Main Article Content

Abstract

Background: Kejenuhan siswa saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, sudah menjadi permasalahan yang klasik, apalagi yang berkaitan dengan media pembelajaran. Tuntutan bagi sekolah yang harus dapat menghasilkan lulusan dengan profil lulusan yang lengkap, akan menjadi tantangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan solusi teknologi untuk ketidaktersediaan alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan visi, misi, dan standar kelulusan siswa di SDIT Daarul Jihad. Metode: Terdapat dua metodologi yang digunakan, yaitu metode pendekatan pencarian masalah berbasis pengguna menggunakan design thinking serta metode pengembangan aplikasi game, menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC). Materi tata surya kelas 6 di SDIT Daarul Jihad yang dijadikan container pada aplikasi ini. Hasil: Aplikasi berbasis teknologi immersive telah dikembangkan pada tahapan alpa testing (prototype). Berbasis pada permasalahan yang ada di SDIT, aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur unggulan dari sisi sebagai media interaktif, yaitu dapat melihat deskripsi planet secara tulisan dan audio yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan sekolah tersebut. Kesimpulan: Melalui kegiatan workshop yang diadakan, kepala sekolah dan guru SDIT Daarul Jihad telah melihat bagaimana teknologi immersive diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Harapannya adalah, dengan adanya teknologi tersebut di sekolah, dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di SDIT Daarul Jihad untuk belajar.

Keywords

Inovasi Media Sekolah Dasar Tata Surya Teknologi Immersive Teknologi Pendidikan Inovasi Media Sekolah Dasar Tata Surya Teknologi Immersive Teknologi Pendidikan

Article Details

How to Cite
Ashari, G., Noviana, E., Retnoningsih, S., Syuhada, R., Subagdja, T., Aji Ghairrahmat, D., Travida S, F., Jethro, T., & Geraldine A, R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Teknologi Immersive di SDIT Daarul Jihad. Jurnal SOLMA, 14(1), 632–643. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16855

References

Read More