Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendahuluan: Kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan halal di komunitas Muslim global perlu ditingkatkan. Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan menghadapi kesulitan dalam memperoleh pangan halal yang berkualitas dan terjangkau di lingkungan dengan mayoritas non-Muslim. Oleh karena itu, mereka harus lebih bijak dalam memilih makanan yang sesuai. Metode: Pelatihan ini dilakukan melalui ceramah dan sosialisasi kepada 21 PMI di Taiwan. Untuk mengukur peningkatan pemahaman, peserta mengisi angket pre-test dan post-test melalui Google Form. Hasil: Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 57,8 pada pre-test menjadi 83,7 pada post-test. Sebanyak 95,24% peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang pentingnya konsumsi pangan halal dan gizi seimbang. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran PMI di Taiwan dalam memilih makanan halal dan bergizi, sehingga dapat mendukung kesejahteraan mereka selama bekerja di luar negeri.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Setyawan, A., Linda, O., & Ashari, C. R. (2025). Pelatihan Integrasi Praktik Konsumsi Makanan Halal dan Bergizi Bagi Pekerja Migran Indonesia di Taiwan. Jurnal SOLMA, 14(1), 1082–1087. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17009

Referensi

  1. Azharita, R., Rahmi, H., & Yuniarti, F. (2023). Edukasi Kehalalan pada Produk Pangan untuk Anggota Aisyiyah Jatimakmur. Jurnal SOLMA, 12(3), 1047–1055. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.11327
  2. Billah, A., Rahman, M. A., & Hossain, M. T. Bin. (2020). Factors influencing Muslim and non-Muslim consumers’ consumption behavior: A case study on halal food. Journal of Foodservice Business Research, 23(4), 324–349. https://doi.org/10.1080/15378020.2020.1768040
  3. Gillani, S., Ijaz, F., & Khan, M. M. S. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review, 3(01), 29–49.
  4. Izza, N. N., & Rusydiana, A. S. (2023). A Qualitative Review on Halal Food: NVivo Approach. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 90–106. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/FICCOMSS/article/view/10856
  5. Mahendra, Z. F., & Surwandono, S. (2021). The Strategy of Taiwan Government to Build Muslim Friendly Environment. Politea, 4(2), 208. https://doi.org/10.21043/politea.v4i2.12467
  6. Mohamed, Y. H., Abdul Rahim, A. R., & Ma’aram, A. (2020). The effect of halal supply chain management on halal integrity assurance for the food industry in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1734–1750. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2018-0240
  7. Mospa Darma, Nawir Yuslem, & Muhammad Yadi Harahap. (2021). Produk Pangan Berlabel Halal sebagai Ketahanan Nasional Baru di Kota Medan. Jurnal Lemhannas RI, 9(3), 156–175. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i3.411
  8. Muslih, M. (2020). Ketahanan Pangan Dan Halal Food Dalam Hukum Islam. Jakarta, Media Edukasi Indonesia.
  9. Pradana, M., Wardhana, A., Rubiyanti, N., Syahputra, S., & Utami, D. G. (2022). Halal food purchase intention of Muslim students in Spain: testing the moderating effect of need-for-cognition. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 434–445. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2020-0122
  10. Purnasari, Nu., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2019). Menilai Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 57. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4569
  11. Qardhawi, M. Y. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. Jakarta, Bina Ilmu.
  12. Qolbi, A., Atiya, N., & Rustanti, E. (2024). Tren Penelitian Konsumsi Produk Halal di Dunia; dengan pendekatan Bibliomteric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 911. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12342
  13. Rifa’i, M. N. (2018). Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwan. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 111. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.6515
  14. Setyaningsih, R. (2021). Taiwan Halal Tourism Industry: Policy and Practice. Proceedings of the 3rd International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2020, 22-23 July 2020, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2307875
  15. Wim, N. M., Rahardjo, T., & Qurrota Ayun, P. (2024). Adaptasi Budaya Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan. Interaksi Online, 12(3), 926–938.