Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan politik menjadi cara paling efektif dalam memberikan gambaran dan pemahaman tentang peran penting masyarakat dalam politik. Kurangnya pendidikan politik ditunjukkan oleh para pelaku politik di Indonesia dinilai menjadi salah satu penyebab munculnya sikap apatis para pemilih pemula pada penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Studi ini bertujuan untuk memberikan edukasi politik terhadap pemuda karang taruna agar lebih aktif dalam berpartispasi dalam politik. Metode: Sosialisasi partisipatif melalui pendekatan model diferensiasi. Hasil: 95% pemuda karang taruna mengalami peningkatan pengetahuan mengenai politik, pentingnya partisipasi pemuda dalam politik, fungsi, tujuan serta komponen dalam pelaksanaan politik. Kesimpulan: Kegiatan ini mampu memberikan dampak positif, tidak hanya bagi anggota pemuda karang taruna dengan peningkatan penegetahuannya tetapi pada masyarakat sekitar sebagai hasil selama kegiatan pendidikan politik ini dilakukan.

Keywords

Karang Taruna Model Diferensiasi Pendidikan Politik

Article Details

How to Cite
Alfiyah, N. I., Tini, D. L. R., & Meita, N. M. (2025). Pendidikan Politik Pemuda Karang Taruna Tunas Muda Melalui Model Diferensiasi. Jurnal SOLMA, 14(1), 494–501. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16717

References

Read More