Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan meningkatkan kompetensi guru sejarah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan pembelajaran berbasis proyek. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sejarah dalam menyusun dan menerapkan modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Metode: Kegiatan ini dilakukan secara daring oleh 120 peserta dan luring oleh 40 peserta. Hasil: Adanya peningkatan pemahaman guru sejarah mengenai penyusunan modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan lebih dari 90% peserta menunjukkan kepuasan tinggi dan kesiapan menerapkan materi yang diajarkan. Kesimpulan: Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru, mendorong kolaborasi, dan menghasilkan modul pembelajaran yang relevan.

Keywords

Kompetensi Guru Kurikulum Merdeka Modul P5 Pembelajaran Sejarah Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Labibatussolihah, L., Tarunasena, T., Adriani, N. M., Fathiraini, N., & Pangestu, D. A. (2025). Pelatihan dan Bimbingan: Peran Pelajaran Sejarah dalam Mengembangkan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Guru-Guru Sejarah se-Bogor Raya. Jurnal SOLMA, 14(1), 900–912. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16889

References

  1. Anggoro, D., Wasino, W., & Sariyatun, S. (2020). Pengembangan modul bahan ajar sejarah berbasis perjuangan masyarakat tengaran selama revolusi fisik untuk meningkatkan nasionalisme. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 1(1), 47-59. https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.35944
  2. Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1441-1448. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.553
  3. Carvalho, S., Rossiter, J., Angrist, N., Hares, S., & Silverman, R. (2020). Planning for School Reopening and Recovery After COVID-19, An Evidence Kit for Policymakers. Washington, DC: Center for Global Development. https://www.cgdev.org/publication/planning-school-reopening-and-recovery-after-covid-19
  4. Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024a). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kota Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/026100
  5. Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024b). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kab. Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/020500
  6. Hasan, S. H. (2003). Problematika Pendidikan Sejarah. Handbook Pendidikan Sejarah. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
  7. Kemendikbud. (2022a). Powerpoint Materi Sosialisasi Kebijakan Kurikulum. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/ produk/1-gtk/materi/Bahan_Sosialisasi_SNP_dan_Rapor_Pendidikan.pdf
  8. Kemendikbud. (2022b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
  9. Kurniawan, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Sejarah dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(2), 128–142. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i2p128-142
  10. Lizana, P. A.,Vega-Fernadez, G., Gomez-Bruton, A., Leyton, B., & Lera, L. (2021). Impact of the COVID-19 Pandemic on Teacher Quality of Life: A Longitudinal Study from before and during the Health Crisis. Res. Public Health, 18, 3764. https://doi.org/10.3390/ijerph18073764
  11. Mak, P. (2019). Impact of professional development programme on teachers’ competencies in assessment. Journal of Education for Teaching, 45(4), 481–485. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1639266
  12. Moro, G. L., Sinigaglia, T., Bert, F., Savatteri, A., Gualano, M. R., & Siliquini, R. (2020). Reopening Schools during the COVID-19 Pandemic: Overview and Rapid Systematic Review of Guidelines and Recommendations on Preventive Measures and the Management of Cases. International journal of environmental research and public health, 17(23), 8839. https://doi.org/10.3390/ijerph17238839
  13. Naredi, H. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Generasi Millenial dalam Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, Oktober 2019, 343–351. https://osf.io/s8gcm/download
  14. Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 3(1), 30–36. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
  15. Schleicher, A. (2020) The Impact of Covid-19 on Education: Insights from Education at a Glance. OECD. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education- insights-education-at-a-glance-2020.pdf
  16. WHO Report. (2021). Recommendations from the European Technical Advisory Group for schooling during COVID-19. Copenhagen: WHO Regional Office for Europe. https://iris.who.int/handle/10665/340872
  17. Williamson, B., Eynon, R. & Potter, J. (2020). Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), 107-114. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1761641

Most read articles by the same author(s)