Main Article Content
Abstract
Background: Kesehatan mental menjadi fokus dalam penguatan sumber daya manusia. Upaya menjaga kesehatan mental menjadi fokus dalam berbagai lini saat ini, termasuk pendidikan. Peran seluruh civitas akademika di sekolah menjadikan PIK-R sebagai konselor sebaya untuk dapat berkontribusi dalam mencapaian tujuan ini. Sayangnya, perlu adanya peningkatan kapabilitas konselor sebaya dalam menangani masalah kesehatan mental dengan keterampilan dasar membantu. Dukungan psikologis melalui psychological first aid (PFA) sangat dibutuhkan sebagai pertolongan pertama bagi rekan sebaya yang mengalami masalah traumatis atau krisis. Metode: pelatihan PFA dilakukan dengan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap 15 siswa PIK-R SMA N 1 Kepanjen Malang. Kegiatan inti pelaksanaan pelatihan menggunakan model structure learning approach (SLA). Hasil: terdapat perubahan yang signifikan dari hasil pretest-posttest yang didapatkan dari uji wilxocon dengan signifikasi sebesar 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan PFA berhasil memperkuat kapabilitas peran konselor sebaya dalam menangani masalah kesehatan mental.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ahmad, H., & Hartati, A. (2016). Penerapan Teknik Structure Learning Approach Dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi Bk Ikip Mataram. Jurnal Realita, 1(2503–1708), 117–127.
- Anggraini, D., Haiga, Y., & Lidra Maribeth, A. (2022). Pelatihan Peer-Councelor Sebagai Pendengar Aktif Pada Gejala Stres, Cemas Dan Depresi. Tahun, 4(1), 13–17. https://www.youtube.com/watch?v=AeSu-B5Gr8.
- Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10
- Bitter, M. A. S. J. R. (2013). Adlerian Group COunselling and Therapy. In Journal of Petrology (Vol. 369, Issue 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Bonaria, J. (2021). Gangguan kesehatan mental yang disebabkan oleh pendidikan jarak jauh terhadap mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(01), 1512–1518. http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/307
- Edmawati, M. D., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Psychological First Aid Training untuk Meningkatkan Mental Health Awarness pada Remaja di Era Pandemi Covid 19. 1–11.
- Ervina, A. (2015). Hubungan Gangguan Tidur dengan Status Mental Emosional pada Anak Berumur 14-17 Tahun.
- Hidayah, N., & Yuliana, A. T. (2020). Keefektifan Teknik Structured Learning Approach untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sumenep. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–12.
- Indarjo, S. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 48–57. https://doi.org/10.15294/kemas.v5i1.1860
- Irmawan, W., Sundawan, M. D., & ... (2019). Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. … Pendidikan Matematika, 6(1), 92–100. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/310%0Ahttps://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/download/310/265
- Khasanah, N. N. (2020). Peran peer counselor sebagai Agent of Change dalam perilaku Anti Kekerasan Seksual pada Anak. Unissula Nursing Conference Call for Paper & …. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/unc/article/view/15456%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/unc/article/download/15456/5431
- Kurniawan, K., Yosep, I., Khoirunnisa, K., & Nugraha, P. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Masyarakat melalui Pelatihan Duta Kader Kesehatan Jiwa. 7(3), 1–6.
- Kurniawati, Y., Hasanah, N., Zahro, E. B., Psikologi, D., & Brawijaya, U. (2023). Psikoedukasi Dukungan Teman Sebaya Melalui Psychological First Aid ( PFA ) Pada Remaja. 5(2), 212–221.
- Layla, T. dkk. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292
- Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650
- Minihan, E., & Gavin, B. (2020). COVID-19 , mental health and psychological first aid. 259–263. https://doi.org/10.1017/ipm.2020.41
- Nasional, K. P. P. N. B. P. P. (2020). Pedoman Teknis Perancanaan Aksi (pp. 1–114). Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_300217
- Palupi, G. R. P., Agustin, R. W., & Satwika, P. A. (2018). Pengaruh Pelatihan Manajemen Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa FK UNS Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Wacana, 10(2), 1–15.
- Praptikaningtyas, A. A. I., Wahyuni, A. A. S., & Aryani, L. N. A. (2019). Hubungan Tingkat Depresi pada Remaja dengan Prestasi Akademis Siswa SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(7), 1–5. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/download/51773/30713/
- Priyantini, D. (2021). Hubungan Crisis Mental Health Emergency dan Psychological First Aid dengan Kesiapan Psikologis Masyarakat Menghadapi New Normal Infeksi Coronavirus 2019. Jurnal Peneliti Kesehatan Suara Forikes, 12(5), 294–298.
- Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia (Pengetahuan, Dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 252–258. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13535
- Ramli, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2022). Peningkatan Kompetensi Konseling Ringkas Berfokus Solusi bagi Konselor SMK dan SMA. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15. https://doi.org/10.17977/um050v5i1p15-22
- UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, (2009).
- Sijbrandij, M., Horn, R., Esliker, R., May, F. O., Rei, R., Ruttenberg, L., Stam, K., Jong, J. De, & Ager, A. (2020). The E ff ect of Psychological First Aid Training on Knowledge and Understanding about Psychosocial Support Principles : A Cluster-Randomized Controlled Trial.
- Wang, L., Norman, I., Edleston, V., Oyo, C., & Leamy, M. (2024). The Effectiveness and Implementation of Psychological First Aid as a Therapeutic Intervention After Trauma: An Integrative Review. Trauma, Violence, and Abuse. https://doi.org/10.1177/15248380231221492
- Winurini, S. (2019). Hubungan Religiusitas dan Kesehatan Mental pada Remaja Pesantren di Tabanan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 139–153. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1428
References
Ahmad, H., & Hartati, A. (2016). Penerapan Teknik Structure Learning Approach Dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi Bk Ikip Mataram. Jurnal Realita, 1(2503–1708), 117–127.
Anggraini, D., Haiga, Y., & Lidra Maribeth, A. (2022). Pelatihan Peer-Councelor Sebagai Pendengar Aktif Pada Gejala Stres, Cemas Dan Depresi. Tahun, 4(1), 13–17. https://www.youtube.com/watch?v=AeSu-B5Gr8.
Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10
Bitter, M. A. S. J. R. (2013). Adlerian Group COunselling and Therapy. In Journal of Petrology (Vol. 369, Issue 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Bonaria, J. (2021). Gangguan kesehatan mental yang disebabkan oleh pendidikan jarak jauh terhadap mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(01), 1512–1518. http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/307
Edmawati, M. D., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Psychological First Aid Training untuk Meningkatkan Mental Health Awarness pada Remaja di Era Pandemi Covid 19. 1–11.
Ervina, A. (2015). Hubungan Gangguan Tidur dengan Status Mental Emosional pada Anak Berumur 14-17 Tahun.
Hidayah, N., & Yuliana, A. T. (2020). Keefektifan Teknik Structured Learning Approach untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sumenep. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–12.
Indarjo, S. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 48–57. https://doi.org/10.15294/kemas.v5i1.1860
Irmawan, W., Sundawan, M. D., & ... (2019). Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. … Pendidikan Matematika, 6(1), 92–100. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/310%0Ahttps://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/download/310/265
Khasanah, N. N. (2020). Peran peer counselor sebagai Agent of Change dalam perilaku Anti Kekerasan Seksual pada Anak. Unissula Nursing Conference Call for Paper & …. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/unc/article/view/15456%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/unc/article/download/15456/5431
Kurniawan, K., Yosep, I., Khoirunnisa, K., & Nugraha, P. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Masyarakat melalui Pelatihan Duta Kader Kesehatan Jiwa. 7(3), 1–6.
Kurniawati, Y., Hasanah, N., Zahro, E. B., Psikologi, D., & Brawijaya, U. (2023). Psikoedukasi Dukungan Teman Sebaya Melalui Psychological First Aid ( PFA ) Pada Remaja. 5(2), 212–221.
Layla, T. dkk. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292
Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650
Minihan, E., & Gavin, B. (2020). COVID-19 , mental health and psychological first aid. 259–263. https://doi.org/10.1017/ipm.2020.41
Nasional, K. P. P. N. B. P. P. (2020). Pedoman Teknis Perancanaan Aksi (pp. 1–114). Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_300217
Palupi, G. R. P., Agustin, R. W., & Satwika, P. A. (2018). Pengaruh Pelatihan Manajemen Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa FK UNS Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Wacana, 10(2), 1–15.
Praptikaningtyas, A. A. I., Wahyuni, A. A. S., & Aryani, L. N. A. (2019). Hubungan Tingkat Depresi pada Remaja dengan Prestasi Akademis Siswa SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(7), 1–5. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/download/51773/30713/
Priyantini, D. (2021). Hubungan Crisis Mental Health Emergency dan Psychological First Aid dengan Kesiapan Psikologis Masyarakat Menghadapi New Normal Infeksi Coronavirus 2019. Jurnal Peneliti Kesehatan Suara Forikes, 12(5), 294–298.
Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia (Pengetahuan, Dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 252–258. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13535
Ramli, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2022). Peningkatan Kompetensi Konseling Ringkas Berfokus Solusi bagi Konselor SMK dan SMA. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15. https://doi.org/10.17977/um050v5i1p15-22
UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, (2009).
Sijbrandij, M., Horn, R., Esliker, R., May, F. O., Rei, R., Ruttenberg, L., Stam, K., Jong, J. De, & Ager, A. (2020). The E ff ect of Psychological First Aid Training on Knowledge and Understanding about Psychosocial Support Principles : A Cluster-Randomized Controlled Trial.
Wang, L., Norman, I., Edleston, V., Oyo, C., & Leamy, M. (2024). The Effectiveness and Implementation of Psychological First Aid as a Therapeutic Intervention After Trauma: An Integrative Review. Trauma, Violence, and Abuse. https://doi.org/10.1177/15248380231221492
Winurini, S. (2019). Hubungan Religiusitas dan Kesehatan Mental pada Remaja Pesantren di Tabanan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 139–153. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1428