Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Teknologi artificial intelligence menawarkan potensi yang signifikan dalam mempengaruhi peran dan tugas para guru. Dengan memanfaatkannya, guru-guru dapat merancang pembelajaran yang menarik dan menyajikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis artificial intelligence untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Metode: User requirement yang diikuti oleh 15 guru di SMP Negeri se-Pariaman. Hasil: adanya peningkatan kemampuan peserta sebelum pelatihan dan setelah pelatihan dari 78,57(Cukup) menjadi 90,95 (Sangat Baik). Evaluasi terhadap pelaksanaan worksohp diperoleh hasil 3,66 (dalam skala 1-4), dengan persentase sebesar 91,46% (sangat baik). Evaluasi terhadap narasumber/instruktur berada pada capaian 3,73 (skala 1–4) (93,33%). Peserta terlihat sangat focus, aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kesimpulan: Peserta pelatihan telah memahami dan memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh untuk menerapkan AI dalam merancang media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ahmad, A. (2017). Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning. J. Teknol. Indones., No. October, 3.
- Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational Researcher, 38(3), 181–199. https://doi.org/10.3102/0013189X08331140
- Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
- Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
- Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching, 8(3), 381–391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512
- Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
- Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
- Kholifah, U. , E. P. , A. M. M. F. N. , & H. S. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Powtoon untuk Guru SMPN 1 Selorejo. Jurnal SOLMA, 12(2), 492–500. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12415
- Maulid, T. A. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. https://doi.org/10.58230/27454312.485
- Mukti, F. D. (2023). Transformation Of Education In Elementary Schools: Utilization Of Artificial Intelligence-Based Learning Media In The Digital Era. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(2), 229–240. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i2.10200
- Rachman, A. F., Ridwan, D. A., Damarudin, S., & Saifudin, A. (2023). Kecerdasan Buatan Dalam Otomatisasi Pengujian Perangkat Lunak E-Commerce. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 2(06), 1742–1746.
- Sabella, B., Rhomadhona, H., & Arrahimi, A. R. (2023). Pelatihan pembuatan game sederhana sebagai media pembelajaran untuk pengajar smp berbasis artificial intelegent. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.59458/jwl.v3i2.59
- Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak berkesulitan belajar. Jurnal PAKAR Pendidikan, 99. https://doi.org/10.24036/pakar.v18i2.222
- Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
- Widyawati, S., Qomariyah, S., Rosyidah, U., Ayuwanti, I., Khoiriyah, B., Febriyanti, A., & Damayanti, E. D. (2023). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kahoot pada MTs Ma’arif 11 Seputih Banyak. Jurnal SOLMA, 12(2), 347–359. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12355
- Yunus, M. (2009). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Penelitian Pengembangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Wilayah Kota Bogor). Desertasi: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
References
Ahmad, A. (2017). Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning. J. Teknol. Indones., No. October, 3.
Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational Researcher, 38(3), 181–199. https://doi.org/10.3102/0013189X08331140
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching, 8(3), 381–391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kholifah, U. , E. P. , A. M. M. F. N. , & H. S. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Powtoon untuk Guru SMPN 1 Selorejo. Jurnal SOLMA, 12(2), 492–500. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12415
Maulid, T. A. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. https://doi.org/10.58230/27454312.485
Mukti, F. D. (2023). Transformation Of Education In Elementary Schools: Utilization Of Artificial Intelligence-Based Learning Media In The Digital Era. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(2), 229–240. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i2.10200
Rachman, A. F., Ridwan, D. A., Damarudin, S., & Saifudin, A. (2023). Kecerdasan Buatan Dalam Otomatisasi Pengujian Perangkat Lunak E-Commerce. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 2(06), 1742–1746.
Sabella, B., Rhomadhona, H., & Arrahimi, A. R. (2023). Pelatihan pembuatan game sederhana sebagai media pembelajaran untuk pengajar smp berbasis artificial intelegent. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.59458/jwl.v3i2.59
Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak berkesulitan belajar. Jurnal PAKAR Pendidikan, 99. https://doi.org/10.24036/pakar.v18i2.222
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Widyawati, S., Qomariyah, S., Rosyidah, U., Ayuwanti, I., Khoiriyah, B., Febriyanti, A., & Damayanti, E. D. (2023). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kahoot pada MTs Ma’arif 11 Seputih Banyak. Jurnal SOLMA, 12(2), 347–359. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12355
Yunus, M. (2009). Model Kurikulum Dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Penelitian Pengembangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Wilayah Kota Bogor). Desertasi: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.