Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi dan keterampilan lokal masyarakat Kabupaten Karawang, khususnya di wilayah dengan tingkat keaksaraan rendah. Program ini menggabungkan peningkatan literasi dengan pengembangan keterampilan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, melalui model pembelajaran berbasis kemahiran lokal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Karawang. Metode: Mitra kegiatan ini adalah PKBM Harapan Bangsa di Kabupaten Karawang, dengan 30 peserta dewasa. Metode pembelajaran yang digunakan adalah partisipatif berbasis keterampilan lokal, di mana peserta mempelajari literasi dasar dan keterampilan seperti anyaman dan kerajinan tangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan evaluasi hasil belajar. Hasil: Terdapat peningkatan signifikan dalam literasi peserta serta kemampuan mereka dalam mengajarkan keterampilan lokal bernilai ekonomi. Peserta dapat menerapkan literasi dalam kehidupan sehari-hari dan memproduksi kerajinan yang dapat dipasarkan, sambil melestarikan keterampilan tradisional yang mulai terlupakan. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat melalui pelatihan keterampilan lokal. Model pembelajaran berbasis keterampilan lokal terbukti efektif dan dapat diterapkan di PKBM lain untuk mengatasi buta aksara serta mengembangkan keterampilan masyarakat.

Keywords

Kemahiran lokal Literasi fungsional Pelestarian budaya Pemberdayaan masyarakat Pendidikan multikeaksaraan Community empowerment Cultural preservation Functional literacy Local skills Multiliteracy education

Article Details

How to Cite
Suminar, U., Meilya, I. R., Dewi, R. S., Santika, T., Hoerniasih, N., Musa, S., Muis, A., & Sumiati, S. (2025). Pembinaan Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Multikeaksaraan Berbasis Kemahiran Lokal di PKBM Kabupaten Karawang . Jurnal SOLMA, 14(1), 1296–1302. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16709

References

Read More