Main Article Content
Abstract
Background: Kejenuhan siswa saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, sudah menjadi permasalahan yang klasik, apalagi yang berkaitan dengan media pembelajaran. Tuntutan bagi sekolah yang harus dapat menghasilkan lulusan dengan profil lulusan yang lengkap, akan menjadi tantangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan solusi teknologi untuk ketidaktersediaan alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan visi, misi, dan standar kelulusan siswa di SDIT Daarul Jihad. Metode: Terdapat dua metodologi yang digunakan, yaitu metode pendekatan pencarian masalah berbasis pengguna menggunakan design thinking serta metode pengembangan aplikasi game, menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC). Materi tata surya kelas 6 di SDIT Daarul Jihad yang dijadikan container pada aplikasi ini. Hasil: Aplikasi berbasis teknologi immersive telah dikembangkan pada tahapan alpa testing (prototype). Berbasis pada permasalahan yang ada di SDIT, aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur unggulan dari sisi sebagai media interaktif, yaitu dapat melihat deskripsi planet secara tulisan dan audio yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan sekolah tersebut. Kesimpulan: Melalui kegiatan workshop yang diadakan, kepala sekolah dan guru SDIT Daarul Jihad telah melihat bagaimana teknologi immersive diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Harapannya adalah, dengan adanya teknologi tersebut di sekolah, dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di SDIT Daarul Jihad untuk belajar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alawyah, K., Giatman, N., Rizal, F., & Irfan, D. (2024). Needs Analysis of Augmented reality (AR) Based Learning Media Development in Road and Bridge Construction Subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9). https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i9.8475
- Aisya, F., S., Wiranti, S., D., (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Augmented reality (AR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(3).
- Darmalaksana, W. (2020). Metode Design thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, https://books.google.co.id/books?id=w3sGEAAAQBAJ
- Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091
- Fitriya, Y., Fatur Roqi, A., Nur Satiantoro, R., Sari, N., & Pratama, M. D. (2022). Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Virtual reality Sebagai Inovasi Teknologi Era Society 5.0. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol. 2(No. 3).
- Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. In Journal of Education Research.
- Hidayati, S., Yanti, F. (2024). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Menggunakan Augmented reality. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, 50–54.
- Ilic, M., Lindner, J., Vollmer, M., & Bogenberger, K. (2024). Virtual reality Study on Pedestrians’ Perceived Trust in Interactions with Automated Vehicles. Transportation Research Record Journal of the Transportation Research Board. https://doi.org/10.1177/03611981241281734
- Lumban, A., Azizahwati, A., & Zulhelmi, Z. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6–6(2).
- Makhasin, Z., & Utami, W. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(2), 301–302.
- Mutemainna, R., Fitriani, D., Afifah, H., & Sukmawati, S. (2023). Konsep Tata Surya Terhadap Pembuktian Mukjizat Al-Qur’an. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2).
- Noviana, E., Plank, U., & Wand, E. (2024). Museum Maya Indonesia: An immersive museum prototype for cultural education. SHS Web of Conferences, 189, 01021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418901021
- Poveda-Mora, A., Pinilla-Arbex, J., & Magán, G. R. (2024). Immersive Sciences: Engaging Young Minds in Natural Sciences through Virtual and Augmented reality. International Journal of Learning Teaching and Educational Research, 23(9), 60–77. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.9.4
- Putra, L. D., Shiddiq, A. J., Khafi, I., & Nugroho, B. (2024). Integrasi Teknologi Immersive learning Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i2.3349
- Rakhmat, G. (2020). Aplikasi Android Mengenal Tata Surya Berbasis Augmented reality Sebagai Media Belajar Interaktif Siswa Sekolah Dasar [Journal-article]. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 2(2).
- Sukma, C., Margunayasa, G., & Werang, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Augmented reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3).
References
Alawyah, K., Giatman, N., Rizal, F., & Irfan, D. (2024). Needs Analysis of Augmented reality (AR) Based Learning Media Development in Road and Bridge Construction Subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9). https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i9.8475
Aisya, F., S., Wiranti, S., D., (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Augmented reality (AR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(3).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Design thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, https://books.google.co.id/books?id=w3sGEAAAQBAJ
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091
Fitriya, Y., Fatur Roqi, A., Nur Satiantoro, R., Sari, N., & Pratama, M. D. (2022). Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Virtual reality Sebagai Inovasi Teknologi Era Society 5.0. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol. 2(No. 3).
Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. In Journal of Education Research.
Hidayati, S., Yanti, F. (2024). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Menggunakan Augmented reality. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, 50–54.
Ilic, M., Lindner, J., Vollmer, M., & Bogenberger, K. (2024). Virtual reality Study on Pedestrians’ Perceived Trust in Interactions with Automated Vehicles. Transportation Research Record Journal of the Transportation Research Board. https://doi.org/10.1177/03611981241281734
Lumban, A., Azizahwati, A., & Zulhelmi, Z. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6–6(2).
Makhasin, Z., & Utami, W. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(2), 301–302.
Mutemainna, R., Fitriani, D., Afifah, H., & Sukmawati, S. (2023). Konsep Tata Surya Terhadap Pembuktian Mukjizat Al-Qur’an. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2).
Noviana, E., Plank, U., & Wand, E. (2024). Museum Maya Indonesia: An immersive museum prototype for cultural education. SHS Web of Conferences, 189, 01021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418901021
Poveda-Mora, A., Pinilla-Arbex, J., & Magán, G. R. (2024). Immersive Sciences: Engaging Young Minds in Natural Sciences through Virtual and Augmented reality. International Journal of Learning Teaching and Educational Research, 23(9), 60–77. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.9.4
Putra, L. D., Shiddiq, A. J., Khafi, I., & Nugroho, B. (2024). Integrasi Teknologi Immersive learning Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i2.3349
Rakhmat, G. (2020). Aplikasi Android Mengenal Tata Surya Berbasis Augmented reality Sebagai Media Belajar Interaktif Siswa Sekolah Dasar [Journal-article]. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 2(2).
Sukma, C., Margunayasa, G., & Werang, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Augmented reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3).