Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Pembangunan kampung literasi Dusun VII Kampung Rukti Harjo, Lampung Tengah yang diaktualisasikan melalui pendirian Pojok Baca Saraswati perlu didukung dengan kemampuan yang memadai dalam pengelolaan pojok baca. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola Pojok Baca Saraswati. Metode: Metode PAR (Participatory Action Research) dengan melibatkan 12 orang anggota Karang Taruna Seka Teruna Teruni (STT). Hasil: Hasilnya, (1) 83,33% masyarakat sangat memahami cara mengatur dan merawat koleksi buku, (2) 75% masyarakat sangat memahami masyakarat dalam memilih buku, (3) 66,67% masyarakat sangat memahami menarik minat masyarakat, (4) 66.67 masyarakat sangat memahami cara mengatasi masalah pengelolaan, dan (5) 58.33% masyarakat sangat memahami cara mengelola kegiatan serupa. Kesimpulan: Pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan masyarakat Dusun VII Kampung Rukti Harjo Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah dalam mengelola Pojok Baca Saraswati.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 144-161.
- Aulia, R. (2021). Pengelolaan Perpustakaan Desa: Tantangan dan Solusi. Jakarta: Gramedia.
- Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Literasi Indonesia 2022. Jakarta: BPS.
- Dassucik, D., Rasyidi, A. H., Astindari, T., Harisantoso, J., & Noevadila, I. (2022). Pengelolaan Pojok Baca untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan dan Minat Membaca Mahasiswa. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 5139 – 5144.
- Fathurohman, Z. (2024). Solusi Pembuatan Katalog Perpustakaan Pribadi dan Keluarga. Biola Pustaka, 2(2), 25 – 30.
- Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.
- Hermawan, B. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Manajemen Pustaka Mini. Jurnal Sosial Pendidikan, 7(4), 102-115.
- Idris, M. I., Latif, A., Bahri, B., Marsuki, Z., Rahman, R. A., Ibrahim, M. N. (2024). Program Pojok Literasi Berbasis Edukasi di Desa Bontoala untuk Mewujudkan SDGS Pendidikan Desa Berkualitas dan Meningkatkan Keterampilan Masyarakat. Penisi: Journal of Community Service. 1(2). 48-52.
- Ismail, S., Hermawan, A., & Kusuma, R. (2019). Peningkatan Minat Baca Melalui Pojok Baca di Desa Sukamaju. Jurnal Literasi Masyarakat, 8(2), 45-58.
- Komalasari, M. A., Sayuti, R. H., Evendi, A., Wirawan, L. H., Rabbani, M. Z., Hazami, K. N., Islam, L. G. I., Hisan, K., Kurniawati, D. (2024). Pojok Baca ‘Ceria’: Upaya Pengembangan Literasi Perempuan Pesisir Desa Sekotong Barat. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 381-392.
- Kusuma, D. & Setiawan, E. (2019). Literasi untuk Semua: Studi Kasus di Wilayah Perdesaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(4), 112-125.
- Kusumawati, E. (2020). Strategi Peningkatan Literasi di Komunitas Lokal. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
- Mahfud, A. (2020). Pengembangan Literasi di Komunitas Terpencil. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
- Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1 – 10.
- Nuraini, T., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5082-5092.
- Nurdin, R. & Rahmawati, L. (2020). Membangun Literasi di Indonesia Melalui Kampung Literasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(3), 78-85.
- Perpustakaan Nasional. (2021). Indeks Kegemaran Membaca di Indonesia 2021. Jakarta: Perpusnas.
- Riski, Y., Hasan, N. A., Yuliana, C. P. (2022). Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqon Banda Aceh. Proceedings ICIS 2021, 1(1), 299 – 305.
- Rofii, A. ., Herdiawan, R. D. ., Nurhidayat, E. ., & Nahdi, D. S. (2022). Kampung Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca di Taman Baca Masyarakat (TBM) Nurul Huda Sindanghaji Palasah Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 162–170.
- Rohmah, N., & Mulyani, D. (2022). Literasi Digital untuk Pengelolaan Perpustakaan Komunitas. Bandung: ITB Press.
- Sadriani, A., Arifin, I., GH, M., & Ruslan, Z. A., (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1 – 7.
- Samsinas, S. & Haekal, A. (2023). Metode Participatory Action Research dalam Pemberdayaan Pengrajin Batik Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial., 4(2), 214-226.
- Situmorang, P. & Manurung, T. (2021). Pentingnya Literasi dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Sosial Humaniora, 6(1), 89-101.
- Smith, J. & Brown, L. (2021). Community Learning and Literacy Development: A Sociocultural Perspective. Community Education Review, 12(3), 150-170.
- Subardin, M., Imelda, I., Yuniarti, E., Suhel, S., Teguh, M., Kartasari, S. F., & Sari. (2023). Pojok Baca Sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1) 1-14.
- UNESCO. (2017). Global Education Monitoring Report 2017: Literacy for Sustainable Development. Paris: UNESCO Publishing.
- Widodo, B., Nugroho, W., & Sari, M. (2018). Analisis Penerapan Program Literasi Berbasis Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 23-35.
- Zufriady, Kurniaman, O., Noviana, E., Guslinda, Munjiatun, Antosa, Z., Mulyani, E. A., Handayani, F., Hajizah, N., & Meliansari, V. 2022. Workshop Pengelolaan Pojok Baca Berbasis Digital Bagi Guru SD Tambang. Pujuk Rebung: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39 – 48.
References
Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 144-161.
Aulia, R. (2021). Pengelolaan Perpustakaan Desa: Tantangan dan Solusi. Jakarta: Gramedia.
Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Literasi Indonesia 2022. Jakarta: BPS.
Dassucik, D., Rasyidi, A. H., Astindari, T., Harisantoso, J., & Noevadila, I. (2022). Pengelolaan Pojok Baca untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan dan Minat Membaca Mahasiswa. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 5139 – 5144.
Fathurohman, Z. (2024). Solusi Pembuatan Katalog Perpustakaan Pribadi dan Keluarga. Biola Pustaka, 2(2), 25 – 30.
Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.
Hermawan, B. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Manajemen Pustaka Mini. Jurnal Sosial Pendidikan, 7(4), 102-115.
Idris, M. I., Latif, A., Bahri, B., Marsuki, Z., Rahman, R. A., Ibrahim, M. N. (2024). Program Pojok Literasi Berbasis Edukasi di Desa Bontoala untuk Mewujudkan SDGS Pendidikan Desa Berkualitas dan Meningkatkan Keterampilan Masyarakat. Penisi: Journal of Community Service. 1(2). 48-52.
Ismail, S., Hermawan, A., & Kusuma, R. (2019). Peningkatan Minat Baca Melalui Pojok Baca di Desa Sukamaju. Jurnal Literasi Masyarakat, 8(2), 45-58.
Komalasari, M. A., Sayuti, R. H., Evendi, A., Wirawan, L. H., Rabbani, M. Z., Hazami, K. N., Islam, L. G. I., Hisan, K., Kurniawati, D. (2024). Pojok Baca ‘Ceria’: Upaya Pengembangan Literasi Perempuan Pesisir Desa Sekotong Barat. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 381-392.
Kusuma, D. & Setiawan, E. (2019). Literasi untuk Semua: Studi Kasus di Wilayah Perdesaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(4), 112-125.
Kusumawati, E. (2020). Strategi Peningkatan Literasi di Komunitas Lokal. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Mahfud, A. (2020). Pengembangan Literasi di Komunitas Terpencil. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1 – 10.
Nuraini, T., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5082-5092.
Nurdin, R. & Rahmawati, L. (2020). Membangun Literasi di Indonesia Melalui Kampung Literasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(3), 78-85.
Perpustakaan Nasional. (2021). Indeks Kegemaran Membaca di Indonesia 2021. Jakarta: Perpusnas.
Riski, Y., Hasan, N. A., Yuliana, C. P. (2022). Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca Gemilang oleh Remaja Masjid di Masjid Al-Furqon Banda Aceh. Proceedings ICIS 2021, 1(1), 299 – 305.
Rofii, A. ., Herdiawan, R. D. ., Nurhidayat, E. ., & Nahdi, D. S. (2022). Kampung Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca di Taman Baca Masyarakat (TBM) Nurul Huda Sindanghaji Palasah Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 162–170.
Rohmah, N., & Mulyani, D. (2022). Literasi Digital untuk Pengelolaan Perpustakaan Komunitas. Bandung: ITB Press.
Sadriani, A., Arifin, I., GH, M., & Ruslan, Z. A., (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1 – 7.
Samsinas, S. & Haekal, A. (2023). Metode Participatory Action Research dalam Pemberdayaan Pengrajin Batik Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial., 4(2), 214-226.
Situmorang, P. & Manurung, T. (2021). Pentingnya Literasi dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Jurnal Sosial Humaniora, 6(1), 89-101.
Smith, J. & Brown, L. (2021). Community Learning and Literacy Development: A Sociocultural Perspective. Community Education Review, 12(3), 150-170.
Subardin, M., Imelda, I., Yuniarti, E., Suhel, S., Teguh, M., Kartasari, S. F., & Sari. (2023). Pojok Baca Sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1) 1-14.
UNESCO. (2017). Global Education Monitoring Report 2017: Literacy for Sustainable Development. Paris: UNESCO Publishing.
Widodo, B., Nugroho, W., & Sari, M. (2018). Analisis Penerapan Program Literasi Berbasis Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 23-35.
Zufriady, Kurniaman, O., Noviana, E., Guslinda, Munjiatun, Antosa, Z., Mulyani, E. A., Handayani, F., Hajizah, N., & Meliansari, V. 2022. Workshop Pengelolaan Pojok Baca Berbasis Digital Bagi Guru SD Tambang. Pujuk Rebung: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39 – 48.