Main Article Content

Abstract

Background: Industri mebel menghadapi tantangan dalam merancang produk yang ergonomis dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk mebel melalui penerapan antropometri. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan alat antropometri yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk mebel dengan memperhatikan aspek ergonomi. Metode: Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, demonstrasi alat antropometri, dan pendampingan kepada pemilik, karyawan UD Papanjati Furnitur, serta masyarakat sekitar. Pelatihan meliputi pengenalan alat, prosedur penggunaan, serta manfaat aspek ergonomi dalam meningkatkan kualitas produk mebel yang dihasilkan. Hasil: Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pemahaman peserta terhadap penggunaan alat antropometri, yang tercermin dari kemampuan mereka mengikuti instruksi pemateri. Diperoleh ukuran mebel yang siap diproduksi, yang lebih ergonomis dan berkualitas. Kesimpulan: Penggunaan alat antropometri dalam proses desain mebel terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas produk dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Keywords

Antropometri Ergonomi Kepuasan Pelanggan Kualitas Produk Mebel Antropometri Ergonomi Kepuasan Pelanggan Kualitas Produk Mebel

Article Details

How to Cite
Harmoko, H., Hadian, N., & Pratiwi, I. (2025). Penerapan Alat Antropometri pada Usaha Mebel Papanjati Furniture untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal SOLMA, 14(1), 371–378. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16874

References

Read More