Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Pendidikan politik menjadi cara paling efektif dalam memberikan gambaran dan pemahaman tentang peran penting masyarakat dalam politik. Kurangnya pendidikan politik ditunjukkan oleh para pelaku politik di Indonesia dinilai menjadi salah satu penyebab munculnya sikap apatis para pemilih pemula pada penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Studi ini bertujuan untuk memberikan edukasi politik terhadap pemuda karang taruna agar lebih aktif dalam berpartispasi dalam politik. Metode: Sosialisasi partisipatif melalui pendekatan model diferensiasi. Hasil: 95% pemuda karang taruna mengalami peningkatan pengetahuan mengenai politik, pentingnya partisipasi pemuda dalam politik, fungsi, tujuan serta komponen dalam pelaksanaan politik. Kesimpulan: Kegiatan ini mampu memberikan dampak positif, tidak hanya bagi anggota pemuda karang taruna dengan peningkatan penegetahuannya tetapi pada masyarakat sekitar sebagai hasil selama kegiatan pendidikan politik ini dilakukan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alfiyah, N. I., & Listia Rika Tini, D. (2021). Edukasi Politik Pemuda Karang Tarunadesa Lenteng Timur Dalam Menghadapi Pilkada Di Kabuaten Sumenep. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 2(1), 13–19. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i1.13092
- Budiardjo, M. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Politik. PT. Grasindo.
- Fauziyah, N. (2024). Peran Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(10), 343–352. https://doi.org/10.56393/decive.v4i10.2489
- Gitiyarko, V. (2023, November). Dilema Pendidikan Politik di Indonesia. https://Www.Kompas.Id/Baca/Riset/2023/11/15/Dilema-Pendidikan-Politik-Di-Indonesia.
- Indriani, S. (2023). Peranan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Andragogi Pedagogi Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 34–41.
- Kristiani, H., & dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republika Indonesia.
- Kurniawan, I. (2024). Pentingnya Pendidikan Politik Dalam Pilkada 2024. https://umj.ac.id/Opini/Pentingnya-Pendidikan-Politik-Dalam-Pilkada-2024/.
- Nurcahya, H. (2024). Pemuda Sebagai Agent of Change. https://Kesbangpol.Kulonprogokab.go.id/Detil/951/Pemuda-Sebagai-Agent-of-Change.
- Purba, A. (2023). Kurangnya Pendidikan Politik Sebabkan Apatisme Bagi Pemilih Pemula. https://www.rri.co.id/Daerah/234917/Kurangnya-Pendidikan-Politik-Sebabkan-Apatisme-Bagi-Pemilih-Pemula.
- Riadi, M. (2023, August 28). Pembelajaran Berdiferensiasi - Tujuan, Aspek, Prinsip dan Strategi. https://www.kajianpustaka.com/2023/08/Pembelajaran-Berdiferensiasi.html.
- Roskin, M. G., Cord, R. L., Meideiros, J. A., & Jones, W. S. (2016). Pengantar Ilmu Politik. Kencana.
- Rusfiana, Y., & Nurdin, I. (2017). Dinamika Politik Kontemporer. Alfabeta.
- Sakti, F. T. (2020). Pengantar Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati.
- Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 06(03).
References
Alfiyah, N. I., & Listia Rika Tini, D. (2021). Edukasi Politik Pemuda Karang Tarunadesa Lenteng Timur Dalam Menghadapi Pilkada Di Kabuaten Sumenep. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 2(1), 13–19. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i1.13092
Budiardjo, M. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Politik. PT. Grasindo.
Fauziyah, N. (2024). Peran Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(10), 343–352. https://doi.org/10.56393/decive.v4i10.2489
Gitiyarko, V. (2023, November). Dilema Pendidikan Politik di Indonesia. https://Www.Kompas.Id/Baca/Riset/2023/11/15/Dilema-Pendidikan-Politik-Di-Indonesia.
Indriani, S. (2023). Peranan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Andragogi Pedagogi Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 34–41.
Kristiani, H., & dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republika Indonesia.
Kurniawan, I. (2024). Pentingnya Pendidikan Politik Dalam Pilkada 2024. https://umj.ac.id/Opini/Pentingnya-Pendidikan-Politik-Dalam-Pilkada-2024/.
Nurcahya, H. (2024). Pemuda Sebagai Agent of Change. https://Kesbangpol.Kulonprogokab.go.id/Detil/951/Pemuda-Sebagai-Agent-of-Change.
Purba, A. (2023). Kurangnya Pendidikan Politik Sebabkan Apatisme Bagi Pemilih Pemula. https://www.rri.co.id/Daerah/234917/Kurangnya-Pendidikan-Politik-Sebabkan-Apatisme-Bagi-Pemilih-Pemula.
Riadi, M. (2023, August 28). Pembelajaran Berdiferensiasi - Tujuan, Aspek, Prinsip dan Strategi. https://www.kajianpustaka.com/2023/08/Pembelajaran-Berdiferensiasi.html.
Roskin, M. G., Cord, R. L., Meideiros, J. A., & Jones, W. S. (2016). Pengantar Ilmu Politik. Kencana.
Rusfiana, Y., & Nurdin, I. (2017). Dinamika Politik Kontemporer. Alfabeta.
Sakti, F. T. (2020). Pengantar Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati.
Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 06(03).