Main Article Content

Abstract

Pelatihan ekonomi kreatif pembuatan minuman herbal JAGSE di Desa Kalisalam bertujuan untuk memberdayakan penduduk dalam memanfaatkan sumber daya lokal seperti jahe dan serai. Pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan produksi minuman herbal yang memiliki manfaat kesehatan serta potensi ekonomi. Selain pelatihan teknis, program ini juga memberikan edukasi mengenai pemasaran produk secara digital bagi masyarakat desa sebagai sasaran dalam pelaksanaan pelatihan ini. Penelitian berlangsung selama satu bulan, mulai 29 Juli 2024 hingga 29 Agustus 2024 secara tatap muka dan di laksanakan di Pendopo Balai Desa Kalisalam yang dihadiri oleh 30 peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman penduduk terkait pembuatan minuman herbal dan peluang usaha sehingga meningkatkan keterampilan individu yang mampu memproduksi secara mandiri. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan modal, akses teknologi, dan pengetahuan pemasaran yang perlu mendapatkan perhatian untuk keberlanjutan usaha.

Keywords

Ekonomi Kreatif Minuman Herbal JAGSE Pelatihan Pelatihan Ekonomi Kreatif Minuman Herbal JAGSE

Article Details

How to Cite
Mubaraq, H., Jailani, A., Melani, A. P., Agustin, Y. A., Ridho, A., & Mubaraq, A. (2025). Pelatihan Ekonomi Kreatif (Pembuatan Minuman Herbal JAGSE) Bagi Masyarakat Desa Kalisalam . Jurnal SOLMA, 14(1), 1238–1246. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16906

References

  1. Aisyah, E. N. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengolahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menjadi Produk Minuman. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4924
  2. Anto, R. P., Nur, N., Yusriani, Ardah, F. K., Ayu, J. D., Nurmahdi, A., Apriyeni, B. A. R., Purwanti, Adrianingsih, A. Y., & Putra, M. F. P. (2024). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Penerapannya. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
  3. Chaffey, D., Mayer, F. E.-C. R., & Johnston, K. (2009). Third Edition Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice.
  4. Dina, P. K., Syukur, A., & Makleat, N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Menjahit Dalam Telaah Teori Jim Ife (Studi Kasus Pada Panti Sosial Karya Wanita, Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang). Jurnal Prodi PLS Universitas Nusa Cendana, 3(2), 21–24.
  5. Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914
  6. Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free.
  7. Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 1(2), 82–110. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778
  8. Maulana, I., Syari, D., Gulo, T. E. J., & Selay, R. E. P. (2023). Edukasi Pembuatan dan Pemanfaatan Tanaman Sereh Sebagai Minuman Kaya Khasiat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Welfare, 1(3), 503–507.
  9. Milasari N, Sundu R, Fatimah N, Ananda S.R, P. P. A. (2023). Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Serbuk Jahe Instan Dikelurahan Loa Ipuh Tenggarong. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 32–38.
  10. Muhsyanur. (2022). Pelatihan Budidaya Sarang Burung Walet Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Bagi Penduduk Desa Benteng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 02(03), 1503–1508.
  11. Mustanir, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kewirausahaan. Osf. https://www.researchgate.net/publication/331311483_Pemberdayaan_Masyarakat_Kewirausahaan%0Ahttps://www.academia.edu/38428570/Pemberdayaan_Masyarakat_Kewirausahaan
  12. Sany, U. P. (2019). Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 32. https://doi.org/10.21580/jid.v39.1.3989
  13. SARI, D., & NASUHA, A. (2021). Kandungan Zat Gizi, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologis pada Jahe (Zingiber officinale Rosc.): Review. Tropical Bioscience: Journal of Biological Science, 1(2), 11–18. https://doi.org/10.32678/tropicalbiosci.v1i2.5246
  14. Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5281
  15. Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
  16. Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172