Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan halal di komunitas Muslim global perlu ditingkatkan. Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan menghadapi kesulitan dalam memperoleh pangan halal yang berkualitas dan terjangkau di lingkungan dengan mayoritas non-Muslim. Oleh karena itu, mereka harus lebih bijak dalam memilih makanan yang sesuai. Metode: Pelatihan ini dilakukan melalui ceramah dan sosialisasi kepada 21 PMI di Taiwan. Untuk mengukur peningkatan pemahaman, peserta mengisi angket pre-test dan post-test melalui Google Form. Hasil: Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 57,8 pada pre-test menjadi 83,7 pada post-test. Sebanyak 95,24% peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang pentingnya konsumsi pangan halal dan gizi seimbang. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran PMI di Taiwan dalam memilih makanan halal dan bergizi, sehingga dapat mendukung kesejahteraan mereka selama bekerja di luar negeri.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Azharita, R., Rahmi, H., & Yuniarti, F. (2023). Edukasi Kehalalan pada Produk Pangan untuk Anggota Aisyiyah Jatimakmur. Jurnal SOLMA, 12(3), 1047–1055. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11327
- Billah, A., Rahman, M. A., & Hossain, M. T. Bin. (2020). Factors influencing Muslim and non-Muslim consumers’ consumption behavior: A case study on halal food. Journal of Foodservice Business Research, 23(4), 324–349. https://doi.org/10.1080/15378020.2020.1768040
- Gillani, S., Ijaz, F., & Khan, M. M. S. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review, 3(01), 29–49.
- Izza, N. N., & Rusydiana, A. S. (2023). A Qualitative Review on Halal Food: NVivo Approach. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 90–106. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/FICCOMSS/article/view/10856
- Mahendra, Z. F., & Surwandono, S. (2021). The Strategy of Taiwan Government to Build Muslim Friendly Environment. Politea, 4(2), 208. https://doi.org/10.21043/politea.v4i2.12467
- Mohamed, Y. H., Abdul Rahim, A. R., & Ma’aram, A. (2020). The effect of halal supply chain management on halal integrity assurance for the food industry in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1734–1750. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2018-0240
- Mospa Darma, Nawir Yuslem, & Muhammad Yadi Harahap. (2021). Produk Pangan Berlabel Halal sebagai Ketahanan Nasional Baru di Kota Medan. Jurnal Lemhannas RI, 9(3), 156–175. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i3.411
- Muslih, M. (2020). Ketahanan Pangan Dan Halal Food Dalam Hukum Islam. Jakarta, Media Edukasi Indonesia.
- Pradana, M., Wardhana, A., Rubiyanti, N., Syahputra, S., & Utami, D. G. (2022). Halal food purchase intention of Muslim students in Spain: testing the moderating effect of need-for-cognition. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 434–445. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2020-0122
- Purnasari, Nu., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2019). Menilai Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 57. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4569
- Qardhawi, M. Y. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. Jakarta, Bina Ilmu.
- Qolbi, A., Atiya, N., & Rustanti, E. (2024). Tren Penelitian Konsumsi Produk Halal di Dunia; dengan pendekatan Bibliomteric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 911. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12342
- Rifa’i, M. N. (2018). Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 111. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515
- Setyaningsih, R. (2021). Taiwan Halal Tourism Industry: Policy and Practice. Proceedings of the 3rd International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2020, 22-23 July 2020, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2307875
- Wim, N. M., Rahardjo, T., & Qurrota Ayun, P. (2024). Adaptasi Budaya Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan. Interaksi Online, 12(3), 926–938.
References
Azharita, R., Rahmi, H., & Yuniarti, F. (2023). Edukasi Kehalalan pada Produk Pangan untuk Anggota Aisyiyah Jatimakmur. Jurnal SOLMA, 12(3), 1047–1055. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11327
Billah, A., Rahman, M. A., & Hossain, M. T. Bin. (2020). Factors influencing Muslim and non-Muslim consumers’ consumption behavior: A case study on halal food. Journal of Foodservice Business Research, 23(4), 324–349. https://doi.org/10.1080/15378020.2020.1768040
Gillani, S., Ijaz, F., & Khan, M. M. S. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review, 3(01), 29–49.
Izza, N. N., & Rusydiana, A. S. (2023). A Qualitative Review on Halal Food: NVivo Approach. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 90–106. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/FICCOMSS/article/view/10856
Mahendra, Z. F., & Surwandono, S. (2021). The Strategy of Taiwan Government to Build Muslim Friendly Environment. Politea, 4(2), 208. https://doi.org/10.21043/politea.v4i2.12467
Mohamed, Y. H., Abdul Rahim, A. R., & Ma’aram, A. (2020). The effect of halal supply chain management on halal integrity assurance for the food industry in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1734–1750. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2018-0240
Mospa Darma, Nawir Yuslem, & Muhammad Yadi Harahap. (2021). Produk Pangan Berlabel Halal sebagai Ketahanan Nasional Baru di Kota Medan. Jurnal Lemhannas RI, 9(3), 156–175. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i3.411
Muslih, M. (2020). Ketahanan Pangan Dan Halal Food Dalam Hukum Islam. Jakarta, Media Edukasi Indonesia.
Pradana, M., Wardhana, A., Rubiyanti, N., Syahputra, S., & Utami, D. G. (2022). Halal food purchase intention of Muslim students in Spain: testing the moderating effect of need-for-cognition. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 434–445. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2020-0122
Purnasari, Nu., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2019). Menilai Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 57. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4569
Qardhawi, M. Y. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. Jakarta, Bina Ilmu.
Qolbi, A., Atiya, N., & Rustanti, E. (2024). Tren Penelitian Konsumsi Produk Halal di Dunia; dengan pendekatan Bibliomteric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 911. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12342
Rifa’i, M. N. (2018). Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 111. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515
Setyaningsih, R. (2021). Taiwan Halal Tourism Industry: Policy and Practice. Proceedings of the 3rd International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2020, 22-23 July 2020, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2307875
Wim, N. M., Rahardjo, T., & Qurrota Ayun, P. (2024). Adaptasi Budaya Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan. Interaksi Online, 12(3), 926–938.