Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Pengembangan manajemen usaha produk pertanian mencakup berbagai aspek yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan usaha pertanian. salah satu bentuk pengembangan dimaksud adalah manajemen usaha produk pertanian berbasis e-commerce sebagai langkah strategis yang dapat meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan pemasaran produk pertanian. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi mitra dalam pengembangan manajemen usaha berbasis e-commerce sebagai bentuk inovasi baru yang mengadopsi teknologi ke dalam produk pertanian Mitra dari program abdimas ini adalah KWT surya Sembada yang terdiri dari 50 orang anggota dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang heterogeny. Metode: Metode yang digunakan dalam program ini yaitu sosialisasi pemaparan terkait manajemen usaha dan inovasi E-commerce Swasembada Fresh Farm dengan tujuan agar informasi tersampaikan dengan baik kepada peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan workshop juga dilakukan dengan tiga tahap, 1) workshop pendampingan produk hasil panen, 2) workshop pengembangan manajemen usaha dan strategi pengembangan usaha, dan 3) workshop pemasaran produk hasil pertanian dengan sistem aplikasi online. Peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelompok wanita tani (KWT) Dukuh Plosorejo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pulung, Kabupaten Magetan. Hasil: Hasil dari implementasi program ini adalah peningkatan pemahaman, kompetensi mitra terhadap pengembangan manajemen usaha dan inovasi pemasaran produk melalui penjualan online. Kesimpulan: Dengan demikian sistem e-commerce dapat meningkatkan omzet penjualan dan pendapatan mitra.

Kata Kunci

Peningkatan produksi online marketing E-commerce Peningkatan produksi online marketing E-commerce

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Atiek Mustikawati, D., Avita Nurhidayah, D., Purwaningrum, T., & Sastro, W. (2025). Pengembangan Manajemen Usaha Produk Pertanian KWT Surya Sembada Berbasis E-commerce Sebagai Langkah Progresif dan Tepat dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Jurnal SOLMA, 14(1), 1334–1347. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16860

Referensi

  1. Elizabeth, R. 2017. “Revitalisasi Industri Produk Olahan dan Pemberdayaan Lembaga Kemitraan Mendukung Peningkatan Pemasaran, Daya Saing dan Kesejahteraan Petani Pisang.” UNES Journal of Scientech Research 2 (1): 01–17. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v7i2
  2. F.A.O. 2021. “The State of Food Security and Nutrition in the World.” The State of Food Security and Nutrition in the World 2021
  3. Fadlina, I M, B Supriyono, and S Soeaidy. 2013. “Perencanaan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan (Kajian Tentang Pengembangan Pertanian Organik di Kota Batu.” Indonesian Journal of Environment and Sustainable Development 4 (1).
  4. Fuchs, C. 2021. “Digital Skills and Agricultural Development: The Importance of Training.” Journal of Agricultural Education.
  5. Hafidz, T A, P H Permana, S Efendi, and F D Rusmana. 2024. Pendampingan Pemanfaatan Platform E-commerce dalam Meningkatkan Akses Pasar bagi Petani Nanas. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM 2 (1): 18–27.
  6. Jamal, R, A A Ikhval, N A Nisa, S H Qulbi, and M U Arifin. 2024. “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Mengoptimalisasi Supply Chain Management.” Jurnal Inovasi Global 2 (7): 737–750. https://doi.org/10.58344/jig.v2i7.117
  7. Judijanto, Loso, Siska Yulia Defitri, Halek Mu’min, Iwan Harsono, and Andika Isma. 2024. “Pengaruh E-commerce Dalam Pemasaran Produk Pertanian Organik terhadap Keuntungan dan Pangsa Pasar Pedesaan di Bandung.” Jurnal Multidisiplin West Science 3 (01): 78–87. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.941.
  8. Juliantari, H I, Z Ariani, N Y S Dewi, A Agustina, and N Hidayanti. 2024. “Analisis Pengaruh E-commerce: Studi Literatur terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM.” Seminar Nasional Paedagoria 4 (1): 585–596. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.941
  9. Kurdi, M, F Fatmawati, R Santosa, P R Wahyuni, and M Anwar. 2023. “Strategi Pengembangan SDM Petani Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kesejahteraan di Sektor Pertanian di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 9 (2): 308–315. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.1101
  10. Kusumawati, E, A Sutandi, M W S Fuad, and S Agustine. 2024. “The Role of Socio-Economic Characteristics in Enhancing the Performance of Vegetable Farming Enterprises in Bandung.” https://doi.org/10.37010/fcs.v5i1.1505
  11. Mahendra, Y I, Z Rozaki, R Wulandari, and I Azzahra. 2024. “Peran Penting Generasi Muda dalam Membangun Masa Depan Pertanian Indonesia yang Berkemajuan.” Seminar Nasional Agribisnis 1 (2): 70–75.
  12. Mindarta, E K, F I Kusuma, D Irawan, P A R Arda, A Permadani, and M I Effendi. 2024. “Optimalisasi Proses Pengomposan di Desa Jatirejoyoso: Penerapan Teknologi Waste Processing Machine untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Kompos.” Journal Of Human And Education (JAHE 4 (5): 1077–1088. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1392
  13. Nurjati, E. 2021. “Peran Dan Tantangan E-commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.” Forum Penelitian Agro Ekonomi 39 (2): 115–133.
  14. Prayuti, Y. 2024. “Dinamika Perlindungan Hukum Konsumen di Era Digital: Analisis Hukum Terhadap Praktik e-commerce dan Perlindungan Data Konsumen di Indonesia.” Jurnal Interpretasi Hukum 5 (1): 903–913. https://doi.org/10.22225/juinhum.5.1.8482.903-913
  15. Putra, D T, I Wahyudi, R Megavitry, and A Supriadi. 2023. “Pemanfaatan E-commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital.” Jurnal Multidisiplin West Science 2 (08): 684–696. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
  16. Rachmad, Y E, H Afriyadi, I Kertati, T Wijayanti, M M Zakiah, E K Purwaningrum, and R Ginanjar. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  17. Rahman, M S, B Andrianto, M W Firdaus, and M I Shaleh. 2024. “Pelatihan Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan dan Kesejahteraan Petani Kopi di Kabupaten Blitar.” AGROINOTEK 5 (2): 55–60.
  18. Siyamto, Y, I D S Wijayanti, A Subiyantoro, S Suliantoro, and S Subandi. 2024. “Pengenalan Digital Marketing dalam Meningkatkan Bisnis Usaha Mikro.” Penamas: Journal of Community Service 4 (1): 178–186. https://doi.org/10.53088/penamas.v4i1.888
  19. Sudianti, D, N Khairiansyah, W J Wijaya, A N M Candra, and S Nuriah. 2023. Pengaruh Generasi Milenial Terhadap Percepatan Tranformasi Digital di Industri Perdangangan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol. 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.10031759
  20. Suwaji, R, F Oktafiani, R I Sabella, W Waloyo, and R Kurniawati. 2024. Sosialisasi Literasi Digital untuk Peningkatan Wawasan Dunia E-commerce Hasil Tanaman Sayur Hidroponik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (3): 5165–5172. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29669
  21. Suyatna, H, M Firdaus, I A Wibowo, P Indroyono, and A Santosa. 2022. Demokrasi Ekonomi di Pasar Rakyat. Yogyakarta: UGM PRESS.