Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Pemanfaatan aplikasi berbasis digital sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini karena teknologi digital dapat menghadirkan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan relevan bagi anak-anak akan tetapi sayangnya tidak semua guru memiliki kecakapan dan mampu memilih jenis aplikasi pembelajaran yang sesuai, karena itulah maka dibutuhkan edukasi pelatihan dan sekaligus pendampingan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di PKG Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam pemanfaatan aplikasi berbasis digital guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak usia dini. Melalui program pelatihan dan pendampingan ini, guru-guru diperkenalkan dengan berbagai aplikasi digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif, serta diberikan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Metode: Metode pendampingan ini meliputi pelatihan, pendampingan praktis, evaluasi, dan diskusi studi kasus. Tahapannya terdiri dari persiapan (identifikasi kebutuhan dan materi), pelaksanaan (penggunaan aplikasi dan simulasi kelas), evaluasi (refleksi dan asesmen), serta tindak lanjut (monitoring dan dukungan berkelanjutan). Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan ini membantu guru dalam meningkatkan kompetensi digitalnya, memahami cara efektif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta mampu merancang kegiatan yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini. Kesimpulan: Keberhasilan program ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pembelajaran yang lebih adaptif, menarik, dan berkualitas pada tingkat pendidikan anak usia dini, sekaligus mengakselerasi kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital di era pendidikan 4.0.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aditya, F., Widiatmaka, P., Rahnang, R., & Purwoko, A. A. (2022). Pembentukan Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Yang Bervariatif. In (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra). https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.17351.
- Afrida, A., Harizon, H., & Bakar, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. In Jurnal Karya Abdi Masyarakat. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426.
- Amseke, F. V., Lelo, K., Banoet, J., & Afi, A. V. (2024). Penguatan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD di Kabupaten Kupang. Solma Ihamka, 13(2), 1209–1219. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14566.
- Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. In Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658.
- Baharun, H., Sulhadi, S., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. In Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763.
- Baihaqi, W. M., Putri, A. D., Mutiara, D. A., Nursaddam, M., & Izzati, F. A. (2023). Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. In Society Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.263.
- Budiarti, E. (2023). Efektifitas Penggunaan Smartphone oleh Orang Tua dalam Membantu Pembelajaran Anak Usia Dini. 7(5), 5553–5563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5165
- Budiarti, E., & Kurniati, K. N. (2024). Developing Children’s Creativity Through the TikTok Social Media Platform. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 154–169. https://doi.org/10.21009/jpud.181.11
- Budiarti, E., Kurniawati, R., Amperawati, L., Rustatik, R., Andriani, A., & ... (2022). Improving the Cognitive Aspect of Children Aged 5-6 Through Numeral Literacy. Jurnal Scientia, 11(2), 546–550. https://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/959.
- Budiarti, E., & Yasmin Adar, S. (2023). Impact of Digital Media on Social-Emotional Development in Early Childhood: A Case Study at TK Kartika XX-46 Kendari. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/jga.2023.82-04.
- Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. In Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779.
- Fasha, A. K., & Hibana, H. (2023). Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jea (Jurnal Edukasi Aud). https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728.
- Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2021). A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education Enhancing Academic Practice (Third edit). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203891414-11.
- Gani, A., & Hidayat, T. (2023). Workshop Pembuatan Konten Edukasi Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.58291/abdisultan.v1i1.190.
- Hermida, J. (2014). Facilitating Deep Learning Pathways to Success for University and College Teachers (1st Editio). Apple Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1201/b17103.
- Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063.
- Ira Miyarni Sustianingsih, N., Helvi Darsi, N., & Isbandiyah, N. (2022). Workshop Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Di Sman Noman Musi Rawas Utara. Bakti Nusantara Linggau Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 13–17. https://doi.org/10.55526/bnl.v2i3.407.
- Kodir, A., & Fatanti, M. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Pendidik Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Komputer. In Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Jp2m). https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20153.
- Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. In Sap (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033.
- Novita, D., & Wulandari, S. (2020). Implementasi Aplikasi Classdojo Sebagai Buku Penghubung Guru Di Paud Rabbani Jakarta Selatan. In Qardhul Hasan Media Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2290.
- Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19. In Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.
- Pentury, H. J., & Anggraeni, A. D. (2022). E-Literasi Dalam Mengembangkan Pedagogi Kreatif Guru Paud. Research and Development Journal of Education, 8(1), 58. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11298
- Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. In Mimbar Pendidikan. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.
- Putri, W. E., & Mudinillah, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Rambah Pada Masa Pandemi Covid 19. In Edustream Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52.
- Rahmadini, F., Suzanti, L., & Widjayatri, R. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Melalui Aplikasi “Giat Bergerak” Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19. In Aulad Journal on Early Childhood. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.368.
- Ratri, A. A., Tyas, I. C., & Hilmy, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Filmora Dalam Rangka Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka Di KKG Guru SD Singojuruh Banyuwangi. In Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.495.
- Rohman, M., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. In Jurnal Reforma. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.
- Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.
- Siregar, S. L., & Subiyantoro, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In Edukids Jurnal Pertumbuhan Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.31828
- Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. In Best Journal (Biology Education Sains and Technology). https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437.
- Sumarni, S., Andika, W. D., Utami, F., Siregar, R. R., Vira, E. L., & Oktarina, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Holistik Integratif. Solma Uhamka, 13(2), 1038–1046. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14141.
- Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Di Taman Kanak-Kanak. In Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05.
- Ulya, A. R., Lubis, I., & Sukiman, S. (2023). Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge Dan Analisis Kebutuhan Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. In Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.501.
- Wijonarko, P., Wagiman, W., Khana, R., Tundo, T., Salam, A., James, B., & Tampubolon, P. (2023). Penerapan Dan Kontribusi Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Menafsir Teks Hukum (Studi Kasus Penafsiran Pasal 10, Pasal 13, Permenkes No.889 Tahun 2011). In Jurnal Kajian Teknik Elektro. https://doi.org/10.52447/jkte.v8i2.7061.
- Yuniarti, A. R., Agustini, D. A. R., Sutedy, W., Kuswanto, K., Nurdiansyah, N., Cendekia, A. P., & Daniswara, B. A. (2023). Pelatihan Penerapan Aplikasi Kids Note Sebagai Buku Penghubung Digital Di Sekolah. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5905.
References
Aditya, F., Widiatmaka, P., Rahnang, R., & Purwoko, A. A. (2022). Pembentukan Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Yang Bervariatif. In (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra). https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.17351.
Afrida, A., Harizon, H., & Bakar, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. In Jurnal Karya Abdi Masyarakat. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426.
Amseke, F. V., Lelo, K., Banoet, J., & Afi, A. V. (2024). Penguatan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD di Kabupaten Kupang. Solma Ihamka, 13(2), 1209–1219. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14566.
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. In Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658.
Baharun, H., Sulhadi, S., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. In Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763.
Baihaqi, W. M., Putri, A. D., Mutiara, D. A., Nursaddam, M., & Izzati, F. A. (2023). Pemanfaatan Canva Dan Powtoon Untuk Peningkatan Kualitas Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. In Society Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.263.
Budiarti, E. (2023). Efektifitas Penggunaan Smartphone oleh Orang Tua dalam Membantu Pembelajaran Anak Usia Dini. 7(5), 5553–5563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5165
Budiarti, E., & Kurniati, K. N. (2024). Developing Children’s Creativity Through the TikTok Social Media Platform. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 18(1), 154–169. https://doi.org/10.21009/jpud.181.11
Budiarti, E., Kurniawati, R., Amperawati, L., Rustatik, R., Andriani, A., & ... (2022). Improving the Cognitive Aspect of Children Aged 5-6 Through Numeral Literacy. Jurnal Scientia, 11(2), 546–550. https://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/959.
Budiarti, E., & Yasmin Adar, S. (2023). Impact of Digital Media on Social-Emotional Development in Early Childhood: A Case Study at TK Kartika XX-46 Kendari. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/jga.2023.82-04.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. In Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779.
Fasha, A. K., & Hibana, H. (2023). Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jea (Jurnal Edukasi Aud). https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728.
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2021). A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education Enhancing Academic Practice (Third edit). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203891414-11.
Gani, A., & Hidayat, T. (2023). Workshop Pembuatan Konten Edukasi Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.58291/abdisultan.v1i1.190.
Hermida, J. (2014). Facilitating Deep Learning Pathways to Success for University and College Teachers (1st Editio). Apple Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1201/b17103.
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063.
Ira Miyarni Sustianingsih, N., Helvi Darsi, N., & Isbandiyah, N. (2022). Workshop Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Di Sman Noman Musi Rawas Utara. Bakti Nusantara Linggau Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 13–17. https://doi.org/10.55526/bnl.v2i3.407.
Kodir, A., & Fatanti, M. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Pendidik Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Komputer. In Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Jp2m). https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20153.
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. In Sap (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033.
Novita, D., & Wulandari, S. (2020). Implementasi Aplikasi Classdojo Sebagai Buku Penghubung Guru Di Paud Rabbani Jakarta Selatan. In Qardhul Hasan Media Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2290.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19. In Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.
Pentury, H. J., & Anggraeni, A. D. (2022). E-Literasi Dalam Mengembangkan Pedagogi Kreatif Guru Paud. Research and Development Journal of Education, 8(1), 58. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11298
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. In Mimbar Pendidikan. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.
Putri, W. E., & Mudinillah, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Rambah Pada Masa Pandemi Covid 19. In Edustream Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.26740/eds.v7n1.p37-52.
Rahmadini, F., Suzanti, L., & Widjayatri, R. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Melalui Aplikasi “Giat Bergerak” Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19. In Aulad Journal on Early Childhood. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.368.
Ratri, A. A., Tyas, I. C., & Hilmy, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Filmora Dalam Rangka Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka Di KKG Guru SD Singojuruh Banyuwangi. In Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.495.
Rohman, M., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. In Jurnal Reforma. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.
Siregar, S. L., & Subiyantoro, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In Edukids Jurnal Pertumbuhan Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.31828
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. In Best Journal (Biology Education Sains and Technology). https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437.
Sumarni, S., Andika, W. D., Utami, F., Siregar, R. R., Vira, E. L., & Oktarina, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Holistik Integratif. Solma Uhamka, 13(2), 1038–1046. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14141.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Di Taman Kanak-Kanak. In Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05.
Ulya, A. R., Lubis, I., & Sukiman, S. (2023). Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge Dan Analisis Kebutuhan Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. In Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.501.
Wijonarko, P., Wagiman, W., Khana, R., Tundo, T., Salam, A., James, B., & Tampubolon, P. (2023). Penerapan Dan Kontribusi Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Menafsir Teks Hukum (Studi Kasus Penafsiran Pasal 10, Pasal 13, Permenkes No.889 Tahun 2011). In Jurnal Kajian Teknik Elektro. https://doi.org/10.52447/jkte.v8i2.7061.
Yuniarti, A. R., Agustini, D. A. R., Sutedy, W., Kuswanto, K., Nurdiansyah, N., Cendekia, A. P., & Daniswara, B. A. (2023). Pelatihan Penerapan Aplikasi Kids Note Sebagai Buku Penghubung Digital Di Sekolah. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5905.