Pemahaman yang baik tentang cara mengelola uang, menabung, dan berinvestasi dapat membantu anak-anak membangun masa depan yang lebih stabil dan sejahtera. Namun, banyak anak yang masih kurang mendapatkan edukasi keuangan yang efektif. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar sebagai landasan pendidikan yang bermutu, sehingga dapat membentuk perilaku keuangan yang bijak dan mandiri di masa mendatang. Metode: Analisis masalah, merancang produk, membuat produk, dan implementasi. Hasil: Adanya peningkatan pemahaman anak terhadap pentingnya merencanakan pengeluaran dan mengelola pendapatan, memahami besar untung atau rugi usaha, dan mulai terbentuk mindset tentang pentingnya mendahulukan menabung. Kesimpulan: Kegiatan ini dapat diimplementasikan di sekolah untuk mendukung pendidikan yang bermutu dan pembentukan karakter sejak dini.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan: Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156-171.
- Damayanti, A. V., & Nugraheni, N. (2024). Implementasi Pendidikan Berkelanjutan Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Sekolah Dasar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(2), 1-7.
- Ferdiansyah, R. A., Putri, R. Y., Prawira, E. B., Prayitno, P. H., Upoyo, A. B., & Agustin, T. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan dan Pasar Modal bagi Siswa SMAN 1 Lawang. Khidmat: Journal of Community Service, 1(2), 55-65.
- Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.
- Hafizha, N., & Rakhmania, R. (2024). Dampak Program Penguatan Literasi pada Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 171-179.
- Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media Game Digital SD/MI berbasis Karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.
- Kemendikbud. (2022). Kegunaan Asesmen Nasional pada Rapor Pendidikan. Retrieved from https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6545994268185-Kegunaan-Asesmen-Nasional-pada-Rapor-Pendidikan
- Khoiriah, N., Karolina, K., & Lukito, C. P. (2024). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Cinangka Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(2), 205-210.
- Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164.
- Lisana, L., Dinata, H., & Tanudjaja, G. V. (2025). Playing to learn: Game-based approach to financial literacy for generation Z. Entertainment Computing, 52, 100896.
- Lusardi, A., & Messy, F.-A. (2023). The importance of financial literacy and its impact on financial wellbeing. Journal of Financial Literacy and Wellbeing, 1(1), 1-11.
- Melisa, M., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1039-1051.
- Nadhira, S. (2024). 7 Aturan Uang. Akuatika Indonesia Raya.
- Oktaviani, D. I., Gusnardi, G., Caska, C., Suarman, S., & Indrawati, H. (2025). Enhancing Financial Literacy Through Educational Game-Based Learning Materials. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 19(1), 534-555.
- Safitri, W. C. D. (2020). Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181-190.
- Shafa, A. I., Prastyo, A., & Jamaluddin, M. (2024). Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 69-75.
- Umamah, N. F., Zahro, I. P., Cahyani, A. I., Anggira, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 68-79.
- Unggul, L. D., Rahim, M. E., Fazira, N. K., Sholihah, N., & Rizkiana, N. (2024). Implementasi SDGs Pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui BerLiMPah (Bersama Lima Menit Pungut Sampah). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47-55.
- Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.
- Yusup, A. (2024). Pentingnya Pemahaman Finansial dalam Mempersiapkan Generasi Muda Mandiri. Jurnal Komunitas Literasi, 1(1), 23-30.
References
Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan: Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 156-171.
Damayanti, A. V., & Nugraheni, N. (2024). Implementasi Pendidikan Berkelanjutan Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Sekolah Dasar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(2), 1-7.
Ferdiansyah, R. A., Putri, R. Y., Prawira, E. B., Prayitno, P. H., Upoyo, A. B., & Agustin, T. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan dan Pasar Modal bagi Siswa SMAN 1 Lawang. Khidmat: Journal of Community Service, 1(2), 55-65.
Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.
Hafizha, N., & Rakhmania, R. (2024). Dampak Program Penguatan Literasi pada Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 171-179.
Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media Game Digital SD/MI berbasis Karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.
Kemendikbud. (2022). Kegunaan Asesmen Nasional pada Rapor Pendidikan. Retrieved from https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6545994268185-Kegunaan-Asesmen-Nasional-pada-Rapor-Pendidikan
Khoiriah, N., Karolina, K., & Lukito, C. P. (2024). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Cinangka Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(2), 205-210.
Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164.
Lisana, L., Dinata, H., & Tanudjaja, G. V. (2025). Playing to learn: Game-based approach to financial literacy for generation Z. Entertainment Computing, 52, 100896.
Lusardi, A., & Messy, F.-A. (2023). The importance of financial literacy and its impact on financial wellbeing. Journal of Financial Literacy and Wellbeing, 1(1), 1-11.
Melisa, M., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1039-1051.
Nadhira, S. (2024). 7 Aturan Uang. Akuatika Indonesia Raya.
Oktaviani, D. I., Gusnardi, G., Caska, C., Suarman, S., & Indrawati, H. (2025). Enhancing Financial Literacy Through Educational Game-Based Learning Materials. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 19(1), 534-555.
Safitri, W. C. D. (2020). Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181-190.
Shafa, A. I., Prastyo, A., & Jamaluddin, M. (2024). Efektivitas Pelatihan Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Pada Siswa SDN Ketawanggede Malang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 69-75.
Umamah, N. F., Zahro, I. P., Cahyani, A. I., Anggira, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 68-79.
Unggul, L. D., Rahim, M. E., Fazira, N. K., Sholihah, N., & Rizkiana, N. (2024). Implementasi SDGs Pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui BerLiMPah (Bersama Lima Menit Pungut Sampah). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47-55.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.
Yusup, A. (2024). Pentingnya Pemahaman Finansial dalam Mempersiapkan Generasi Muda Mandiri. Jurnal Komunitas Literasi, 1(1), 23-30.