Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan meningkatkan kompetensi guru sejarah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan pembelajaran berbasis proyek. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sejarah dalam menyusun dan menerapkan modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Metode: Kegiatan ini dilakukan secara daring oleh 120 peserta dan luring oleh 40 peserta. Hasil: Adanya peningkatan pemahaman guru sejarah mengenai penyusunan modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan lebih dari 90% peserta menunjukkan kepuasan tinggi dan kesiapan menerapkan materi yang diajarkan. Kesimpulan: Pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru, mendorong kolaborasi, dan menghasilkan modul pembelajaran yang relevan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anggoro, D., Wasino, W., & Sariyatun, S. (2020). Pengembangan modul bahan ajar sejarah berbasis perjuangan masyarakat tengaran selama revolusi fisik untuk meningkatkan nasionalisme. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 1(1), 47-59. https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.35944
- Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1441-1448. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.553
- Carvalho, S., Rossiter, J., Angrist, N., Hares, S., & Silverman, R. (2020). Planning for School Reopening and Recovery After COVID-19, An Evidence Kit for Policymakers. Washington, DC: Center for Global Development. https://www.cgdev.org/publication/planning-school-reopening-and-recovery-after-covid-19
- Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024a). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kota Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/026100
- Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024b). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kab. Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/020500
- Hasan, S. H. (2003). Problematika Pendidikan Sejarah. Handbook Pendidikan Sejarah. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
- Kemendikbud. (2022a). Powerpoint Materi Sosialisasi Kebijakan Kurikulum. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/ produk/1-gtk/materi/Bahan_Sosialisasi_SNP_dan_Rapor_Pendidikan.pdf
- Kemendikbud. (2022b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
- Kurniawan, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Sejarah dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(2), 128–142. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i2p128-142
- Lizana, P. A.,Vega-Fernadez, G., Gomez-Bruton, A., Leyton, B., & Lera, L. (2021). Impact of the COVID-19 Pandemic on Teacher Quality of Life: A Longitudinal Study from before and during the Health Crisis. Res. Public Health, 18, 3764. https://doi.org/10.3390/ijerph18073764
- Mak, P. (2019). Impact of professional development programme on teachers’ competencies in assessment. Journal of Education for Teaching, 45(4), 481–485. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1639266
- Moro, G. L., Sinigaglia, T., Bert, F., Savatteri, A., Gualano, M. R., & Siliquini, R. (2020). Reopening Schools during the COVID-19 Pandemic: Overview and Rapid Systematic Review of Guidelines and Recommendations on Preventive Measures and the Management of Cases. International journal of environmental research and public health, 17(23), 8839. https://doi.org/10.3390/ijerph17238839
- Naredi, H. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Generasi Millenial dalam Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, Oktober 2019, 343–351. https://osf.io/s8gcm/download
- Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 3(1), 30–36. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
- Schleicher, A. (2020) The Impact of Covid-19 on Education: Insights from Education at a Glance. OECD. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education- insights-education-at-a-glance-2020.pdf
- WHO Report. (2021). Recommendations from the European Technical Advisory Group for schooling during COVID-19. Copenhagen: WHO Regional Office for Europe. https://iris.who.int/handle/10665/340872
- Williamson, B., Eynon, R. & Potter, J. (2020). Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), 107-114. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1761641
References
Anggoro, D., Wasino, W., & Sariyatun, S. (2020). Pengembangan modul bahan ajar sejarah berbasis perjuangan masyarakat tengaran selama revolusi fisik untuk meningkatkan nasionalisme. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 1(1), 47-59. https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.35944
Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1441-1448. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.553
Carvalho, S., Rossiter, J., Angrist, N., Hares, S., & Silverman, R. (2020). Planning for School Reopening and Recovery After COVID-19, An Evidence Kit for Policymakers. Washington, DC: Center for Global Development. https://www.cgdev.org/publication/planning-school-reopening-and-recovery-after-covid-19
Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024a). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kota Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/026100
Dirjen PAUD Dikdasmen. (2024b). Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Kab. Bogor. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/020500
Hasan, S. H. (2003). Problematika Pendidikan Sejarah. Handbook Pendidikan Sejarah. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
Kemendikbud. (2022a). Powerpoint Materi Sosialisasi Kebijakan Kurikulum. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/ produk/1-gtk/materi/Bahan_Sosialisasi_SNP_dan_Rapor_Pendidikan.pdf
Kemendikbud. (2022b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
Kurniawan, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Sejarah dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(2), 128–142. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i2p128-142
Lizana, P. A.,Vega-Fernadez, G., Gomez-Bruton, A., Leyton, B., & Lera, L. (2021). Impact of the COVID-19 Pandemic on Teacher Quality of Life: A Longitudinal Study from before and during the Health Crisis. Res. Public Health, 18, 3764. https://doi.org/10.3390/ijerph18073764
Mak, P. (2019). Impact of professional development programme on teachers’ competencies in assessment. Journal of Education for Teaching, 45(4), 481–485. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1639266
Moro, G. L., Sinigaglia, T., Bert, F., Savatteri, A., Gualano, M. R., & Siliquini, R. (2020). Reopening Schools during the COVID-19 Pandemic: Overview and Rapid Systematic Review of Guidelines and Recommendations on Preventive Measures and the Management of Cases. International journal of environmental research and public health, 17(23), 8839. https://doi.org/10.3390/ijerph17238839
Naredi, H. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Generasi Millenial dalam Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, Oktober 2019, 343–351. https://osf.io/s8gcm/download
Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 3(1), 30–36. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
Schleicher, A. (2020) The Impact of Covid-19 on Education: Insights from Education at a Glance. OECD. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education- insights-education-at-a-glance-2020.pdf
WHO Report. (2021). Recommendations from the European Technical Advisory Group for schooling during COVID-19. Copenhagen: WHO Regional Office for Europe. https://iris.who.int/handle/10665/340872
Williamson, B., Eynon, R. & Potter, J. (2020). Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. Learning, Media and Technology, 45(2), 107-114. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1761641