Main Article Content
Abstract
Background: Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi dan keterampilan lokal masyarakat Kabupaten Karawang, khususnya di wilayah dengan tingkat keaksaraan rendah. Program ini menggabungkan peningkatan literasi dengan pengembangan keterampilan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, melalui model pembelajaran berbasis kemahiran lokal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Karawang. Metode: Mitra kegiatan ini adalah PKBM Harapan Bangsa di Kabupaten Karawang, dengan 30 peserta dewasa. Metode pembelajaran yang digunakan adalah partisipatif berbasis keterampilan lokal, di mana peserta mempelajari literasi dasar dan keterampilan seperti anyaman dan kerajinan tangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan evaluasi hasil belajar. Hasil: Terdapat peningkatan signifikan dalam literasi peserta serta kemampuan mereka dalam mengajarkan keterampilan lokal bernilai ekonomi. Peserta dapat menerapkan literasi dalam kehidupan sehari-hari dan memproduksi kerajinan yang dapat dipasarkan, sambil melestarikan keterampilan tradisional yang mulai terlupakan. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat melalui pelatihan keterampilan lokal. Model pembelajaran berbasis keterampilan lokal terbukti efektif dan dapat diterapkan di PKBM lain untuk mengatasi buta aksara serta mengembangkan keterampilan masyarakat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Akintolu, M., & Letseka, M. (2021). The andragogical value of content knowledge method: the case of an adult education programme in Kwa-Zulu Natal Province of South Africa. Heliyon, 7(9).
- Cahyanti, I., Ainun, S., & Akmal, R. (2024). Kegiatan Program Kampus Mengajar Camp Literasi sebagai Wadah Menampilkan Nembang Pupuh. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 373–383.
- Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(20), 416–436.
- Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 73–78.
- Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374–386). Routledge.
- Jennische, U., & Sörbom, A. (2023). Governing anticipation: UNESCO making humankind futures literate. Journal of Organizational Ethnography, 12(1), 105–119.
- Mukhlis, M., Listyaningrum, L., Sumartana, I. M., & Utama, I. G. B. R. (2023). Strategi pendidikan keaksaraan lanjutan berbasis potensi lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 347–359.
- Oktapiani, C. S., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2018). Kecepatan Menambah Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 58–73.
- Putri, M., & Sa’di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di Pkbm Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102–110.
- Ramdhania, R. D., Ni’mah, A. C., & Wijaya, S. C. (2024). Pemertahanan dan Inovasi dalam Kesenian Pupuh Sunda Sebagai Kearifan Lokal dalam Konteks Global. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 2(2), 18–24.
- Riegler, A. (2011). Constructivism. In Paradigms in theory construction (pp. 235–255). Springer.
- Sitasari, N. W. (2022). Mengenal analisa konten dan analisa tematik dalam penelitian kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84.
- Statistik, B. P. (2017). Badan pusat statistik. Badan Pusat Statistik.
- Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.
- Wahyudi, M., Agustina, T., Dewi, C. C., Rahmawati, D., Majid, A., Widiyawati, S. U., Priambodo, P., Prastiwi, A. T., & Zakariya, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Pendidikan, Organisasi, dan Semangat Gotong Royong Pemuda Dusun Grogolsari. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 459–462.
References
Akintolu, M., & Letseka, M. (2021). The andragogical value of content knowledge method: the case of an adult education programme in Kwa-Zulu Natal Province of South Africa. Heliyon, 7(9).
Cahyanti, I., Ainun, S., & Akmal, R. (2024). Kegiatan Program Kampus Mengajar Camp Literasi sebagai Wadah Menampilkan Nembang Pupuh. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 373–383.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(20), 416–436.
Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 73–78.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374–386). Routledge.
Jennische, U., & Sörbom, A. (2023). Governing anticipation: UNESCO making humankind futures literate. Journal of Organizational Ethnography, 12(1), 105–119.
Mukhlis, M., Listyaningrum, L., Sumartana, I. M., & Utama, I. G. B. R. (2023). Strategi pendidikan keaksaraan lanjutan berbasis potensi lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 347–359.
Oktapiani, C. S., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2018). Kecepatan Menambah Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 58–73.
Putri, M., & Sa’di, K. (2023). Efektivitas Program Keaksaraan Lanjutan Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Di Pkbm Karoko Mas Desa Nanga Wera Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Transformasi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2), 102–110.
Ramdhania, R. D., Ni’mah, A. C., & Wijaya, S. C. (2024). Pemertahanan dan Inovasi dalam Kesenian Pupuh Sunda Sebagai Kearifan Lokal dalam Konteks Global. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 2(2), 18–24.
Riegler, A. (2011). Constructivism. In Paradigms in theory construction (pp. 235–255). Springer.
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal analisa konten dan analisa tematik dalam penelitian kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84.
Statistik, B. P. (2017). Badan pusat statistik. Badan Pusat Statistik.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.
Wahyudi, M., Agustina, T., Dewi, C. C., Rahmawati, D., Majid, A., Widiyawati, S. U., Priambodo, P., Prastiwi, A. T., & Zakariya, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Pendidikan, Organisasi, dan Semangat Gotong Royong Pemuda Dusun Grogolsari. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 459–462.